
Membangun Rutinitas Kerja yang Efektif
Hi Klobbers!
Pekerjaan memakan begitu banyak waktu kita setiap minggunya sehingga seringkali kita kupa beristirahat. Terkadang kita kewalahan sampai kerja menumpuk dan kita terkubur di bawah segunung tugas yang belum selesai. Ini dapat menyebabkan serangkaian masalah mulai dari demotivasi hingga burnout yang dapat mempengaruhi kesehatan mental dan fisik. Salah satu cara untuk mengurangi stres ini adalah dengan mengatur rutinitas kerja yang efektif. Dengan cara ini kamu dapat bekerja lebih teratur dan memanfaatkan waktumu dengan lebih bijak. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu membangun rutinitas kerja.
Tetapkan Prioritas
Memiliki begitu banyak tugas yang perlu diselesaikan gampang menimbulkan rasa cemas. Memang sulit untuk mengetahui apa yang harus dilakukan terlebih dahulu. Luangkan waktu di awal harimu untuk mengatur tugas-tugasmu dalam skala prioritas. Letakkan tugas kamu yang paling penting susah di bagian atas daftar ini dan tugas yang paling tidak penting di bagian bawah. Setelah menghasilkan daftar yang terorganisir ini kamu dapat menyelesaikannya satu-satu dengan lebih mudah.
Selesaikan Tugas-Tugas Sulit Terdahulu
Setelah memilah-milah daftar kamu, selesaikan tugas yang paling sulit dan sensitif waktu terlebih dahulu. Dengan cara ini kamu telah memulai harimu dengan menyelesaikan pekerjaan terberatmu. Dibandingkan tugas ini, sisa hari kerjamu akan terasa sangat mudah. Melakukan pekerjaan yang sulit ini lebih awal efektif karena kamu memiliki lebih banyak energi di awal hari daripada di jam-jam sore.
Jadwalkan Jam Istirahat
Pastikan untuk memasukkan istirahat ke dalam rutinitas kamu. Setelah menyelesaikan tugas yang menantang, luangkan waktu untuk memulihkan energi dengan istirahat sejenak. Kamu dapat mencoba menerapkan teknik Pomodoro di mana blok pekerjaan diikuti dengan jumlah waktu istirahat yang proporsional. Istirahat sama pentingnya dengan bekerja. Terlalu banyak bekerja dapat merusak kualitas kerja serta kesehatanmu.
Tetapkan Waktu untuk Berhenti Bekerja
Sama seperti cara kamu mengatur waktu untuk mulai bekerja, kamu juga harus tahu kapan harus berhenti. Melakukan hal ini akan menetapkan batasan yang kuat antara pekerjaan dan kehidupan pribadi kamu. Ini penting untuk work-life balance kamu dan menunjukkan hubungan yang sehat dengan pekerjaan. Tidak apa-apa untuk mematikan notifikasi kerja di malam hari, dan tidak apa-apa untuk tidak memeriksa email kamu selama akhir pekan.
–
Bagian terbaik dari rutinitas adalah, setelah beberapa waktu, rutinitas itu akan menjadi kebiasaan. Kamu sudah bisa mengantisipasi dan yakin akan apa yang harus dilakukan dan apa yang bisa diekspektasi. Ini dapat mengurangi dengan besar kecemasan yang akan kamu rasakan sepanjang hari kerjamu. Rutinitas dapat diterapkan di semua bidang kehidupan kamu, lihat artikel ini untuk melihat bagaimana kamu dapat mengatur rutinitas pagi yang dapat membantumu membuat harimu lebih produktif dan seimbang. Semoga sukses Klobbers!