Blog post

Pentingnya Virtual Background saat Meeting!

10/09/2022Sandy Patricia

Hi Klobbers!

Kondisi Work From Home (WFH) mengharuskan kegiatan meeting dengan aplikasi online, seperti Zoom dan Google Meet. Terutama meeting penting – background atau virtual image dari video kamu dapat merepresentasikan diri dan juga menjadi first impression bagi orang-orang. Walaupun terlihat masalah kecil, tetapi memasang latar belakang video saat meeting memiliki manfaatnya tersendiri. 

Virtual image juga bisa berbentuk formal maupun kreatif, sesuai dengan kegiatan meeting yang kamu jalani. Dengan adanya latar belakang gambar, kamu akan lebih percaya diri ketika melakukan presentasi dari rumah. Berikut beberapa manfaat yang mungkin belum kamu sadari terhadap pemakaian virtual image saat meeting:

Menjaga Privacy Ruangan

Klobbers suka gak sih kelupaan untuk menyembunyikan barang penting yang bisa bikin salah fokus ketika meeting? Latar belakang dapat berguna untuk menjaga barang-barang di kamarmu tidak terlihat. Kamu bisa menggunakan efek “blur” atau virtual image lainnya yang sudah disediakan oleh aplikasi meeting kamu.

Identitas Kegiatan

Beberapa meeting atau webinar, membutuhkan latar belakang yang sudah di custom sesuai dengan acara yang diselenggarakan. Hal ini dapat meningkatkan profesionalitas kantor kamu, membuat penampilan kegiatanmu menarik dan lebih rapih.

Memperkenalkan Anggota 

Cara menarik agar meeting pertama-mu lebih berkesan, adalah dengan mencantumkan nama, alamat email dan jabatan bekerja di virtual image meeting kamu. Hal ini juga dapat berfungsi sebagai ice breaker, sehingga perkenalan terlihat tidak membosankan.

Setelah mengetahui manfaat tersebut, sekarang yuk kita lihat tips menggunakan background image agar lebih maksimal!

Pencahayaan

Meskipun kualitas background image yang dimiliki sangat bagus, namun jika pencahayaan kamu tidak baik – akan menyebabkan tampilan muka kamu pada saat meeting kurang terlihat. Pencahayaan dapat membantu kamu terlihat lebih baik, fresh dan pastinya kamu ingin menampilkan yang terbaik dihadapan rekan kerja. 

Pencahayaan yang baik biasanya bergantung pada penempatan lampu dan jendela kamarmu. Jika kamu memiliki lampu kecil di meja, posisikan lampu tersebut di depan kamu ya Klobbers, agar menghindari backlight.

Jangan lupa, warna baju yang kamu pakai sebaiknya berbeda ya dengan warna virtual image kamu.

Hindari Menggunakan Banyak Tulisan

Pastikan lagi virtual image yang kamu pilih, tidak memiliki banyak tulisan atau text. Virtual image yang baik, akan berfokus pada warna dan gambar saja. Kamu bisa menggunakan Canva untuk membuat background yang menarik. 

Gunakan Latar yang Sesuai

Meskipun latar yang dipilih sangat menarik, namun jangan lupa bahwa kamu harus menyesuaikan virtual image-mu dengan topik atau kegiatan meeting. Sebagai contoh ketika sedang ingin meeting dengan keadaan formal, hindari memakai latar yang bergambar pantai atau hal-hal yang dapat menjadi distraksi.

Sekian manfaat dan juga tips agar kegiatan online meeting kamu lebih profesional dan menarik. Latar gambar yang menarik, akan berguna untuk first impression, meningkatkan profesionalisme, dan membantu untuk menjaga privacy ruangan kamu. Tidak hanya virtual image saja, namun kamu juga bisa menata latar belakang kamar atau ruangan kerjamu menjadi menarik – sehingga, kamu tidak perlu menggunakan virtual image lagi.

Sumber

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.