Blog post

Mengenal Demotivasi Kerja dan Cara Mengatasinya

07/06/2022Arifa Dwiratri

Halo Klobbers! Adakah di sini yang pernah merasakan kehilangan semangat saat bekerja?

Nah, hal tersebut biasanya dinamakan demotivasi kerja. Demotivasi sendiri merupakan sebuah kondisi dimana seseorang mulai kehilangan semangat untuk bekerja. Sebenarnya, kondisi seperti ini banyak dialami oleh para karyawan dan merupakan hal yang normal. Namun, yang tidak baik adalah ketika kamu mengalami demotivasi berkepanjangan tanpa adanya penyelesaian terhadap kondisi tersebut.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara penanganan demotivasi, yuk kenali dulu apa saja sih penyebab demotivasi kerja?

Lingkungan Kerja yang Toxic

Lingkungan kerja memang menjadi salah satu faktor penting bagi kinerja karyawan. Lingkungan kerja bisa mencakup rekan kerja yang toxic bahkan peran atasan yang tidak supportive pun bisa menyebabkan seorang karyawan kehilangan semangat untuk bekerja.

Jika kamu mengalami hal demikian, kamu bisa mencoba untuk lebih mendekatkan diri dengan rekan kerjamu sehingga terbentuk lingkungan kerja yang sehat.

Gaji yang Tidak Sesuai

Gaji merupakan faktor penting seseorang dalam bekerja. Gaji yang sesuai pastinya bisa membuat seseorang jadi semakin bersemangat kerja. Namun sebaliknya, gaji yang tidak sesuai harapan bisa menghilangkan antusiasme seseorang untuk bekerja. Terlebih, jika workload mu melebihi jobdesc yang dijanjikan.

Kamu bisa mulai menolak pekerjaan yang sebenarnya bukan bagian dari tanggung jawabmu. Selain itu, cobalah berdiskusi dengan atasan mengenai kenaikan gaji yang bisa kamu dapatkan.

Tidak Ada Jenjang Karier yang Jelas

Setiap karyawan yang bekerja pastinya mengharapkan kenaikan jabatan seiring berjalannya waktu. Memiliki career path yang jelas merupakan nilai tambah bagi suatu perusahaan. Tidak hanya jabatan, kesempatan karyawan untuk mengembangkan dirinya di perusahaan juga bisa meningkatkan motivasi bekerja.

Namun, apabila sebuah perusahaan tidak memberikan kesempatan karyawan untuk berkembang dan memiliki jenjang karier yang baik, hal ini bisa menurunkan semangat karyawan untuk bekerja. Terlebih jika seseorang sudah bekerja bertahun-tahun lamanya dan tidak ada kemajuan yang didapatkan.

Jika mengalami hal demikian, kamu bisa berdiskusi dengan atasanmu untuk mendapatkan kesempatan berkembang seperti mengikuti pelatihan atau webinar. Selain itu, kamu juga bisa menentukan target pribadi dan mencapainya melalui platform self-development external yang saat ini sudah banyak dibuka. Seperti online courses, webinar, dan lain-lain.

Lalu…Bagaimana Cara Mengatasinya?

Demotivasi kerja bukan merupakan kondisi permanen dan tentunya bisa dihilangkan. Nah, untuk mengatasi kondisi tersebut, kamu bisa mulai dengan mengenali dirimu. Carilah hobi-hobi menyenangkan di luar pekerjaan yang bisa membantu meningkatkan moodmu jadi lebih baik.

Kamu juga bisa berdiskusi dengan atasanmu mengenai kondisi demotivasi yang sedang kamu alami. Ambilah cuti yang ada dan manfaatkan cuti tersebut untuk jalan-jalan, menghibur diri, dan kegiatan menyenangkan lainnya yang bisa membuat pikiranmu jadi lebih segar.

Yuk, atasi demotivasi kerjamu agar menjadi pribadi yang sukses dan bisa meraih karier impianmu!

Sumber:

The signs of demotivation & 10 ways to motivate your team.

Berikan Komentar

Your email address will not be published.