Blog post

5 Red-flag untuk Diperhatikan Saat Wawancara Kerja

23/06/2022Nadine K

Hi Klobbers!

Kita semua mengerti betapa melelahkan proses pencarian kerja dan betapa menyenangkannya rasanya mendapatkan panggilan wawancara. Akhirnya kamu diberikan harapan bahwa semua kerja kerasmu berguna dan kamu akan mendapatkan kesempatan. Lalu kamu bersiap-siap, berpakaian rapi, berdandan, dan mempersiapkan diri untuk menjawab semua pertanyaan rekruter. Tahukah kamu bahwa ini juga saat yang tepat bagi kamu untuk melihat apakah ini perusahaan yang tepat untukmu? Pastikan untuk tetap waspada terhadap tanda-tanda bahaya atau red-flags berikut ini selama proses wawancara kerja:

1. Permintaan pembayaran untuk proses melamar kerja

Ketika rekruter meminta kandidat untuk mengeluarkan biaya apapun selama proses aplikasi, itu adalah pertanda jelas bahwa perusahaan tidak dapat dipercaya atau bahkan bahkan sebuah tipuan. Perusahaan yang layak pasti memiliki anggaran untuk proses rekrutmen mereka yang sudah termasuk keseluruhan biayanya. Jadi jika kamu diminta untuk mengeluarkan lebih banyak uang selain biaya transportasi pergi-pulang pribadi kamu, anggap ini sebagai peringatan besar untuk lebih baik mundur.  

2. Pertanyaan atau komentar yang tidak pantas

Wawancara kerja adalah acara formal di mana kamu harus menunjukkan perilaku terbaikmu pada setiap saat. Demikian juga hal ini berlaku bagi perusahaan dan rekrutermu. Ketika pertanyaan mulai menyimpang ke wilayah SARA atau tidak nyaman, kamu bisa mengekspektasikan budaya kerja yang buruk. Hal ini menunjukkan sebuah tingkat ketidakprofesionalan perusahaan yang mencerminkan bukan hanya pelatihan yang buruk bagi karyawan, tetapi juga tingkat toleransi cukup tinggi terhadap perilaku buruk. 

3. Kurangnya kejelasan jawaban

Selama proses wawancara, ingat bahwa kamu juga diperbolehkan untuk bertanya tentang perusahaan. Banyak rekruter bahkan menganggapnya menguntungkan kamu jika kamu mengajukan pertanyaan yang bagus. Di sisi lain, ketika kamu mengajukan pertanyaan yang bagus tetapi mereka tidak mau menjawabnya atau menjawab dengan cara yang membingungkan, ini adalah tanda bahwa mereka mungkin menyembunyikan sesuatu. Selain itu, selama proses rekrutmen, kamu mungkin ditemui beberapa pewawancara berbeda. Jika pertanyaan yang kamu ajukan mendapatkan jawaban berbeda di setiap pewawancara, maka ini adalah tanda yang jelas dari komunikasi yang buruk di dalam perusahaan. 

4. Perubahan pada deskripsi pekerjaan awal

Sebelum melamar pekerjaan, kamu bertanggung jawab untuk memastikan bahwa pekerjaan yang kamu lamar adalah pekerjaan yang tepat untukmu. Pastikan kamu datang ke wawancara kerja sudah sepenuhnya mengerti peran dan tanggung jawab posisi yang kamu lamar. Ini penting untuk dua hal: pengetahuan dan inisiatif kamu akan membuat rekruter terkesan, dan kamu dapat dengan mudah melihat ketika rekruter menambahkan hal-hal yang sebelumnya tidak disebutkan dalam iklan pekerjaan. Jika pekerjaan yang dijelaskan saat wawancara mulai terdengar sangat berbeda dari pekerjaan yang kamu lamar, ini menunjukkan kurangnya komunikasi dan manajemen yang buruk. 

5. Nilai-nilai yang bertentangan

Terakhir, kamu harus memastikan bahwa nilai-nilai yang dipegang oleh perusahaan sesuai dengan nilai-nilai pribadi kamu. Ketika kamu bekerja untuk sebuah perusahaan yang nilainya terlalu berbeda dari nilaimu, kemungkinan besar kamu akan merasa tidak puas dengan pekerjaanmu dan akan menyebabkan demotivasi serta kinerja yang buruk. Daripada meninggalkan dan memulai proses pencarian kerja dari awal lagi, lebih baik untuk mencegah hal ini terjadi dari depan. Manfaatkan waktu wawancara untuk memastikan bahwa nilai-nilai kamu selaras untuk pengalaman kerja yang lebih baik. 

Ini hanya beberapa red-flags yang mungkin muncul saat menjalani proses wawancara. Pastikan kamu memanfaatkan waktu wawancara ini sebaik-baiknya dan mengumpulkan informasi tentang perusahaan yang kamu lamar. Percayai naluri kamu dan lakukan riset sebelum menerima tawaran pekerjaan apapun, Klobbers! 

 

sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.