Blog post

Cara-Cara Sederhana untuk Menyelamatkan Bumi

06/09/2022Dwi

Halo Klobbers!

Mungkin kamu sering mendengar berita mengenai kondisi bumi kita yang semakin hari semakin mengkhawatirkan. Mulai dari banyaknya sampah yang mencemari lautan, pola cuaca yang berubah, hingga level air laut yang semakin naik dan dapat menyebabkan bencana banjir di seluruh dunia. Kerusakan ekosistem yang terjadi juga mengancam kesehatan manusia, dengan mengurangi sumber makanan, air, dan bahkan pasokan oksigen.

Nah, kerusakan ini bisa diakibatkan dari faktor alam serta faktor manusia sendiri. Contohnya ialah pemanasan global. Pemanasan global atau global warming merupakan bencana penipisan lapisan ozon yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar karbondioksida dan menipisnya oksigen. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, misalnya penggundulan hutan, pembakaran hutan, serta penggunaan batu bara yang berlebihan.

Padahal, bumi sebagai tempat tinggal kita hanya dapat bertahan jika kita melindungi dan menjaga kelestarian alam. Jika dibiarkan begitu saja, maka keadaannya akan semakin memburuk. Dampak yang dirasakan jika alam semakin rusak akan sangat merugikan, baik dari segi ekonomi, sosial, hingga keberlangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya di bumi. Oleh karena itu, diperlukan kesadaran dan kepedulian kita untuk menjaga dan menyelamatkan bumi. Mungkin terdengar cukup berat ya, untuk menyelamatkan bumi dari kondisi kerusakan yang terjadi. Tapi, menjaga bumi bisa dimulai dari diri kita sendiri lho, Klobbers! Berikut ini beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk membantu menyelamatkan bumi.

Tidak Membuang Sampah Sembarangan

Mungkin kamu sudah sering mendengar seruan untuk membuang sampah pada tempatnya. Namun sayangnya, masih cukup banyak orang yang belum disiplin menerapkan hal ini. Perilaku membuang sampah sembarangan akan mencemari lingkungan dan ekosistem di sekitarnya. Terlebih lagi jika membuang sampah yang sulit terurai, seperti plastik, bisa terbawa sampai ke lautan dan membahayakan hewan-hewan laut.

Hewan-hewan tersebut bisa memakan sampah plastik yang ada, bahkan dapat terlilit sampai mati akibat dari sampah yang dibuang ke lautan, seperti jaring, perangkap, dan tali pancing. Selain itu, sampah yang dibuang sembarangan juga menjadi salah satu faktor yang mengakibatkan bencana banjir. Dampaknya tentu sangat merugikan, baik dari segi sosial, ekonomi, hingga dapat mengakibatkan korban jiwa. Oleh karena itu, hal yang dapat kita lakukan ialah selalu disiplin membuang sampah pada tempatnya. 

Daur Ulang Sampah

Apakah ada Klobbers yang tertarik untuk mendaur ulang sampah? Beberapa jenis sampah, seperti plastik dan kardus bisa kamu daur ulang dan dikreasikan menjadi beberapa barang yang dapat dimanfaatkan sebagai hiasan atau barang pakai. Selain itu, kamu juga bisa mengolah sampah dapur menjadi kompos yang dapat digunakan untuk merawat tanaman agar tumbuh subur.

Membawa Botol Minuman Sendiri

Jika kamu sering bepergian dan melakukan aktivitas di luar rumah, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk rutin membawa botol minuman sendiri. Hal ini akan membuat kamu terhindar dari membeli minuman yang dikemas dalam botol atau gelas plastik. Dengan demikian, kamu bisa lebih menghemat uang, sekaligus mengurangi jumlah sampah plastik.

Menggunakan Sedotan yang Ramah Lingkungan

Pada umumnya, sedotan yang biasa digunakan oleh banyak orang ialah sedotan plastik. Nah, salah satu langkah yang bisa kita lakukan ialah mengganti sedotan plastik dengan sedotan yang ramah lingkungan. Ada berbagai jenis sedotan ramah lingkungan yang bisa kamu pertimbangkan, seperti sedotan bambu, stainless steel, sedotan jerami, dan lain sebagainya. Kamu bisa menggunakannya di rumah atau membawa sedotan ramah lingkungan ini saat bepergian ke luar. Kemudian, jika Klobbers memiliki niat untuk membuka usaha kuliner, maka penggunaan sedotan ramah lingkungan ini juga dapat menjadi pertimbangan. Dengan demikian, kamu juga akan berperan dalam langkah menyelamatkan bumi, dengan mengurangi jumlah sampah plastik.

Bersepeda atau Naik Transportasi Umum

Ingin bepergian dalam jarak yang tidak terlalu jauh? Jika memiliki sepeda, kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakannya sebagai moda transportasi, Klobbers. Di samping ramah lingkungan, bersepeda juga dapat menjadi salah satu aktivitas fisik yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kamu, sekaligus bisa menghemat ongkos transportasi. Jika kamu bepergian cukup jauh, maka kamu bisa menggunakan berbagai pilihan transportasi umum yang tersedia di sekitar kamu, seperti bus kota dan angkutan kota (angkot). Dengan demikian, kamu bisa ikut serta dalam mengurangi emisi karbon dari penggunaan kendaraan pribadi yang menjadi penyebab utama perubahan iklim.

Menanam Pohon

Pohon memiliki peranan penting bagi kehidupan makhluk hidup dengan berbagai manfaat yang dimiliki. Beberapa manfaat pohon antara lain sebagai pemasok oksigen dan mengurangi kadar karbondioksida, menahan laju air dan erosi, menjaga kesuburan tanah, hingga mengurangi zat pencemar udara.

Nah, itulah beberapa langkah sederhana yang bisa kamu lakukan dalam kehidupan sehari-hari untuk membantu menyelamatkan bumi. Kamu bisa melakukan berbagai langkah ini sendiri, ataupun mengajak orang-orang terdekat kamu. Yuk, sayangi bumi kita dan jaga kelestarian alam, dimulai dari diri kita sendiri. Stay safe and healthy, Klobbers!

 

Referensi:

Sumber

Sumber

Sumber

Sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.