Blog post

Resign Sebelum Dapat Kerja, Apa yang Perlu Disiapkan?

19/06/2022Gregorius Yudhistira

Hi Klobbers!

Melanjutkan artikel sebelumnya, beberapa dari kamu mungkin ada yang sedang berpikiran untuk resign meskipun belum mendapatkan kerja. Sebelumnya kita sudah membahas mengenai apa yang menjadi penyebab hal itu terjadi. Kali ini kita akan membahas mengenai apa yang harus kamu siapkan sebelum resign apabila belum mendapatkan kerja.

Resignation Letter dan Exit Interview

Apabila kamu sudah memutuskan untuk resign, kedua bagian ini menjadi penting untuk kamu persiapkan. Resignation letter atau surat pengunduran diri harus kamu persiapkan dengan baik dan profesional agar proses pengunduran dirimu dari perusahaan berjalan lancer, dan kamu bisa resign dengan track record yang baik.

Exit interview merupakan langkah lainnya yang wajib kamu lakukan sebelum resign. Berbeda dengan wawancara kerja, pada exit interview biasanya dilakukan sebagai sarana evaluasi, baik untuk kamu dan untuk kebutuhan perusahaan. Pastikan dalam proses ini kamu juga meninggalkan last impressions yang baik pada perusahaanmu.

Memperbarui CV dan Melengkapi Portofolio

Seperti yang sudah dibahas di atas, salah satu alasan orang resign adalah karena mencari tantangan baru atau jenuh di tempat kerja. Hal ini bisa mendorong seseorang untuk mencari pekerjaan baru. Untuk kamu yang memiliki tujuan ini, kamu bisa mempersiapkan diri dengan memperbarui CV kamu. Lengkapi juga portofoliomu berdasarkan apa yang sudah kamu lakukan pada pekerjaan terbarumu. CV yang up-to-date dengan portofolio memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk dilirik rekruter tentunya.

Kamu bisa belajar cara menulis CV melalui konten pelajaran Ensiklobedia dengan judul “Menyusun CV/Resume yang Menariklho! Selain itu kamu juga bisa menggunakan profil di Klob sebagai CV digitalmu dan mencari pekerjaan dengan fitur Klob & Co!

Mempersiapkan Keuangan

Tentunya sebelum resign, akan lebih bik jika kamu mempersiapkan keuangan pribadimu terlebih dahulu. Hal ini menjadi semakin penting apabila kamu tidak langsung mendapatkan pekerjaan pengganti, atau belum memiliki kepastian untuk langkah ke depannya. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah mempersiapkan tabungan. Dengan adanya tabungan, kamu bisa lebih lega setelah resign, karena kamu masih memiliki cadangan uang untuk keperluan sehari-hari dan keadaan darurat. Pastikan kamu juga merencanakan penggunaan tabunganmu, agar tidak habis sebelum kamu menemukan sumber pemasukan yang baru.

Hal lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyiapkan investasi. Dengan investasi, kamu bisa berpotensi mendapatkan passive income meskipun telah resign.

Rencanakan Masa Depanmu

Apabila keputusanmu untuk resign sudah matang, maka lakukan saja. Setelah kamu resign, keputusan yang kamu ambil sudah bersifat final. Gunakan waktu kamu setelah resign untuk fokus pada langkah ke depannya. Kamu bisa menggunakan kesempatan ini untuk mencari karier baru, mencari passion-mu atau potensimu, merintis usaha yang sudah kamu rencanakan, atau istirahat sejenak. Intinya berfokuslah dengan rencana ke depan, dan jangan menghabiskan waktu untuk menyesali keputusanmu atau terlalu banyak khawatir akan ketidakpastian di depan nanti.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu siapkan untuk resign meskipun kamu belum mendapat pekerjaan baru Klobbers! Meskpun kamu sudah menyiapkan alasan yang baik untuk resign, namun ada baiknya kamu juga mempersiapkan dirimu untuk kejadian tersebut.

Berikan Komentar

Your email address will not be published.