Blog post

Ini Dia Perlengkapan Wajib saat Perjalanan Dinas!

25/07/2022Arifa Dwiratri

Halo Klobbers! Mungkin sebagian dari kalian ada yang sudah pernah atau terbiasa melakukan perjalanan dinas saat bekerja, baik itu ke luar kota ataupun ke luar negeri. Durasi perjalanan dinaspun beragam, sesuai dengan kebutuhan tiap perusahaan.

Saat perjalanan dinas, pastinya kamu perlu mempersiapkan perlengkapan penting yang harus kamu bawa agar perjalananmu tidak mengalami hambatan. Nah, untuk kamu yang baru pertama kali mengikuti perjalanan dinas, ini dia tips perlengkapan apa saja yang perlu kamu siapkan!

Tas / Koper yang Nyaman

Berbeda dengan pergi berlibur, perjalanan dinas biasanya membuatmu lebih banyak mobilitas dari satu tempat ke tempat lainnya. Oleh sebab itu, kamu perlu membawa tas atau koper yang nyaman agar pergerakanmu

Dilansir dari chicmanagers.com, kamu perlu batasi diri kamu dengan maksimal 3 item bawaan, yakni tas jinjing, ransel, serta koper. Tas jinjing dapat diisi dengan dompet, dokumen perjalanan yang dibutuhkan di bandara atau ketika tiba di lokasi tujuan, serta perlengkapan makeup untuk touch-up.

Sedangkan ransel berguna untuk menyimpan laptop beserta kabel adaptor atau charger-nya. Sementara pakaian serta perlengkapan dinas lainnya dapat disimpan dalam koper yang bisa ditempatkan di bagasi, agar kamu tak repot dengan terlalu banyak bawaan.

Dokumen Penting

Sebelum berangkat, kamu perlua double checking dokumen-dokumen penting. Mulai dari dokumen identitas diri (seperti KTP, passport, serta identitas lainnya), dokumen terkait kesehatan, dokumen administrasi akomodasi (seperti hotel atau tiket jika dibutuhkan dalam bentuk hardcopy), sampai dengan dokumen penting terkait pekerjaan.

Jangan lupa siapkan map untuk menyimpan dokumen pentingmu agar tidak rusak. Kamu bisa meletakkan dokumen di dalam koper, atau tas ransel yang akan kamu bawa sehari-hari. Pastikan semua dokumenmu terbawa lengkap ya!

Alas Kaki yang Nyaman

Salah satu hal penting yang perlu kamu perhatikan adalah pemakaian alas kaki. Mengingat kamu sedang dalam perjalanan dinas yang mungkin sewaktu-waktu dibutuhkan mobilitas tinggi, maka kamu perlu menggunakan alas kaki yang nyaman agar bebas bergerak.

Kamu bisa membawa sepasang flat shoes atau sepatu dengan hak rendah yang nyaman dipakai, tapi juga bisa memberikan kesan formal. Selain itu, kamu juga bisa membawa sepasang sneakers dan sandal jepit. Jika saat dinas kamu perlu menghadiri acara formal, seperti acara penerimaan penghargaan, pesta makan malam (gala dinner), ataupun konferensi pers, kamu dapat memasukkan sepatu high-heel ke dalam kopermu.

Nah Klobbers, itulah beberapa perlengkapan yang perlu kamu siapkan dengan matang sebelum melakukan perjalanan dinas. Pastikan kamu memeriksa semua perlengkapanmu secara berkala agar tidak ada yang tertinggal ya! Selamat melakukan perjalanan dinas, Klobbers!

Kamu juga bisa membaca artikel bermanfaat lainnya di Blog by Klob!

 

Sumber:

Perlengkapan yang Wajib Dibawa Saat Perjalanan Dinas

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published.