Blog post

Personal Boundaries dan Kemerdekaan Diri

15/08/2022Kontributor Blog by Klob

Ditulis oleh: Putri Hasanah
(Klik untuk melihat Profil Klob)

Halo Klobbers, kali ini kita akan membahas mengenai personal boundaries apakah termasuk di dalam kemerdekaan bagi diri? Sebelum kita membahas hal tersebut, alangkah baik nya kita tau  apa itu personal boundaries.  

Personal boundaries ialah sebuah pedoman yang dapat memberi tahu orang lain mengenai  bagaimana kita ingin diperlakukan, serta apa yang dapat diterima dan apa yang tidak. Sayangnya  personal boundaries memiliki stigma negatif di negara berkembang seperti di Indonesia, Sering  kali orang yang menerapkan personal boundaries disebut sebagai orang yang egois padahal jika  hal ini tidak diterapkan dapat mengganggu kesehatan mental seseorang.  

Dilansir dari idntimes.com terdapat lima tipe personal boundaries yang perlu kita ketahui, yaitu:

Batasan fisik  

Psysical boundaries merupakan batasan-batasan yang terkait dengan kontak fisik, ada  beberapa orang yang merasa rishi terhadap kontak fisik dengan orang yang baru dikenal  atau bahkan ada juga yang masih merasakan nya dengan orang yang sudah dikenal lama 

Batasan seksual  

Sexual boundaries mungkin lebih berkaitan dengan yang sudah menikah batasan seksual  ini ialah tentang bagaimana kita dan pasangan bisa membangun hubungan seksual yang  sehat termasuk juga meliputi adanya persetujuan, rasa hormat, pemahaman tentang  preferensi dan keinginan masing masing serta privasi. 

Batasan intelektual  

Batasan intelektual ini mengacu pada pemikiran, ide serta rasa ingin tau yang kita miliki  termasuk juga bagaimana kita memperlakukan orang lain contoh dari Batasan intelektual  ialah kita dapat mengetahui apakah pembicaraan tertentu cocok dilakukan pada waktu  sekarang atau tidak dengan melihat situasi dan kondisi yang ada.

Batasan emosional  

Jika kita berbicara mengenai emotional boundaries kita akan mengarah pada batasan yang berkaitan dengan perasaan. Jenis Batasan ini ialah mengenai hal-hal emotional apa  saja yang menurut kita nyaman dibagikan dengan orang lain. 

Batasan finansial 

Batasan finansial ini berkaitan dengan uang yang kita miliki, kita dapat mengatur Batasan finansial dengan melakukan pengecekan terhadap pemasukan dan pengeluaran kita  sendiri lalu kita dapat mengatur perencanaan keuangan agar dapat mencapai target yang  diinginkan.  

Sampai disini bisa kita lihat dan pahami bahwa seseorang yang menerapkan personal boundaries bukanlah orang yang egois. Jangan pernah terkecoh dengan stigma negatif yang tertuju pada self boundaries

Oke sekarang kita akan bahas mengenai makna kemerdekaan bagi diri. Kata kemerdekaan berarti  kebebasan sedangkan kemerdekaan bagi diri sendiri ialah kebebasan seorang individu dalam  menentukan jalan hidupnya baik dalam kehidupan sehari hari maupun di dalam lingkup sosial,  kebebasan dalam berkarir dan juga kebebasan untuk mendapatkan hidup yang sesuai dengan apa  yang diinginkan 

Makna kemerdekaan bagi diri juga tidak hanya berlaku di dalam kehidupan sehari hari saja,  kemerdekaan bagi diri juga berlaku bagi seseorang untuk mendapatkan pekerjaan yang layak,  tempat tinggal yang diinginkan dan memperoleh Pendidikan yang berkualitas serta cocok bagi  orang tersebut. Sampai disini makna kemerdekaan bagi diri menurut mu seperti apa ?  

Lalu apakah personal boundaries termasuk di dalam kemerdekaan bagi diri? jawaban nya adalah  iya karena personal boundaries dapat membantu seseorang mengerti dengan diri kita dan hidup  menjadi lebih tenang dan damai, lagipula kita yang bertanggung jawab terhadap diri sendiri tentunya untuk menjadi bahagia dari hari ke hari.  

5 Tipe Personal Boundaries yang Perlu Kanu Ketahui – IDN Times 

Mengenal Pentingnya Personal Boundaries Agar Hidup Lebih Nyaman Dan Tenang

Berikan Komentar

Your email address will not be published.