Blog post

Apa Ada Batas Umur untuk Berubah Karier?

07/06/2022Nadine K

Hi Klobers!

Anak muda seringkali khawatir tentang apakah karier yang mereka pilih tepat atau tidak. Meskipun memang ada pentingnya untuk mengambil langkah karier yang pintar sejak awal, cara pikir ini juga menjadi tekanan cukup besar pada kaum muda. Ini juga menghasilkan keyakinan yang salah bahwa semua pilihan yang kami buat di awal karier akan menentukan seluruh jenjang karier sampai akhir. Sebenarnya, berpindah jalur karier dapat terjadi berkali-kali dalam kehidupan seseorang dan tidak ada batasan usia untuk melakukan perpindahan ini. 

Jadi, ada alasan apa saja yang bisa membuat seseorang ingin beralih jalur kariernya di usia besar? 

Perubahan di Pasar Kerja

Teknologi terus berkembang dan ini sangat mempengaruhi permintaan pasar kerja. Beberapa pekerjaan yang dulunya sangat diminati kini berisiko menghilang atau ditiadakan. Jika kamu merasa pekerjaanmu saat ini sedang menurun minatnya, kamu bisa memanfaatkan ini sebagai kesempatan untuk mencari pilihan karier yang lebih tahan lama dan lebih stabil. Carilah pekerjaan dengan keamanan kerja (job security) yang tinggi untuk memastikan hal ini tidak akan terjadi kembali.

Perubahan Nilai-Nilai Pribadi

Seiring bertambahnya usia dan pengalaman, baik secara profesional maupun pribadi, kamu mungkin menemukan bahwa nilai-nilai pribadimu telah berubah. Dengan waktu, kamu mungkin menemukan bahwa kamu kini tertarik dengan industri yang sama sekali berbeda dengan industrimu sekarang. Jika ini terjadi, kamu bebas mencari opsi lain yang akan membantu kamu merasa lebih puas dan bahagia dengan pekerjaanmu.

Karier Sudah Mentok 

Setelah bertahun-tahun bekerja di industri yang sama, mungkin kamu sadari bahwa kamu telah berhasil mencapai semua yang ingin dicapai. Di sisi lain, kamu mungkin telah mencapai puncak kariermu tanpa kesempatan untuk berkembang lebih lanjut. Apapun itu, jika kamu merasa seperti tidak ada kesempatan untuk berkembang dan ingin mencari tantangan yang lebih besar, kamu dapat mempertimbangkan untuk membawa pengalaman dan keterampilanmu ke bidang atau pekerjaan yang baru. 

Memastikan Pikiran tetap Aktif

Mengubah karier akan membuat otak kamu tetap aktif dengan membawa tantangan baru. Jika kamu merasa seperti terjebak dalam autopilot di pekerjaan kamu sekarang, mungkin inilah saatnya untuk mengubah keadaan dan mengambil beberapa jenis proyek baru di pekerjaan yang berbeda. Ini bisa menjadi awal baru yang menyegarkan dan menyalakan kembali motivasimu, membuat kamu lebih produktif dan puas. 

Kamu tidak akan pernah terlalu tua untuk mencoba sesuatu yang baru, ini termasuk berpindah jalur karier. Jika kamu merasa cukup kuat bahwa kamu membutuhkan perubahan, pertimbangkan pro dan kontranya dengan teliti tetapi jangan takut akan perubahan. Banyak anak muda memulai karier mereka tidak yakin dengan apa yang benar-benar ingin mereka lakukan. Gunakan waktumu untuk mencari tahu apa itu yang kamu inginkan dalam berkarier dan saat kamu menemukannya pastikan untuk mengejarnya. Semoga sukses, Klobbers!

 

sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.