Blog post

5 Hobi yang Meningkatkan Produktivitas

07/06/2022Nadine K

Hi Klobbers!

Ada kesalahpahaman umum bahwa semakin tua umurmu, semakin sedikit waktu yang kamu perlu keluarkan untuk hobimu. Sebenarnya, hobi sama pentingnya bagi orang dewasa yang bekerja dan juga anak muda. Pernahkah kamu mengalami wawancara kerja di mana rekruter menanyakan apa hobi kamu? Hobi bisa menjadi cara yang baik bagi para rekruter melihat apakah kandidat memiliki kehidupan aktif di luar pekerjaan. Dari pertanyaan ini, rekruter dapat melihat minat, skill perencanaan, dan bahkan tujuan pribadimu.

Jika membaca ini membuatmu khawatir karena merasa tidak punya hobi, jangan panik. Banyak orang dewasa sudah melepaskan hobi-hobi masa kecil mereka karena kurangnya waktu dan energi. Maka, berikut adalah daftar 5 hobi yang mungkin kamu bisa coba yang dapat meningkatkan produktivitas, kesejahteraan, dan mengesankan rekruter:

Memasak

Selain sebagai hobi yang menyenagkan, memasak juga merupakan keterampilan hidup yang penting. Memasak dapat melatih kamu dalam perencanaan, fokus, dan berkreasi sekaligus menghasilkan makanan lezat yang dapat kamu nikmati sendiri atau bagikan dengan orang lain. Selain itu, kemampuanmu yang berkembang kemudian dapat menghasilkan peluang bisnis baru

Olahraga

Olahraga tidak harus hanya berarti olahraga kompetitif tapi juga semua aktivitas yang membuat tubuh kamu bergerak. Tentunya termasuk jalan-jalan dan yoga. Selain manfaat fisik yang pasti akan dibawanya ke dalam hidup kamu, olahraga dapat membantu kamu dengan fokus, kerjasama, penyusunan strategi, dan disiplin. Tubuh dan gaya hidup yang sehat juga akan mengarah pada kehidupan yang lebih bahagia dan lebih terpenuhi.

Membaca & Menulis

Membaca tetap menjadi salah satu hobi paling populer di kalangan orang dewasa karena dapat dilakukan dengan mudah di waktu luang kapanpun, dimanapun. Baik itu memoar, artikel, atau novel fiksi, membaca membantu kamu memperoleh pengetahuan dengan cara yang mudah serta meningkatkan keterampilan linguistikmu. Keterampilan ini kemudian dapat digunakan untuk menulis karya kamu sendiri. Mulailah menulis novelmu, atau bahkan blog kecil tentang catatan hidupmu. Selain menjadi outlet kreatif yang bagus, hasil tulisanmu juga bisa memperkaya portfoliomu. 

Berkreasi Seni 

Memiliki outlet untuk kreativitas dan bereksperimen kreatif sangat penting untuk banyak hal. Wadah kreatif ini bisa berupa apa saja dari menulis yang sudah disebutkan sebelumnya, menggambar dan melukis, menjahit, bahkan hingga koreografi tari dan menulis lagu. Ada begitu banyak ajang kreatif yang berbeda untuk dicoba, dan jika kamu benar-benar mahir dalam salah satu dari mereka, itu dapat menjadi side-hustle (ataupun main-hustle) baru yang menguntungkan.

Traveling 

Traveling memang membutuhkan pengeluaran sedikit lebih tinggi dibandingkan hobi-hobi lain yang tercantum sebelumnya. Namun, ada banyak manfaat dari juga dalam traveling. Kamu dapat membenamkan diri dalam berbagai budaya yang berbeda dari budayamu sendiri dan belajar bersosialisasi dengan beragam orang. Hal ini dapat meningkatkan kepekaan budaya kamu serta pengetahuan umum. Traveling sebagai hobi dapat menunjukkan bahwa kamu tahu bagaimana merancang rencana, budgeting, dan senang keluar dari zona nyaman. 

Sebenarnya, semua macam hobi dapat membantu meningkatkan gaya hidup kamu selama kamu bisa meluangkan waktu dan usaha untuk menekuninya. Terutama, hobi memungkinkan kamu untuk mengekspresikan diri dengan cara yang menyenangkan dan kreatif untuk mengurangi stres serta mendapatkan keterampilan baru. Memiliki hobi yang kamu tekuni bahkan dapat membantumu menemukan peluang kerja. Jangan takut untuk mencoba sesuatu yang baru dan menemukan minat baru pada usia berapa pun. Siapa tahu, kamu mungkin menemukan beberapa bakat terpendam!

 

sumber

Berikan Komentar

Your email address will not be published.