Blog post

Beberapa Kepribadian Kerja yang Bisa Kamu Temui

13/07/2022Gregorius Yudhistira

Hi Klobbers!

Saat kamu bekerja dengan orang lain, kamu mungkin menyadari bahwa ada beberapa orang yang bekerja dengan cara yang berbeda dengan orang lain. Mungkin beberapa orang akan mencapai target atau tujuan yang sama, tetapi dengan proses atau cara yang berbeda-beda. Namun mengapa demikian? Karena setiap orang memiliki kepribadian kerja yang berbeda-beda. Yuk, kita lihat kepirbadian kerja apa saja yang bisa kemu temui!

Cool Person

Kamu adalah tipe orang yang bisa tetap bersikap tenang meskipun berada dalam situasi yang menekan ataupun kurang menyenangkan. Kamu dapat mengatasi dengan baik situasi yang sulit ataupun ketika menghadapi keputusan yang sulit. Kamu adalah orang yang konsisten dan dapat dipercaya.

Sebagai seseorang yang tenang, nilai kelebihan kamu adalah kemampuan untuk etap dapat bekerja dengan baik di bawah tekanan, dan tidak panik saat menghadapi masalah. Selain itu, kamu juga memiliki kemampuan untuk mengendalikan diri.

Tapi ada juga beberapa area yang perlu diperhatikan. Sikap tenangmu dapat disalahartikan oleh orang lain sebagai sikap tidak peduli. Lalu masalah yang kamu hadapi tetap harus diselesaikan agar tidak berlarut-larut atau menjadi lebih besar. Di luar itu, tidak ada salahnya juga sesekali menampilkan emosimu asalkan tidak merugikan orang lain.

Busy Person

Kamu adalah tipe orang yang menyukai mengerjakan banyak hal dalam satu waktu. Kamu dapat lebih produktif saat kamu memiliki banyak tugas di tangan daripada saat kamu hanya berhadapan dengan satu tugas saja. Bagusnya kamu dapat menyelesaikan banyak pekerjaan dalam waktu singkat dengan tetap memenuhi tenggat waktu yang telah ditentukan.

Kepribadian kerjamu sendiri membawa beberapa kekuatan. Kamu selalu bisa mengerjakan banyak tugas secara bersamaan dalam satu waktu (multitasking), dan dapat bekerja dengan cepat. Kamu juga bisa mengatur waktu dengan baik untuk menyelesaikan semua tugas yang dihadapi.

Ada juga hal-hal yang perlu kamu perhatikan sebagai area pengembangan. Kecepatan kerjamu terkadang menjadi membuatmu kurang teliti karena bekerja dengan cepat. Selain itu, kamu juga cenderung menjadi udah bosan, dan tidak sabar saat membuat rencana yang detail.

Perfectionist

Kamu adalah tipe orang yang memiliki standar yang tinggi saat menyelesaikan tugas/pekerjaan. Dalam membuat perencanaan, kamu memusatkan perhatian pada setiap elemen terkecil untuk menghindari kesalahan di depan. Kamu juga terbiasa untuk mengecek pekerjaanmu beberapa kali sebelum memberikannya kepada orang lain karena kamu tidak mau ada kesalahan.

Hal-hal yang bisa menjadi kelebihanmu sebagai seorang perfectionist diantaranya adalah kemampuan memperhatikan hal secara detail. Kamu juga biasanya memiliki rencana yang jelas. Biasanya hasil kerjamu akan dianggap memuaskan karena minim kesalahan

Namun, karena sifatmu yang selalu mencari hasil yang sempurna, biasanya kamu membutuhkan waktu yang lama dalam menyelesaikan tugas atau pekerjaan karena kamu terlalu berhati-hati. Kamu juga terkadang terlalu terlalu fokus pada hal detail sehingga melupakan gambaran besarnya. Hal tersebut bisa juga membuat kamu dianggap tidak percaya diri karena kamu terlalu takut membuat kesalahan

Energetic Person

Kamu adalah tipe orang yang memiliki semangat tinggi dan energi besar untuk melakukan suatu hal meskipun tanpa adanya permintaan/perintah dari orang lain. Kamu bisa melihat sesuatu secara menyeluruh, memiliki banyak ide, dan menunjukkan inisiatif. Kamu senang dan bersemangat saat memulai suatu pekerjaan/proyek baru.

Area Kekuatanmu adalah kamu memiliki banyak ide, dan selalu antusias dan bersemangat dalam melakukan sesuatu. Kamu juga dinilai selalu berani memulai sesuatu.

Tapi ada juga area yang perlu diperhatikan sebagi seseorang yang selalu bersemangat. Banyaknya ide yang kamu miliki tentunya harus membuatmu selalu memastikan menyelesaikan apa yang sudah kamu mulai. Ada baiknya juga kamu memberi perhatian pada kebutuhan dan pendapat orang orang lain. Terakhir, kelola energimu dengan baik sehingga tidak disalahartikan oleh orang lain.

Social Person

Kamu merupakan anggota kelompok yang baik. Kamu mendukung terjadinya harmoni dalam kelompok dan secara tulus memiliki ketertarikan untuk memahami orang lain. Kamu juga biasanya punya kepekaan yang tinggi terhadap situasi dan perasaan orang lain, sehingga kamu dapat cepat beradaptasi dengan hal tersebut.

Tentunya sebagai seorang social person, kamu mudah beradaptasi dan masuk ke lingkungan baru, dan disukai oleh orang lain karena suka membantu. Kamu juga luwes saat berhubungan dengan orang.

Beberapa area yang perlu kamu perhatikan adalah kecenderunganmu untuk menghindari masalah karena tidak menyukai konflik. Kamu juga perlu mengatur batasan atau boundaries untuk dirimu sendiri dan orang lain. Kamu perlu punya batasan yang jelas sehingga tidak mudah dimanfaatkan. Selain itu. Kamu juga harus memiliki kepekaan terhadap perasaan orang lain, dan menghargai batas orang lain juga, sehingga tidak dianggap mencampuri urusan.

Itulah beberapa bentuk kepribadian kerja yang bisa kamu ketahui. Kamu juga bisa lho mengetahui kepribadian kerja apa yang kamu miliki. Dengan demikian, kamu bisa tahu apa kelebihanmu, dan apa area pada dirimu yang perlu diperhatikan atau bisa dikembangkan. Yuk, coba Klob Meter “Kepribadian Kerja”!

Berikan Komentar

Your email address will not be published.