Blog post

Ingin Solo Traveling? Simak 3 Hal Penting Ini!

27/07/2022Dwi

Hi Klobbers!

Merencanakan liburan atau traveling menjadi salah satu hal yang menyenangkan. Ada yang ingin traveling  bersama dengan keluarga, sahabat, atau bahkan pergi sendiri/solo traveling. Bagi sebagian orang, memilih solo traveling merupakan hal yang seru dan menyenangkan karena menjadi kesempatan untuk mendapat banyak pengalaman baru. Namun bagi beberapa orang, pilihan ini menjadi hal yang terdengar cukup menyeramkan, tapi layak untuk dicoba.

Ada beberapa kelebihan dari solo traveling dibandingkan dengan traveling bersama teman atau orang lain. Saat solo traveling, kamu sendiri yang bertanggung jawab untuk mengatur waktu, budget, hingga berbagai destinasi yang akan dikunjungi saat berada di lokasi tujuan. Kamu memiliki waktu yang fleksibel saat mengatur jadwal keberangkatan, itinerary atau rencana perjalanan, hingga waktu pulangnya. Dengan demikian, solo traveling bisa menjadi solusi apabila kamu khawatir rencana traveling impian akhirnya akan menjadi wacana karena terbentur dengan jadwal atau kesibukan lain dari rekan traveling. Meskipun begitu, ada beberapa hal penting yang perlu diketahui sebelum memutuskan untuk solo traveling, terlebih lagi jika ini akan menjadi pengalaman pertama kamu.

Menentukan Destinasi

Saat merencanakan traveling, menentukan destinasi menjadi hal pertama yang dilakukan. Apakah kamu ingin pergi ke tempat yang sudah kamu impikan dari dulu? Ingin pergi ke kota lain, luar negeri, atau ingin memilih wisata alam? Kamu perlu memahami terlebih dahulu apa tujuan dan keinginan kamu saat solo traveling sehingga bisa memilih destinasi yang tepat untuk menjawab hal tersebut. Kamu juga bisa bertanya kepada teman-teman atau mencari informasi sebanyak-banyaknya melalui internet mengenai destinasi yang akan dipilih. Coba cari tahu mengenai berbagai lokasi wisata yang menarik, budaya setempat, hingga hal apa saja yang perlu kamu ketahui saat pergi ke sana.

Jika ini akan menjadi solo traveling pertama kamu, sebaiknya pilihlah destinasi dengan infrastruktur yang baik, yang dekat dengan tempat tinggal kamu atau penduduknya menggunakan bahasa yang familier dengan kamu. Salah satu hal paling penting ialah memilih tempat-tempat yang memiliki reputasi dan tingkat keamanan yang baik. Kamu juga bisa berdiskusi dan meminta saran dengan keluarga atau orang terdekat mengenai destinasi dan rencana perjalanan yang akan dilakukan. Jika keluarga atau orang terdekat kamu juga mengetahui dan menyetujui hal tersebut, akan lebih baik. Hal ini sangat penting agar kegiatan solo traveling pertama kamu dapat menjadi pengalaman yang aman, berkesan, dan menyenangkan.

Menyiapkan Budget

Setelah menentukan destinasi, saatnya memperhitungkan dan menyiapkan budget untuk solo traveling. Ada berbagai hal yang perlu kamu pertimbangkan, seperti memilih transportasi, akomodasi, biaya makan dan minum, oleh-oleh, hingga dana cadangan atau dana darurat. Saat bepergian sendiri, kamu tidak bisa berbagi pengeluaran seperti biaya akomodasi hotel atau transportasi dengan orang lain, sehingga perlu memperkirakan dengan detail rincian pengeluaran traveling. Membuat pembagian dana anggaran liburan menjadi hal yang penting apabila kamu ingin menjaga agar liburan tetap menyenangkan tapi tidak over budget.

Packing Barang dengan Ringkas Sesuai Kebutuhan

Apakah kamu tipe orang yang senang membawa banyak barang meski hanya pergi sebentar? Jika iya, coba pertimbangkan kembali barang apa aja yang memang benar-benar kamu butuhkan. Saat solo traveling, mungkin akan ada saat dimana kamu harus berjalan sambil membawa barang-barang bawaan tersebut. Jika membawa barang terlalu banyak namun sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan, maka kamu bisa menjadi kesulitan sendiri. Oleh karena itu, penting sekali untuk membuat daftar barang yang wajib dibawa atau disiapkan sehingga tidak ketinggalan. Jangan lupa juga untuk membawa peralatan pribadi, seperti obat-obatan dan vitamin.

Itulah 3 hal penting yang perlu kamu ketahui saat ingin solo traveling. Mendapatkan teman baru saat solo traveling akan seru dan menyenangkan, namun jangan lupa untuk selalu waspada dimanapun kamu berada. Kamu juga perlu memberikan kabar setiap harinya atau secara berkala kepada keluarga atau orang-orang terdekat agar mereka mengetahui bahwa kamu berada dalam kondisi yang baik dan sehat. Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu menjaga kesehatan serta protokol kesehatan, ya. Stay safe and healthy, Klobbers!

Berikan Komentar

Your email address will not be published.