Blog post

Apa Itu Project Manager, beserta Lowongannya – Pt. 1

26/06/2022Gregorius Yudhistira

Hi Klobbers!

Pernahkah kamu terlibat dalam sebuah proyek? Biasanya dalam sebuah proyek, ada satu orang yang dipilih oleh perusahaan atau organisasi untuk menjadi PIC atau person in charge secara keseluruhan. Orang yang bertanggungjawab untuk proyek tersebut disebut sebagai project manager.

Apa itu Project Manager?

Project manager merupakan seseorang yang diberi tanggung jawab untuk melaksanakan strategi manajemen proyek untuk mencapai tujuan proyek. Menurut buku Project Management Body of Knowledge Guide (PMBOK Guide) yang ditulis oleh Project Management Institute Indonesia, project manager sendiri adalah seseorang yang bertanggung jawab dalam mengurus sebuah proyek. Secara sederhana, project manager adalah pemimpin sebuah proyek.

Project manager memiliki peran penting atas stabilitas sebuah proyek. Karena itu, penting untuk memastikan project manager yang terpilih benar-benar handal dan sesuai untuk membawa proyek berjalan pada cara yang terbaik. Tidak akan baik apabila memilih project manager yang memiliki latar belakang adalah pada proyek konstruksi, namun anda tempatkan pada proyek teknologi informasi.

Kemampuan yang Dibutuhkan

Setelah kita mengetahui apa itu seorang project manager, lantas kemampuan apa yang dibutuhkan? Melansir dari Glints, ada 10 kemampuan yang dibutuhkan oleh seorang project manager.

Komunikasi

Seperti kebanyakan profesi lainnya, komunikasi adalah kemamapuan yang sangat dibutuhkan, termasuk oleh project manager. Seorang project manager juga harus lebih mahir untuk mengutarakan pendapatmu dan menyampaikan pesan-pesan penting. Hal ini dibutuhkan karena kamu tidak hanya berhubungan dengan anggota tim, tapi juga klien proyek.

Kepemimpinan

Sebagai pemimpin dari sebuah proyek, seorang project manager tentunya harus bisa memimpin dengan baik. Seorang project manager harus tahu bagaimana cara mengarahkan anggota tim untuk mengerjakan tugas-tugas yang harus diselesaikan, memotivasi mereka, dan membuat mereka mampu menyelesaikan proyek

Negosiasi

Skill ini dibutuhkan project manager untuk berhubungan dengan supplier, klien, dan para stakeholder lainnya yang memiliki kepentingan dalam sebuah proyek.

Selain itu, kemampuan ini juga dapat digunakan dalam berkomunikasi dengan anggota tim. Contohnya, seorang project manager harus bisa bernegosiasi mengenai tugas yang diberikan, berargumen tentang suatu ide dan keputusan, dan lainnya.

Manajemen Tim dan Waktu

Sumber daya waktu dan anggota tim adalah dua hal yang sangat penting bagi seorang project manager. Oleh karena itu, sebagai pemimpin, kamu harus tahu bagaimana caranya mengelola dua hal ini dengan maksimal.

Manajemen Risiko

Dengan kemampuan manajemen risiko, seorang project manager bisa memperkirakan titik mana saja yang memiliki risiko kegagalan tinggi. Setelah mengetahui hal tersebut, hal yang harus dilakukan project manager adalah memikirkan bagaimana agar kendala tersebut bisa dilalui dengan baik.

Literasi Teknologi

Pekerjaan project manager erat kaitannya dengan berbagai teknologi atau tools. Tanpa tools yang tepat, akan sangat sulit untuk menjalankan proyek tepat waktu. Contohnya, tools seperti Jira akan sangat membantu dalam melacak proses dari proyek yang sedang berjalan. Situs seperti Google Drive juga akan mempermudah dalam membuat pool dokumen-dokumen yang berkaitan dengan proyek.

Riset

Riset adalah hal yang penting untuk dilakukan seorang project manager. Kadang, ada hal-hal yang tidak kita ketahui tentang suatu proyek. Untuk melengkapi ketidaktahuan tersebut, perlu dilakukan riset yang mendalam agar rencana proyek bisa berjalan dengan baik.

Penyelesaian Masalah

Kemampuan seorang project manager dalam menyelesaikan berbagai masalah tentunya akan sangat bermanfaat untuk kelangsungan proyek. Ketika manajer proyek mampu melakukan riset dengan baik, mendengarkan masukan dari anggota tim, klien, dan stakeholder, hal ini seharusnya tidak sulit untuk dilakukan.

Mengelola Biaya

Untuk menjalankan proyek, tentunya ada biaya yang dibutuhkan. Biaya ini dikeluarkan oleh perusahaan atau organisasi berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu. Salah satu tugas seorang project manager adalah juga untuk mengelola biaya tersebut. Pasalnya, sebuah proyek idealnya mengeluarkan biaya yang efisien namun menghasilkan keuntungan yang semaksimal mungkin.

Kemampuan Interpersonal

Project manager harus memiliki kemampuan interpersonal yang baik. Rasa percaya diri, mampu membangun hubungan yang baik dengan semua pihak yang terlibat, dan juga bisa berkolaborasi secara efektif akan menjadi aset yang sangat berguna bagi seorang project manager.

Itulah beberapa hal yang Klobbers bisa pahami mengenai project manager. Apakah Klobbers tertarik menjadi seorang project manager? Kebetulan, karena kita akan membahas mengenai lowongan project manager yang ada di Klob!

Berikan Komentar

Your email address will not be published.