Blog post

Istilah-istilah di Kantor yang Kekinian!

30/06/2022Arifa Dwiratri

Halo Klobbers! Di dunia kerja, kamu akan menemukan banyak istilah yang tidak kamu temui saat masa sekolah. Istilah-istilah nya pun beragam dan memiliki arti yang berbeda-beda. Tujuan dari istilah ini digunakan adalah, biasanya, untuk memperjelas dan mempersingkat pesan yang akan disampaikan, baik langsung maupun melalui media.

Nah, kira-kira ada istilah apa saja ‘ya yang saat ini banyak digunakan para pekerja? Yuk, lihat penjelasan berikut!

Noted

Kata-kata ini seringkali digunakan di lingkungan kerja. Kata ‘noted‘ biasanya mengartikan bahwa kita sudah memahami perkataan, feedback, masukan, atau apapun bentuk penyampaian dari lawan bicara kita. 

Dilansir dari Kapanlagi.com, berdasarkan penggunaannya di keseharian sebagai kata gaul, arti noted lebih mendekati pada aktivitas mencatat atau dicatat. Maka dari itu, kata noted biasa muncul dalam percakapan semacam diskusi atau rapat.

Berikut contoh penggunaan kata noted sebagai kata gaul masa kini, atau berdasarkan makna mencatat atau dicatat:

A : “Besok jangan lupa, bawa laptop dan salinan datanya, ya!”

B : “Oke, noted” (Maknanya sama dengan, “Oke, saya catat tidak akan lupa”)

Teng-Go

Istilah “teng-go” merupakan istilah yang biasanya dipakai saat situasi pekerja yang pulang tepat pukul lima atau tepat pukul waktu selesai kerja yang ditentukan tiap perusahaan. Kata “teng” merujuk pada bunyi jam jika sudah menunjukkan waktu yang tepat. Serta kata “go” yang merujuk pada Bahasa Inggris go = pergi.

Dengan demikian, “teng-go” berarti pulang kerja tepat waktu. Biasanya para pekerja saling bertanya kepada rekan kerjanya jika sudah mendekati waktu pulang. “Eh, nanti teng-go nggak?”

Adakah Klobbers yang selalu pulang teng-go?

Town Hall Meeting

Dilansir dari Codemi, Town Hall Meeting menjadi hal yang umum dilakukan ketika kamu bekerja di sebuah perusahaan besar atau bekerja di startup. Lantas, apa sebenarnya jenis meeting town hall ini? Town hall merupakan jenis meeting yang sengaja diadakan untuk memberikan update.

Meeting town hall dilakukan agar bisa memberikan update rutin serta menyelaraskan apa visi serta misi perusahaan sebenarnya. Town hall juga mempunyai sebutan lain yakni all staff meeting atau all hands meeting. Dari nama tersebut, tentu saja kita bisa membayangkan siapa saja yang memiliki kewajiban untuk datang di dalam meeting tersebut tanpa terkecuali. 

Nah Klobbers, itulah beberapa istilah kantor yang sering digunakan saat ini. Sebenarnya, masih banyak istilah-istilah lain yang akan kamu temukan nantinya saat memasuki dunia kerja. Kamu bisa mengetahuinya melalui informasi-informasi yang sering diberikan melalui akun media sosial Klob dan tentunya artikel-artikel di Blog by Klob!

Kira-kira, istilah apa saja yang sering kamu ginakan nih Klobbers?;)

Berikan Komentar

Your email address will not be published.