Blog post

Cara Menerapkan Self-Care di Tempat Kerja

18/07/2022Karel Adiwardoyo

Hi Klobbers,
Kamu mungkin sudah sering mendengarkan kata self care. Memang kata ini sering sekali dianggap sebagai tren. Namun, jangan sampai terkecoh. Self Care mempunyai peran penting dalam kehidupan sehari-hari dimanapun kamu berada. Self care dapat mengurangi stress serta kejenuhan pada keseharianmu.

Salah satu tempat terbaik dimana kamu bisa melakukan self care adalah di tempat kerja. Saat bekerja, self care memiliki peran penting karena kamu menghabiskan banyak waktu di tempat kerja. Bayangkan jika kamu pergi ke tempat kerja, melihat meja kerja yang tidak kamu sukai. Kamu akan merasa cepat jenuh. Atau kamu bekerja tanpa henti sehingga menimbulkan burnout. Agar hal-hal ini tidak terjadi, kamu perlu melakukan self care.

Lalu, hal apa saja yang bisa kamu bisa lakukan sebagai bentuk self care di tempat kerja? Berikut adalah 4 cara yang bisa kamu ikuti.

1. Menata Ruang Kerja

Salah satu hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk membuat tempat kerja menjadi lebih menyenangkan adalah dengan menata ruang kerja. Dengan penataan sederhana, kamu dapat membuat meja, atau bilik, dimana kamu bekerja menjadi lebih kondusif untuk tingkat produktivitas yang lebih tinggi. Pastikan kamu mempunyai ruangan yang cukup untuk bekerja dengan membereskan barang yang tidak kamu perlukan. Jika di ruang kerja ada barang yang tidak akan dibutuhkan pada hari itu, singkirkanlah barang tersebut. Pastikan barang kamu gunakan sehari hari diletakkan pada tempat yang terjangkau.

2. Mengambil Waktu Istirahat Singkat

Waktu istirahat adalah bagian penting saat bekerja. Ketika sedang kewalahan bekerja, kamu perlu melakukan istirahat. Namun, kamu perlu mengawasi waktu istirahatmu agar kamu tidak beristirahat terlalu lama sehingga pekerjaan terbengkalai. Kamu perlu belajar membagi waktu istirahat dengan baik. Buatlah jadwal rutin istirahat atau batasi istirahatmu dengan menggunakan timer. Salah satu cara yang ampuh untuk mengatur jam kerjamu adalah dengan teknik pomodoro yaitu dengan memberikan waktu kerja 25 menit serta istirahat 5 menit menit diantara waktu kerja tersebut.

3. Mendengarkan Musik Favorit

Ketika kamu mulai merasa bosan. Kamu dapat mendengarkan musik untuk meningkatkan produktivitas. Mendengarkan musik dapat meningkatkan mood, daya ingat, serta membantu untuk lebih fokus dalam bekerja. Penelitian juga menunjukan bahwa musik dapat mengurangi kejenuhan dalam bekerja terutama pekerjaan yang terkesan repetitive atau mempunyai banyak pengulangan.

4. Mindfulness

Walaupun stress adalah hal yang normal, berada dalam tingkat stress yang tinggi secara terus menerus dapat berdampak buruk terhadap mental dan kesehatan tubuh. Jika dibiarkan terus-menerus, beberapa gejala stress tingkat tinggi yang dapat muncul seperti sakit kepala, sering jatuh sakit, kurang energi, insomnia, kurang nafsu makan, depressi, hingga sakit kronis. Jika kamu memang bekerja dalam bidang yang menuntut kamu berada dalam situasi penuh dengan tingkat stress yang tinggi, kamu perlu mengetahui cara mengurangi stress dengan mindfulness. Salah satu cara paling mudah untuk menerapkan mindfulness adalah dengan memfokuskan perhatian pada pernafasan. Dengan memperhatikan nafas, kamu melatih diri untuk fokus pada satu hal sehingga kamu lebih mudah melepaskan pikiran-pikiran negatif dalam keseharianmu.

Dengan menerapkan self care dalam pekerjaan, kamu bisa menjadi lebih menikmati pekerjaan sehingga kamu lebih produktif. Self care dalam tempat kerja tidak hanya terbatas pada daftar yang tertulis di atas, hal-hal lain yang mempunyai dampak positif untuk bekerja seperti bersosialisasi dengan rekan kerja atau berolahraga singkat saat istirahat juga bisa menjadi bentuk self care untuk kamu. Yang terpenting, kamu bisa mempunyai semangat untuk menyelesaikan tantangan kerja. Selamat mencoba Klobbers!

Berikan Komentar

Your email address will not be published.