Blog post

Mulai Memasuki Dunia Kerja? Yuk Coba Tips Ini

13/08/2022Sandy Patricia

Bagi teman-teman Fresh Graduate atau para calon Fresh Graduate, pastinya memasuki dunia kerja adalah langkah yang baru dan besar. Ada baiknya, dengan memasuki dunia kerja, kita melakukan pemanasan agar nggak kaget dan semakin knowledgeable

Dunia kerja merupakan langkah awal kita untuk memulai tantangan hidup yang sesungguhnya. Memiliki pekerjaan dengan gaji yang baik, lingkungan kerja yang sehat, dan pekerjaan yang kita sukai merupakan impian setiap orang. 

Oleh karena itu, yuk simak tips-tips di bawah ini, supaya kamu lebih pol lagi mempersiapkan diri ke dalam dunia kerja!

Mengenali Diri

Masuk dunia kerja berarti kamu juga harus siap untuk melakukan interview dengan rekruter atau bos di perusahaan kamu. Sebelum kenal dengan perusahaan lebih dalam, kamu harus kenal diri kamu sendiri dulu ya. Kenal diri sendiri dapat dimulai dari mempelajari kelebihan dan kekurangan kamu dan dikaitkan dengan lingkungan kerja. 

Buat yang pernah berorganisasi di kuliah, kalian juga bisa memakai pengalaman tersebut sebagai evaluasi diri. Perusahaan juga seneng banget loh kalau calon karyawannya aktif dalam kegiatan perkuliahan!

Mencari Informasi

Cari tahu sebanyak mungkin mengenai keahlian atau bidang yang kamu tekuni dan lingkungan kerja terkait bidang yang kamu mau. Dengan mencari informasi lebih lanjut, pikiran kamu akan lebih terbuka terhadap pekerjaan terkait bidang yang kamu tekuni. Kamu juga akan mendapatkan inspirasi untuk mencoba bidang lainnya. 

Sebagai contoh: seorang lulusan S1 Psikologi umumnya menjadi Human Resources (HR), nyatanya banyak sekali lulusan S1 Psikologi yang menjadi seorang analyst, konsultan, dan juga berada di bidang pelatihan dan perkembangan. 

Dengan adanya banyak pilihan pekerjaan, kamu pasti semakin semangat dalam mencari pekerjaan dan menjadi lebih antusias untuk masuk ke dalam dunia kerja. 

Memperluas Koneksi

Salah satu bagian dari kesuksesan adalah memiliki koneksi atau jaringan yang luas dan relate sama bidang yang kamu tekuni. Langkah awal dalam mencari koneksi, bisa kamu lakukan dengan membuat profil kerja dan menambah teman yang sesuai dengan bidang kamu – agar peluang mendapatkan informasi seputar pekerjaan akan lebih luas. 

Kamu juga bisa kontak teman-teman dari universitas kamu atau dosen yang kamu kenal baik untuk mendapatkan informasi seputar dunia kerja. Kalau lagi hangout sama teman-teman, kamu bisa berkesempatan mendapatkan teman baru dan juga bertanya seputar pekerjaan loh, jadi sekalian upgrade topik nongkrong juga deh!

Jangan lupa, ketika sudah berada di tempat kerja, jaga baik relasi dengan teman-teman di perusahaan ya, siapa tahu kamu bakalan belajar banyak dari mereka dan informasi yang kamu punya bisa berguna di kemudian hari. 

Menjaga Penampilan

Selain skill dan pengetahuan, memasuki dunia kerja tentunya harus berpenampilan rapi dan menarik. Kenapa sih penampilan diperhatikan? Memasuki dunia kerja, bertemu dengan orang banyak dan menjadi bagian suatu perusahaan, tentunya first impression penting nih. Jika perusahaan memiliki karyawan yang dapat menjaga kebersihan penampilannya, pasti citra perusahaan juga semakin baik. Penampilan yang bersih dan rapi juga memberikan kesan kamu gak malas untuk merawat diri, sehingga perusahaan akan lebih senang dengan kehadiran kamu. 

Itulah beberapa tips yang bisa kit share terkait memasuki dunia kerja! Tentunya, masih banyak lagi yang perlu dipersiapkan selain poin-poin di atas. Tapi yang terpenting, teman-teman up to date dengan tren dunia kerja dan menanamkan sikap mau belajar hal baru. Good luck untuk kalian semua

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published.