Blog post

Kunci Sukses Bisnis Ritel Saat Pandemi

05/09/2022user

Daya Qarsa dalam program Youtube-nya “Daya Qarsa Executive Talk” di episode tiga yang dibawakan oleh Septian Waluyan, Associate Partner Daya Qarsa, mewawancarai Bahrun Afriansyah selaku Vice President Marketing PT Paragon Technology and Innovation, membahas upaya bisnis dalam menavigasi tren dan tantangan dalam produk konsumen ritel di Indonesia.

 

1. Produk harus berkualitas

Produk adalah salah satu elemen terpenting dalam pemasaran yang dapat mempengaruhi pertumbuhan bisnis. Produk-produk Paragon telah diakui di pasar sebagai salah satu yang memiliki kualitas terbaik di Indonesia. Menurut Bahrun, selain kualitas produk yang baik, harga juga harus dapat diterima oleh target konsumen. Dengan terus membuat produk yang relevan maka produk bisa bertahan dan terus digunakan oleh konsumen. Kuncinya adalah pada kualitas, harga, dan relevansi produk di pasar.

2. Perkembangan Research & Development (R&D)

Di dalam berbagai industri, khususnya dunia kecantikan, perkembangan R&D cukup cepat. Ingredient baru, solusi baru, dan teknologi baru terus berkembang. Hal ini membuat formula produk harus selalu ditingkatkan agar tetap kekinian, relevan, dan mungkin dapat semakin efektif dalam menjawab permasalahan konsumen.

3. Inovasi dalam strategi & produk

Poin ini menjadi faktor yang sangat penting karena pandemi cukup memberi dampak bagi bisnis Paragon. Perusahaan memiliki produk-produk kecantikan yang cukup didominasi oleh make-up. Saat pandemi, masyarakat bekerja dari rumah sehingga penggunaan kosmetik pun berkurang. Di sisi lain, kategori produk skin care masih memiliki pertumbuhan yang baik karena saat beraktivitas di rumah, masyarakat memiliki waktu lebih untuk merawat diri daripada masa sebelumnya.

Kemudian, perusahaan melihat terdapat fenomena internet yang meningkat tajam selama pandemi. Tren e-commerce pun meningkat karena penetapan PPKM yang membuat masyarakat menghindari kerumunan sehingga melakukan belanja online. Melihat fenomena dan kesempatan ini, perusahaan memperkuat divisi e-commerce untuk membuat produk-produk tersedia di e-commerce. Hasilnya, upaya ini memberikan kontribusi yang meningkat cukup signifikan. Selanjutnya, hingga saat ini banyak konsumen yang mencari produk Paragon melalui e-commerce. 

Kunjungi artikel Daya Qarsa lainnya yang membahas seputar digitalisasi perbankan, digitalisasi UKM, perusahaan milik keluarga, dan topik lainnya!

Qarsa

Berikan Komentar

Your email address will not be published.