Blog post

Pentingnya Mengikuti Internship Untuk Awal Karirmu

17/06/2022Kontributor Blog by Klob

Ditulis oleh: Julya D. Wulandari
(Klik untuk melihat Profil Klob)

Hai Klobbers!

Penting gak sih pengalaman internship bagi siswa atau mahasiswa? Penting banget dan sangat bermanfaat untuk awal karir kamu. Internship adalah pengalaman kerja dalam waktu yang singkat, umumnya dilakukan selama 3 sampai 6 bulan atau lebih tergantung kebijakan setiap perusahaan. Walaupun singkat tetapi internship sangat berguna untuk siswa dan mahasiswa tingkat akhir ataupun seorang fresh graduate untuk mengembangkan keterampilan dan perkenalan awal untuk mempersiapkan diri kamu dalam dunia kerja. Banyak sekolah atau kampus yang memang mewajibkan siswa atau mahasiswanya untuk kerja intern. Jika sekolah atau kampusmu tidak mewajibkan untuk kerja intern, kamu bisa berinisiatif sendiri untuk mengikuti internship. Lalu apa keuntungan dari internship di masa sekolah atau kuliah?

Pengalaman

Hal pertama pastinya kamu menentukan akan bekerja internship dimana. Pastikan sesuai dengan bidangmu, agar kamu dapat mengembangkan dan memperdalam keterampilanmu dalam bidang yang memang kamu minati. Bekerja intern akan memberikan pengalaman baru berupa wawasan mengenai praktisi di lapangan, kalau biasanya di sekolah atau kampus kamu hanya mendapatkan teori, di tempat intern kamu bisa tau proses praktisi sesungguhnya seperti apa.

Mentoring

Mentor adalah seseorang yang akan membantu dan membimbing kamu dalam bekerja. Seringkali mereka juga mengajarkan sesuatu yang mungkin tidak diajarkan di sekolah atau kampus, seperti tips& trick bekerja di bidang tersebut atau belajar tentang cara mengatasi suatu masalah dalam pekerjaan, cara berkomunikasi yang baik dan benar dengan rekan kerja, dan etika kerja dalam tim. Jika pekerjaanmu bagus dan kamu memiliki skill yang mumpuni, tidak menutup kemungkinan kamu dapat direkomendasikan untuk diangkat menjadi karyawan.

Relasi

Di tempat intern pastinya kamu akan bertemu dengan banyak orang baru. Seperti mentor atau para profesional dan juga sesama siswa atau mahasiswa intern lainnya. Nah hal tersebut sangat berguna untuk kariermu, semakin banyak relasi semakin banyak pula informasi tentang lowongan pekerjaan nantinya. Jadilah pribadi yang menyenangkan dan dapat diandalkan, agar mereka dengan senang hati merekomendasikan kamu dikemudian hari.

Kebutuhan CV

Pengalaman internship sangat bisa kamu cantumkan di CV kamu nantinya. Dan hal tersebut bisa menambah nilai plus di mata recruiter. Jika kamu memiliki pengalaman kerja itu tandanya kamu lebih kompetitif daripada mereka yang hanya mengikuti kursus atau yang tidak memiliki pengalaman sama sekali. Peluang kamu untuk  lolos pun jadi lebih besar. Dan kamu bisa mengikuti internship lebih dari satu tempat semasa kamu sekolah atau kuliah, selama kamu bisa memanage waktu kamu dengan baik antara kuliah dan kerja intern. Selain pengalaman kerja intern, pengalaman mengikuti organisasi dan menjadi volunteer diberbagai kegiatan yang relevan juga bisa dicantumkan di CV, dan hal tersebut menunjukkan bahwa kamu adalah mahasiswa yang aktif selama masa perkuliahan. Umumnya para recruiter lebih menyukai kandidat yang aktif dibandingkan siswa atau mahasiswa yang pasif selama masa sekolah atau kuliah berlangsung.

Dengan mengikuti internship kamu dapat mengetahui awal karirmu, karena kerap kali kita sebagai siswa atau mahasiswa merasa bingung untuk memulai karir kita akan kemana dan bagaimana. Mencari tempat untuk bekerja intern, tidak sesusah kamu mencari pekerjaan. Proses recruitmennya pun tidak sesulit ketika melamar menjadi pekerja. Dan ada banyak sekali lowongan internship yang tersebar di media online. Walaupun terkadang banyak internship yang bersifat unpaid atau tidak di bayar, setidaknya kamu bisa mendapatkan pengalaman dan pembelajaran baru di sana dan pastinya membangun relasimu jadi lebih luas. 

 

Referensi : the muse 

“ Everything You Need to Know About Internships-From What They Are to How to Get One”

Link: https://www.themuse.com/advice/what-is-an-internship-definition-advice

Berikan Komentar

Your email address will not be published.