Blog post

Pentingnya Personal Branding untuk Kesuksesan Karier

15/08/2022Kontributor Blog by Klob

Ditulis oleh: Tri Utami
(Klik untuk melihat Profil Klob)

Halo Klobbers, bagi kamu generasi millennial mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya ‘personal branding’. Di zaman yang semakin serba cepat dan digital penting banget kita untuk meningkatkan performa diri agar tidak tertinggal dalam jenjang karier. Nah sebenernya apa sih personal branding itu? 

 

Personal branding adalah sebuah proses membentuk, menarik dan memelihara persepsi masyarakat berkaitan dengan aspek-aspek yang dimiliki seseorang seperti keahlian, prestasi, kepribadian atau nilai-nilai yang dibangun secara sengaja maupun tidak sengaja untuk menampilkan citra positif sehingga akan meningkatkan pada loyalitas seseorang terhadap kita. 

Lalu apa sih manfaat nya melakukan personal branding

Dapat meningkatkan kepercayaan diri kamu

Meningkatkan percaya diri adalah modal utama dalam dunia karier dengan personal branding yang bagus juga akan membuat kamu dapat lebih dikenal oleh orang lain.

Meningkatkan relasi 

Dalam jenjang dunia karier pentingnya kamu mempunyai relasi sebanyak-banyaknya. Karena dengan adanya personal branding membuat kamu mempunyai lebih banyak teman dan juga membantu kamu untuk meningkatkan kapasitas diri.

Menunjukkan dan mengembangkan kemampuan 

Personal branding yang dibangun seiring berjalannya waktu dapat membantu kamu menunjukkan dan mengembangkan kemampuan yang kamu miliki. Kamu juga menjadi lebih fokus untuk bisa mengenali diri kamu.

Value dalam diri meningkat 

Jika kamu sudah mempunyai personal branding yang dikenal oleh banyak orang, value yang ada didalam diri kamu juga akan meningkat. Dan orang akan lebih mudah untuk merekrut kamu.

Dapat Meningkatkan Kredibilitas 

Personal branding akan membantu kamu dalam menetapkan bidang yang kamu kuasai, sehingga orang lain akan melihat kamu berdasarkan keahlian yang kamu miliki dan ini membantu dalam mendapatkan pengakuan di bidang keahlian mereka. Selain itu juga dapat membangun kredibilitas dalam diri. 

Setelah kamu mengetahui manfaat dari personal branding, kamu dapat menciptakan personal branding yang ada di diri kamu dengan cara:

Menjadi diri sendiri 

Dengan kamu menjadi versi terbaik dalam diri kamu, akan membuat kamu lebih mudah memahami kekurangan dan kelebihan yang kamu miliki. Sehingga terlihat natural sikap yang kamu lakukan terhadap orang lain. 

Fokus pada kekuatan yang kamu milki 

Nah setelah kamu menjadi dirimu sendiri, kamu juga harus pahami apa yang menjadi kekuatan dalam diri kamu, agar kamu tidak mudah insecure dengan orang lain.

Membuat personal branding di social media. 

Tahukah Klobbers bahwa setiap HRD yang merekrut kamu di suatu perusahaan, ternyata melihat social media kamu juga lho. Jadi buat kamu yang masih kurang dalam peningkatan performa di social media, yuk dari sekarang mulai diperbaiki. 

Nah itu dia pentingnya personal branding untuk jenjang karier kamu ya Klobbers. Yuk mulai sekarang tentukan apa yang menjadi personal branding dirimu ya

Sumber referensi: 

https://www.republika.co.id/berita/plivoy368/7-cara-membangun-personal-branding-untuk-m eniti-karier 

https://www.kompas.com/skola/read/2021/08/05/153000369/personal-branding-definisi-tujua n-dan-strateginya

Berikan Komentar

Your email address will not be published.