Blog post

Manfaat Bermain dengan Kucing Saat WFH

18/08/2022Sandy Patricia

Hi Klobbers! 

Apakah diantara kalian ada yang lagi stres bekerja? Atau ngerasa sendirian karena lagi Work From Home (WFH)? Kita punya tips nih buat Klobbers di rumah, untuk mengatasi rasa stres dan suntuk ketika bekerja. Tips yang mau kita bagi adalah, WFH bersama kucing! Unik banget ya kegiatan yang satu ini. 

Tapi emangnya bisa ya kucing mengurangi rasa stres ketika bekerja atau lagi di rumah sendirian? Yuk kita kupas bareng-bareng mengenai fakta menarik kucing yang mungkin belum kamu ketahui!

Menurunkan Stres

Dilansir dari kompas.com, penelitian yang dilakukan oleh Harvard Medical School menyatakan — ketika manusia berinteraksi dengan kucing, terdapat perubahan biologis di dalam otak manusia. Perubahan biologis tersebut dapat memicu penurunan respon stres, mengatur pernapasan dan menurunkan tekanan darah. 

Ketika kita bermain dengan kucing, badan kita juga meningkatkan hormon oksitosin. Hormon oksitosin yang dikenal sebagai hormon cinta, berfungsi untuk menciptakan perasaan tenang dan rileks. Sehingga, meningkatnya hormon oksitosin berarti menurunkan tekanan darah, rasa cemas, dan kontraksi otot. 

Mengurangi Rasa Kesepian

Ketika bersama kucing, kita akan melakukan kontak dengan mereka dengan cara bersentuhan dan bermain bersama. Kegiatan tersebut menciptakan koneksi yang mirip ketika berinteraksi dengan sesama manusia. Berinteraksi dengan kucing, membantu kita merasa lebih baik dan memberikan semangat pada diri kita, sehingga kita tidak merasa kesepian ketika berada di rumah seharian. 

Meredakan Gelisah

Selain menurunkan stres dan mengurangi rasa kesepian, memiliki kucing juga dapat meredakan kegelisahan kita. Tanpa harus bermain dan bersentuhan, kucing dapat meredakan perasaan anxiety kita dengan hanya mendengarkan dengkuran mereka loh. 

Dengkuran kucing yang berada pada frekuensi 25-50 hertz dapat memberikan efek positif bagi tubuh kita. Ternyata, dengan rentang frekuensi tersebut, kita dapat meningkatkan kepadatan tulang, meredakan rasa sakit, membuat tubuh rileks, dan membantu meredakan anxiety atau kegelisahan dalam diri kita. 

Nah, buat para Klobbers yang punya alergi terhadap hewan atau mungkin belum boleh pelihara hewan di rumahnya, kalian bisa juga kok merasakan manfaat kucing dengan menonton video kucing di internet. 

Menonton Video Kucing

Dilansir dari liputan6.com, terdapat studi yang menunjukkan bahwa mengamati tingkah laku kucing dapat bermanfaat bagi kesehatan yaitu meningkatkan energi positif. Studi tersebut dipublikasikan dalam Journal Computers in Human Behavior dengan melakukan survei terhadap 7 ribu orang yang dilibatkan untuk menonton video kucing. 

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, partisipan merasakan peningkatan emosi seperti “bahagia”, dan “puas” setelah menonton video kucing. 

Mengutip dari tempo.co, terdapat penelitian yang melaporkan bahwa melihat gambar binatang lucu termasuk menonton video kucing, dapat meningkatkan kinerja seseorang di tempat kerja. 

Ternyata banyak ya manfaat dari kucing yang penting untuk bisa kita ambil ketika sedang WFH. Cocok nih buat kalian yang mau melakukan kegiatan dengan gratis tapi banyak untungnya. Klobbers jadi kepikiran gak nih buat pelihara kucing? Atau banyakin nonton video kucing supaya ningkatin mood kalian. Selamat mencoba ya, Klobbers!

Berikan Komentar

Your email address will not be published.