Blog post

4 Hal yang Membuat Kamu Sulit Mendapatkan Kerja!

13/08/2022Sandy Patricia

Suntuk deh rasanya kalau nyari kerja berhari-hari bahkan berbulan-bulan tapi gak dapet-dapet. Kita semua khususnya para fresh graduate pasti pernah mengalami kesulitan dalam mencari pekerjaan, padahal antusiasme para fresh graduate sangat tinggi dalam hal mencari kerja. 

Memang nih Klobbers, harapan seringkali berbeda dengan kenyataan, terlebih lagi dengan adanya pandemi COVID-19, kondisi dalam pencarian kerja semakin sulit dan menantang. 

Sebelum kalian melanjutkan petualangan kalian dalam mencari kerja, yuk simak 4 poin di bawah ini mengenai penyebab kebanyakan dari kita sulit mencari pekerjaan, siapa tahu Klobbers selama ini skip sama poin-poin penting di bawah ini: 

Persaingan Ketat: 

Ketika mencari pekerjaan, kita memiliki peluang yang sama dengan para pencari kerja lainnya. Sehingga, sebagai pencari kerja, kita harus menyiapkan diri untuk bersaing dan mampu menunjukkan potensi untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. 

Singkatnya, Sumber Daya Manusia meningkat setiap harinya, namun lapangan kerja yang diberikan terbatas. Hal ini menyebabkan perusahaan juga meningkatkan seleksi karyawan. Para calon karyawan juga harus mulai mengenali dan meningkatkan skill dalam dirinya. 

CV Kurang Menarik:

Beberapa diantara kita pasti pernah menyebarkan CV ribuan kali ke perusahaan, namun tidak ada panggilan dari perusahaan tersebut. Hal ini bisa terjadi karena adanya masalah sama CV yang udah kita buat nih. Kita harus memastikan CV yang kita buat sesuai dengan CV yang diinginkan perusahaan agar tidak terlewat saat proses seleksi. Kerapihan dan informasi yang diberikan di dalam CV juga harus diperhatikan dengan baik. Jangan lupa untuk melihat lebih lengkap tips untuk membuat CV, agar CV kamu cantik dan dapat dilirik oleh perusahaan!

Pekerjaan yang Kurang Sesuai dengan Keahlian

Ketika kita melamar suatu pekerjaan, ada baiknya kita harus mengenali keahlian dalam diri kita dan juga kesesuaian latar belakang pendidikan dengan kebutuhan kerja. Dikarenakan persaingan yang ketat, tentunya perusahaan ingin melihat calon kandidat yang sesuai dengan kebutuhan lowongan pekerjaan perusahaan. 

Jika kandidat yang melamar memiliki latar belakang yang berbeda dan tidak sesuai dengan kualifikasi perusahaan, maka perusahaan menganggap hal tersebut sebagai kerugian untuk mereka. Perusahaan merasa rugi dikarenakan harus mengajarkan hal baru kepada kandidat dari 0. Perusahaan juga takut jika kandidat tidak bisa melaksanakan tugasnya dengan baik dikarenakan adanya perbedaan latar belakang pendidikan dengan pekerjaan yang dibutuhkan. 

Kurangnya Informasi 

Untuk para pencari kerja, biasakan untuk melihat latar belakang perusahaan dan job description yang ditawarkan oleh si perusahaan ya. Hal ini penting dikarenakan ketika wawancara, tentunya knowledge kita tentang perusahaan akan dinilai juga lho. Kita dapat mencari informasi tentang perusahaan di website si perusahaan, atau di tempat kamu mencari lowongan pekerjaan. Jika ada lowongan yang lagi available, biasakan untuk memahami job description dengan baik dan menyiapkan pertanyaan terkait job description tersebut agar kamu dinilai sudah mempelajari dan memahaminya. 

Empat poin di atas harus Klobbers pahami dan pastikan sudah teratasi semua ya! Kalau sudah, Klobbers siap deh mencari kerja, Klobbers juga dapat mencari kerja di halaman web ini

Berikan Komentar

Your email address will not be published.