Blog post

Tips Memilih Partner Bisnis yang Tepat

02/07/2022Dwi

Halo Klobbers!

Siapa nih Klobbers yang ingin memulai bisnis dan memerlukan partner dalam menjalaninya? Memiliki partner dalam menjalankan usaha memang akan memberi kamu berbagai keuntungan, seperti meringankan beban pekerjaan, menjadi teman diskusi, dan lain-lain. Namun, kamu juga perlu selektif dalam memilih rekan bisnis yang tepat agar bisa menunjang kesuksesan bisnis kamu. Bagaimana caranya? Yuk, simak beberapa tips memilih partner bisnis berikut ini!

Berkomitmen kuat dan mengutamakan profesionalitas

Mengutip dari Kompas, memilih partner bisnis bukan hanya sekadar karena kamu sudah mengenal lama orang tersebut. Tidak masalah jika ingin membangun bisnis dengan orang terdekat kamu, seperti teman, sahabat, keluarga, bahkan pacar. Akan tetapi, kamu dan partner harus bisa menjaga profesionalitas berbekal dengan komitmen yang telah disepakati bersama. Jika memiliki komitmen yang kuat, maka individu yang terlibat dalam jalannya bisnis akan fokus untuk memberikan usaha terbaiknya dalam mencapai tujuan bisnis yang telah dirancang dan disepakati bersama. Oleh karena itu, apa pun status hubungan kamu dan calon partner, jangan sampai mengesampingkan kriteria ini.

Memilih partner yang memiliki keahlian berbeda

Seorang partner bisnis yang baik seharusnya memiliki skill yang mendukung dan melengkapi skill kamu. Misalnya, kamu memiliki keahlian dalam bidang keuangan, namun kurang ahli dalam bidang marketing. Maka, kamu bisa mempertimbangkan untuk memilih partner yang memahami atau memiliki skill dalam strategi marketing. Semakin banyak skill yang kamu dan  partner kamu miliki serta berguna dalam menjalankan bisnis, maka akan semakin mudah untuk bisa mulai merencanakan, menjalankan, dan mengelola usaha kalian.

Saling menghormati

Pilihlah seorang partner yang kamu hormati dan juga menghormati kamu. Hal ini penting karena tujuan dalam membangun partnership ialah mencapai kesuksesan sebagai sebuah tim. Jika salah satu pihak tidak menghormati pihak lain, kemungkinan besar akan sulit untuk saling mengisi saat diskusi. Pendapat dari pihak lain akan sulit diterima karena berfokus pada sudut pandang serta ego diri sendiri. Jika kondisinya seperti ini, maka bisa memicu konflik antara kamu dan rekan bisnis yang akhirnya berdampak pada jalannya bisnis kalian.

Memilih partner dengan nilai dan semangat kewirausahaan yang sama dengan kamu

Dalam menjalankan bisnis bersama partner, kamu memerlukan komunikasi yang efektif untuk membuat berbagai keputusan penting dan merencanakan berbagai goals yang mendorong pertumbuhan bisnis ke depannya. Jika kamu memiliki partner yang agresif, tidak bisa berkompromi, atau memiliki nilai-nilai yang sangat berbeda dengan kamu, maka akan menjadi lebih sulit untuk berkolaborasi demi mencapai kesuksesan usaha.

Itulah beberapa tips untuk memilih partner bisnis yang tepat. Jangan lupa bahwa salah satu manfaat atau tujuan penting kamu memiliki partner bisnis ialah agar dapat menunjang kesuksesan bisnis yang dibangun. Oleh karena itu, kamu perlu selektif dan cermat dalam memilih partner bisnis yang tepat ya, Klobbers. Good luck!

Berikan Komentar

Your email address will not be published.