Blog post

Apa Saja 7 Jenis Istirahat Yang Diperlukan

02/09/2022Nadine K

Hi Klobbers!

Pernahkah kamu merasa lelah bahkan setelah bangun dari tidur nyenyak? Kemungkinannya kelelahanmu berasal dari tempat yang tidak bisa diatasi dengan tidur sendiri. Menurut Dr. Saundra Dalton-Smith, istirahat harus mencakup tujuh bidang utama kehidupan kamu untuk kinerja yang optimal. 

Istirahat Fisik

Kegiatan sehari-hari seperti berjalan dan berbicara, ditambah ketegangan mental dari bekerja dan memproses informasi dapat membakar energi dan secara alami membuat kita merasa lelah. Untuk menangani kelelahan ini, kamu harus beristirahat fisik. Ada dua jenis istirahat fisik yang berbeda, keduanya sama pentingnya: Istirahat pasif mengacu pada aktivitas seperti tidur siang dan tidur malam. Istirahat aktif mengacu pada aktivitas restoratif seperti stretching, dipijat, dan menggunakan set-up kerja yang ergonomis.

Istirahat Mental

Ketika kamu mulai sulit berkonsentrasi, sulit berfokus, dan sulit mengingat hal-hal kecil, ini adalah pertanda bahwa kamu membutuhkan istirahat mental. Istirahat ini bisa berbentuk istirahat-istirahat pendek sepanjang hari kerja di waktu luangmu. Saat melakukan istirahat ini, kamu bisa membuat daftar tugas, bermeditasi, memeriksa jadwal, dan mengatur ulang prioritas. Kamu juga bisa mambangun rutinitas akhir-kerja yang dapat membantumu memisahkan pekerjaan dan kehidupan pribadimu.

Istirahat Sosial

Terkadang hubungan sosial kamu bisa menjadi titik ketegangan atau menyebabkan stres tambahan. Kamu perlu mengidentifikasi orang-orang dalam hidupmu yang benar-benar mendukung dan membuat kamu merasa bahagia dan orang-orang yang menghabiskan energimu dan membuatmu lelah. Istirahat sosial berarti menghabiskan lebih banyak waktu dengan orang-orang yang memberimu energi, dan membatasi waktu yang dihabiskan dengan orang-orang yang mencuri energimu. Ini juga sangat penting bagi para introvert yang membutuhkan waktu sendiri untuk memulihkan energi.

Istirahat Spiritual

Sebagai manusia, kita membutuhkan perasaan saling memiliki, cinta, penerimaan, dan juga tujuan yang mendalam. Untuk mendapatkan ini, kamu harus terlibat dalam sesuatu yang lebih besar dari dirimu melalui hal-hal seperti doa, meditasi atau keterlibatan dengan orang-orang sekitar dan juga masyarakat. Beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk kejernihan spiritual termasuk: menjadi sukarelawan, mencari pekerjaan di mana tujuan dan nilai mereka cocok dengan kamu, atau berpartisipasi dalam kegiatan berbasis agama.

Istirahat Sensorik

Di zaman modern kita dikelilingi oleh layar pada setiap saat dan indra kamu menjadi lebih mudah terstimulasi berlebihan. Berikut adalah beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk menjaga diri agar tidak terlalu overstimulasi: Beristirahatlah dari media sosial, matikan notifikasi (baik suara maupun peringatan visual), dan batasi video meeting. Kamu juga dapat memastikan lingkungan kamu senyaman mungkin, beres-beres, menyetel musik yang menenangkan, dan menggunakan aromaterapi.

Istirahat Emosional

Sebagian besar customer service atau pekerja yang menghadap depan seperti staf sales dapat memahami betapa melelahkannya tetap bersikap ceria dan pengertian di depan klien dan pelanggan. Ini adalah kelelahan emosional. Beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mengimbangi perasaan ini adalah menghabiskan waktu dengan orang-orang yang dapat kamu percayai, atau berbicara dengan konselor atau terapis jika sudah terlalu mengganggu aktifitas sehari-hari. 

Istirahat Kreatif

Orang yang bekerja di bidang kreatif memahami betapa seringnya hambatan kreatif menimpa. Ide-ide baru atau metode pemecahan masalah dengan kreatif tetiba menghilang semua. Kita harus mengerti pentingnya beristirahat untuk menyegarkan kreativitas. Sebenarnya, tidak sulit untuk dilakukan, cukup mengambil inspirasi dari semua keindahan dan seni di sekitar kamu. Kamu bisa berjalan-jalan di alam atau mengunjungi museum atau festival seni. Kamu juga bisa beristirahan dengan mudah dengan mendengar musik, membaca buku, dan menonton video.

Ada banyak cara untuk beristirahat dan terkadang tidur saja tidak cukup. Pikirkanlah tentang sumber kelelahanmu dan pelajari cara terbaik untuk mengatasinya. Jaga kesehatanmu dan jangan sampai burnout Klobbers!

Berikan Komentar

Your email address will not be published.