Blog post

Apa Aja Sih Plus Minus Kerja di bidang IT?

17/06/2022Kontributor Blog by Klob

Ditulis oleh: Ardhian Satya Pratama
(Klik untuk melihat Profil Klob)

Plus Minus Kerja di bidang IT di era millenial! Ada apa saja kalian pasti penasaran bukan? – Tidak dapat dipungkiri bekerja di bidang IT saat ini mempunyai stereotype dan perspektif yang mentereng sekali dimata banyak orang, dan salah satunya adalah membuat segi finansial auto-tajir. Pokoknya didalam benak kebanyakan orang pasti yang enak-enaknya saja! Gaji besar, peluang jenjang karir dibanyak tempat terbuka sangat lebar secara industrinya juga sedang berkembang pesatnya, inti dari semuanya yakni pokoknya memang enak bangetlah!

Apabila dipikir-pikir sebenarnya tidaklah salah 100%. Akan tetapi selain itu, banyak juga sisi tantanganya. Jadi tidak mengherankan apabila perusahaan IT benar-benar mencari kandidat yang mempunyai soft skills maupun hard skills yang mumpuni dan handal. Ya tujuannya tidak lain dan tidak bukan agar dapat menghadapi berbagai tantangan yang ada kedepannya.

Supaya tercipta sebuah keadilan yang nyata, beberapa pernyatan dari bab A-Z tentang hal apa saja yang membuat senang sekaligus menantang di dunia kerja industri IT antara lain sebagai berikut ini:

Gaji

Berdasarkan rekapitulasi laporan tren dan Gaji Pekerja Digital Indonesia tahun 2021 yang dihimpun dari Glints, rata-rata gaji staf IT di region Indonesia berkisar dimulai dari Rp10-30 juta. Itu saja baru lingkup posisi entry level sampai ke mid level saja. Apabila memasuki posisi lead atau istilahnya puncaknya, menyentuh angka 3 digit pun masih masuk akal begitu kurang lebihnya.

Dan yang lebih spesifik lagi, semakin jarang keahlian yang dimiliki oleh para IT talent, akan tetapi jika permintaannya tinggi seperti misalnya skill blockchain, AI, ataupun cloud computing, maka bisa dipastikan penawaran gajinya pun semakin besar, bahkan tidak menutup kemungkinan sampai 2x lipat.

Jenis Bidang Profesi yang Masih Terbuka Luas

Menjadi fakta tersendiri bidang IT itu terbuka sangat luas untuk banyak jenis profesi. Dari segala macam profesi yang tidak berkaitan secara langsung dengan seluk-beluk dunia IT, sampai jenis profesi yang memang masuk golongan IT jobs.

Contoh misalnya, untuk sektor bidang UI/UX saja turunannya ada UI/UX designer, UI/UX researcher, UX writer, UX copywriter, UX engineer. Setelah itu dilanjutkan, pada segmen cloud, ada banyak sekali apa itu yang namanya profesi cloud engineer, development operation engineer, full stack developer. Dan masih banyak lagi lainnya yang tidak bisa mimin sebutkan semuanya.

Bakal Selalu Relevan Dengan Perkembangan Zaman

Kalian jangan merasa khawatir kedepan, disetiap perkembangan era zaman, bidang IT tidak akan pernah ketinggalan arus zaman. Yang ada, industrinya malah ikutan berkembang dan semakin banyak diminati, sekaligus membuka semakin banyak lapangan pekerjaan untuk sesama. 

Yang ini artinya, semakin besar juga peluang (probability) kerja bidang IT, begitu juga dengan jenjang karirnya.

Now, let’s move to fast..

Beberapa tips dan trik yang menantang dari kerja di Industri IT yang harus perlu diketahui sebelum terjun dilapangan antara lain sebagai berikut:

Harus Selalu Belajar dan Mengembangkan Skill Diri 

Di satu sisi memang terlihat sangat menguntungkan, akan tetapi pada sisi lainnya mesti harus Latihan ekstra dan memahami aneka pengetahuan baru. Sama persis seperti profesi dokter yang tidak dapat berhenti belajar akan hasil temuan baru di dunia medis, hal tersebut berlaku juga untuk pekerja di dunia IT harus selalu mengulik perkembangan teknologi dan informasi terbaru. 

Yang sederhananya, apabila muncul tools baru, mau tidak mau tools tersebut harus dikulik ataupun dipelajari secara menyeluruh, untuk kemudian diterapkan segera mungkin.

Tingkat Persaingan Kerja yang Tinggi

Coba kalian perhatikan saja ada berapa banyak kampus yang membuka jurusan IT secara umum, belum lagi munculnya berbagai macam course dan bootcamp yang membuat orang-orang non-IT sekalipun dapat mempunyai kesempatan kerja di bidang ini tanpa pandang bulu. Belum lagi apabila membahas saingan dari luar negeri, seperti misalnya dari Korea Selatan, India, bahkan region AS sekalipun!

Sebagian besar mereka rata-rata mempunyai visi tujuan yang sama, yaitu menjadi profesional di bidang IT. Jadi kesimpulannya, wajib sekali hukumnya untuk meningkatkan IT skill apabila tidak ingin tenggelam dalam persaingan global. Meskipun lapangan kerjanya terbuka cukup lebar, tetap saja yang akan mendapatkan profesi impian hanyalah mereka yang punya value added dan skill yang terbaik, serta sebisa mungkin kita bisa menguasai bahasa Inggris dalam konteks pekerjaan IT!

Harus Bersiap Siaga Menghadapi Permasalahan Teknis Seputar IT

Sering sekali muncul kejadian suatu aplikasi ataupun platform yang crash secara mendadak. Tidak dapat diakses, bahkan pernah dilain sisi terkena cyber attack juga. Nah yang perlu dicermati, siapa yang pertama kali yang akan dipanggil untuk menghandle gangguan tersebut? Ya sudah jelas orang IT.

Pada intinya mereka harus kerja secara cepat dan tepat untuk mengatasi berbagai permasalahan teknis seputar IT. Hal tersebut dikarenakan berkaitan dengan kepentingan orang banyak, faktanya!

Bisa ditarik kesimpulan bahwa plus minus kerja di bidang IT itu seimbang bobotnya ya.

Kerja di bidang IT memang cukup menjanjikan dari berbagai aspek, entah itu jenjang karir sampai ke income bulanannya.  Akan tetapi, bukan berarti kerja di industri ini tidak ada tantangannya sama sekali bidang apapun pasti ada tantangan realitanya! Justru tantangannya itu, yang membuat orang-orang yang bekerja di bidang IT menjadi handal dan teruji kualitasnya di dunia kerja global!

Pada intinya, apabila kalian bisa menghadapi segala macam peluang dan tantangannya, bisa jadi kalian sangat berpotensi sekali untuk menjadi best talent yang dicari berbagai macam sektor industri apapun.  

Sumber referensi: www.ziliun.com

Berikan Komentar

Your email address will not be published.