Blog post

Kemerdekaan Diri, Berikan Karya untuk Indonesia

09/09/2022Kontributor Blog by Klob

Ditulis oleh: Ary Kurniawan
(Klik untuk melihat Profil Klob)

Didalam sebuah organisasi baik bisnis maupun perusahaan pasti menginginkan memiliki insan-insan yang produktif, kreatif dan memiliki visi-misi yang hebat. Insan-insan ini diperlukan adanya kontribusi yang positif dan bertumbuh untuk mengembangkan organisasi yang top management, agile dan bertumbuh dengan sangat baik. 

Program-program pengembangan diri tentu sangat diperlukan untuk membantu continuous improvement setiap Insan-insan yang berada dalam sebuah organisasi. Sehingga berdampak baik bagi organisasi dimasa yang akan datang. Aset terbesar dalam sebuah organisasi adalah Sumber Daya Manusia.

Sehubungan dengan semangat kemerdekaan, pastinya ada kemerdekaan dalam bekerja. Insan-insan yag ikut berkontribusi, bisa diberikan reward apresiasi yang telah mencapai target, insan-insan teladan yang sudah bekerja lebih dari 15 tahun ataupun insan-insan yang dipromosikan untuk naik jabatan yang lebih tinggi. Program seperti Ini merupakan salah satu penghargaan tertinggi organisasi kepada insan-insan yang ikut membangun organisasi ini.

Sehingga akan terciptanya organisasi yang sehat, saling mendukung, satu sama lain saling menguatkan dan suasana yang kondusif antar divisi dalam organisasi. 

Momentum kemerdekaan membuka hati setiap Insan-insan untuk lebih giat, lebih termotivasi lagi dan lebih banyak berbuat untuk kemajuan diri sendiri ataupun organisasi bersama-sama. Karena, bersama lebih kuat, bersama untuk mencapai tujuan yang besar sesuai dengan visi dan misi organisasi.

Begitupun dalam berbisnis tentu perlu kreativitas dan inovasi yang terus menerus guna memperkuat positioning dalam sebuah brand. Bertepatan dengan Agustusan hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 ini mari perkuat brand dengan belajar, mengexplore diri lebih dalam dan ikuti pelatihan-pelatihan pengembangan diri dalam meningkatkan softskill dan hardskill.

Kemerdekaan dalam konteks bekerja adalah menggali potensi diri, berani memulai dari hal yang kecil dan terus belajar hal-hal baru. Dengan kemauan yang keras, semangat yang tinggi dan pantang menyerah, tentu hasil yang didapatkan akan berbuah manis. Dalam istilah lain, “proses tidak akan mengkhiati hasil”, siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan berhasil. Jadi, mari semangat dan konsisten ya!.

Apalagi dizaman era millennial yang haus akan eksistensi di media sosial dan perkembangan digitalisasi saat ini begitu banyak fitur-fitur pelatihan-pelatihan diri hadir agar mempermudah dan mempercepat untuk bertumbuh lebih baik. Baik dibisnis maupun di lingkungan kerja dalam organisasi. 

Bisa juga didapatkan dengan membaca buku seperti buku tentang bisnis, ekonomi, teknologi, ataupun lainnya sebagai literature, referensi dan sumber pengetahuan yang baru dan memperkaya akan pengetahuan diri tentang berbagai hal.

Contohnya seorang Marketer, perlu belajar Digital Marketing untuk menyesuaikan dengan kebutuhan zaman dan industri saat ini. Dibekali dengan knowledge, skill dan teknis digital marketing yang mumpuni maka akan menjadi seorang Marketer yang professional dibidangnya. Belajar butuh proses yang panjang, ketekunan dan konsistensi untuk focus pada hal-hal yang baik. Sehingga menghasilkan sesuatu yang besar, bermanfaat dan berdampak bagi banyak orang, khususnya dalam organisasi itu sendiri.

Tentu masih ingat dengan semangat bung Karno dalam memperjuangkan Kemerdekaan Republik Indonesia, seperti kutipan kata-kata Bung Karno yaitu “Bermimpilah Setinggi Langit, Jika Engkau Jatuh, Engkau Akan Jatuh diantara Bintang-bintang”. Semangat bung Karno, semangat kemerdekaan membuka mata untuk terus berkomitmen bermimpi besar, visi dan misi yang besar serta berkontribusi yang besar bukan hanya untuk diri sendiri, organisasi bahkan bangsa dan negara Indonesia.

Ayo insan-insan Indonesia bangun mimpi hari ini untuk Indonesia yang lebih baik. Berikan ide-ide, karya-karya terbaik. Terus belajar dan berkarya. Dengan momentum kemerdekaan ini, mari tingkatkan kemampuan diri lebih baik dari sebelumnya. 

Berikan Komentar

Your email address will not be published.