Blog post

Hobi Menulis? Berikut Caranya Self-Publishing!

21/06/2022Arifa Dwiratri

Halo Klobbers! Menjadi penulis mungkin merupakan mimpi bagi sebagian orang. Ada beberapa dari mereka yang menjadikan ‘menulis’ hanya sebagai hobi saja, namun tak jarang ada yang bermimpi untuk menjadi seorang penulis profesional.

Kamu suka menulis dan ingin menerbitkan karyamu namun takut gagal? Nah, mungkin kamu perlu mencoba cara untuk menerbitkan buku dengan self publishing!

Ingin tahu caranya? Yuk, simak penjelasan berikut!

Apa Sih Self Publishing Itu?

Dilansir dari Kreativv, Self publishing adalah proses untuk menerbitkan naskah menjadi buku cetak, di mana penulis memiliki kontrol penuh atas seluruh proses penerbitan bukunya. Mulai dari proses menulis naskah, layout buku, dan penentuan harga buku saat dipasarkan.

Atau dengan kata lain, self publishing adalah menerbitkan buku secara mandiri tanpa terkait dengan penerbit mainstream.

Untuk kamu yang ingin menerbitkan bukumu namun takut tidak jadi terbit, mungkin self publishing bisa menjadi pilihan yang tepat. Kamu bisa mengatur semua urusan percetakan dan pemasaran. Ada juga beberapa platform penerbit self publishing yang memberikan alternatif lain.

Bagaimana Caranya Self Publishing?

Setelah mengetahui apa itu self publishing, mungkin kamu bertanya-tanya, bagaimana caranya ‘ya? Nah, berikut adalah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan jika ingin menerbitkan buku dengan self publishing.

Dilansir dari Kreativv, berikut adalah beberapa langkahnya:

  1. Tahap penulisan naskah merupakan yang pertama. Tahap ini diawali dengan mempersiapkan ide, konsep dasar, dan membuat kerangka karangan.
  2. Mulai menulis naskah. Pada step ini, kamu pasti akan melakukan revisi berkali-kali.
  3. Kemudian masuk ke tahap pracetak. Pertama kamu harus melewati proses penyuntingan naskah. Kamu bisa melakukan sendiri atau menyewa jasa orang lain, termasuk jasa editor dari platform self publishing pilihanmu.
  4. Buat pengemasan naskah. Mulai dari menyusun layout, ilustrasi, dan desain cover buku. Beberapa jasa self publishing menyediakan layanan ini, dengan biaya tambahan.
  5. Saatnya persiapan cetak dengan membuat dummy buku dan melakukan proofreading untuk meminimalisasi kesalahan penulisan.
  6. Lanjut ke tahap cetak. Proses ini akan dibantu oleh platform self publishing yang kamu pilih.
  7. Daftarkan karyamu ke International Standard Book Number (ISBN) lewat Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI). Sudah banyak jasa self publishing yang bisa membantumu melakukannya, jangan khawatir.
  8. Lanjut ke tahap pascacetak. Mulai mendistribusikan, memasarkan, dan menjual buku sendiri. Kamu juga bisa menggunakan jasa perusahaan self publishing lagi loh. Beberapa menawarkan jasa distribusi ke toko-toko buku.

Klobbers, itulah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan ketika ingin mencoba melakukan self publishing. Namun perlu diingat bahwa self publishing memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Pastikan kamu harus rajin-rajin untuk mempromosikan bukumu dan tetap percaya diri ya agar karyamu bisa sukses kelak!

Berikan Komentar

Your email address will not be published.