
Yuk! Mari Membangun Rutinitas Akhir Kerja
Hi Klobbers!
Apakah kamu mengalami kesulitan memisahkan waktu bekerja dari waktu pribadi? Kita semua memahami pentingnya keseimbangan kehidupan kerja atau work-life balance tetapi konsepnya selalu lebih mudah dipahami daripada pelaksanaannya. Seringkali kami kesusahan untuk menetapkan batas atau boundaries yang sehat, itulah mengapa sangat penting untuk membangun rutinitas. End-of-work routine atau rutinitas di akhir kerja adalah serangkaian aktivitas yang dapat kamu lakukan untuk menutup hari kerjamu, menciptakan batas yang jelas antara waktu kerja dan waktu istirahat. Berikut adalah beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mulai membangun rutinitas akhir kerja yang sesuai untuk kamu.
Tetapkan waktu untuk mengakhiri hari kerja dan pertahankan
Menetapkan waktu untuk berhenti bekerja tidak hanya berguna untuk membuat perbedaan antara waktu kerja dan waktu pribadi, tetapi juga dapat memberimu batas waktu untuk menyelesaikan semua tugasmu. Ini dapat membantumu mengatur waktu dengan lebih baik dan bekerja lebih efisien sambil juga memberi kamu cukup waktu untuk beristirahat dan memulihkan tenaga setelahnya.
Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa ada korelasi negatif antara jumlah waktu kerja dan produktivitas per jam. Semakin banyak waktu yang kamu diberikan untuk menyelesaikan tugas, semakin lama waktu yang kamu akan gunakan untuk menyelesaikannya. Ini adalah contoh dari Parkinson’s Law yang menyatakan bahwa pekerjaan meluas menyesuai dengan waktu yang diberikan untuk menyelesaikannya.
Bersihkan ruang kerja kamu
Akhiri hari kerja dengan membersihkan meja dan area kerjamu. Membersihkan tempat kerja dan menyimpan kembali semua alat kerja dapat mencegah kamu tergoda kembali bekerja setelah jam kerja. Aktivitas bersih-bersih juga sudah diketahui sangat membantu mengurangi stres. Kamu dapat menggunakan waktu ini untuk memikirkan kembali tugas, aktivitas, dan seluruh interaksi yang kamu lalui di hari itu. Selain itu, pada saat kamu harus mulai bekerja keesokan harinya, kamu memiliki ruang kerja yang rapi dan bersih untuk memulai hari kerja baru.
Revisi to-do list kamu
Setelah membersihkan ruang kerja, luangkan waktu untuk memikirkan daftar tugasmu. Ini termasuk memikirkan kembali pekerjaan yang kamu lakukan hari ini dan mengevaluasi produktivitasmu. Kamu kemudian dapat mengetahui apa yang harus kamu lakukan pada hari-hari berikutnya, berapa lama waktu yang kamu perlukan untuk menyelesaikannya, dan pendekatan terbaik untuk tugas-tugas tertentu. Membuat dan menulis daftar tugas di penghujung hari dapat membantu kamu dalam dua cara: Membantu kamu meningkatkan energi untuk bekerja pada hari berikutnya karena kamu sudah membuat semua keputusan terlebih dahulu. Dan juga membantu kamu untuk berhenti memikirkan pekerjaan karena kamu telah merencanakan semua tindakan yang perlu kamu lakukan di keesokan hari.
Rencanakan tugas terakhir kamu
Cara yang baik untuk menutup jam kerja adalah dengan menyimpan satu tugas tertentu untuk tugas terakhir. Idealnya, ini adalah tugas yang lebih kecil dan enteng yang juga dapat berfungsi sebagai periode cool-down dari hiruk piruk hari kerja yang panjang. Pilihan lain untuk tugas terakhir kamu bisa merupakan sesuatu yang menyenangkan atau positif untuk membantu mengangkat mood kamu dan mengakhiri hari dengan baik. Beberapa contohnya termasuk, membantu rekan kerja kamu menyelesaikan tugas sederhana, atau bahkan hanya menunjukkan rasa terima kasih kepada tim kamu dengan berterima kasih kepada mereka.
–
Ada banyak hal yang dapat kamu masukkan ke dalam rutinitas akhir kerjamu. Kamu dapat membuat playlist musik untuk waktu tertentu ini, atau melakukan beberapa olahraga sederhana sebelum mengakhiri hari. Setiap orang memiliki metode yang berbeda untuk mengakhiri pekerjaan yang paling cocok untuk mereka. Yang penting adalah memulai untuk membangun rutinitas itu dan mempertahankannya untuk memastikan keseimbangan kehidupan kerja yang lebih sehat. Semoga sukses, Klobbers!