Blog post

Manfaatkan Media Sosial untuk Kariermu (1)

22/06/2022Nadine K

Hi Klobbers! 

Jaman sekarang lebih susah mencari orang yang tidak aktif di media sosial dibanding orang yang memiliki banyak akun. Sebagian besar dari kita menggunakan media sosial sebagai pengalih perhatian yang menyenangkan, suatu bentuk hiburan pasif, atau platform untuk berbagi pemikiran dan pendapat. Tapi tahukah kamu bahwa kamu dapat mengoptimalkan penggunaan media sosial kamu dan menggunakannya untuk membantu mengembangkan kariermu? 

Berikut adalah beberapa cara untuk memaksimalkan pengalaman media sosial kamu untuk kehidupan profesionalmu:

LinkedIn

File:LinkedIn logo initials.png - Wikimedia Commons

Platform termuka untuk semua hal yang berhubungan dengan karir, LinkedIn dikenal sebagai media sosial untuk para profesional. Di sini, pengguna berbagi pencapaian karir mereka, mencari lowongan pekerjaan, dan mengikuti perusahaan dan thought leaders bidang atau industri pilihan mereka. 

Kesalahan terbesar yang dilakukan pengguna adalah menggunakan LinkedIn sebagai tempat untuk mencari pekerjaan hanya di mana kamu seharusnya menggunakannya untuk mengelola merek profesional kamu. Melakukan hal ini akan membuat pencarian pekerjaan, dan semua aktivitas lain di platform ini menjadi lebih mudah dan sukses. Untuk memaksimalkan pengalaman LinkedIn kamu, pastikan untuk:

  • Lengkapi profil kamu dan terus perbarui secara teratur 
  • Ikuti orang, perusahaan, dan topik yang sesuai dengan minat profesional kamu
  • Jangan takut untuk mengirim pesan dan menjangkau perekrut atau orang yang kamu lihat hingga profesional
  • Terhubung dengan orang yang kamu kenal dalam kehidupan nyata serta orang yang ingin kamu tambahkan ke jaringan profesional kamu
  • Sering-seringlah memposting untuk menciptakan keterlibatan, idealnya pada topik seputar karir kamu

Instagram

File:Instagram logo 2016.svg - Wikipedia

Instagram memulai hidupnya sebagai aplikasi berbagi foto sederhana tetapi telah berkembang untuk mencakup lebih banyak lagi. Ini adalah tempat para selebritas dan influencer internet untuk berbagi konten mereka, tempat untuk mempromosikan dan memulai bisnis kecil, dan banyak artis menggunakannya sebagai portofolio untuk pekerjaan mereka. 

Banyak orang menganggap Instagram sebagai salah satu pelanggar terburuk dalam hal burnout media sosial, tetapi seperti semua bentuk media sosial lainnya, hanya perlu sedikit kurasi di pihak pengguna. Berikut adalah beberapa cara untuk memaksimalkan pengalaman Instagram kamu:

  • Jika kamu bekerja di bidang kreatif, bagikan kiriman karya kamu dan manfaatkan tagar yang sesuai
  • Manfaatkan cerita Instagram dan semua fiturnya untuk meningkatkan keterlibatan
  • Terhubung dengan profesional lain dalam bidang kamu
  • Ikuti halaman yang melayani industri kamu untuk mengikuti berita, tren, dan acara terbaru.
  • Carilah peluang kerja karena banyak perusahaan beriklan melalui media sosial mereka. 

Semoga tips ini berguna, Klobbers! Jangan lupa untuk membaca bagian 2 dari artikel ini untuk tips cara memanfaatkan media sosial lain seperti Twitter dan TikTok!

sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.