Blog post

Intip Skill yang Diperlukan untuk Jadi Event Manager!

06/06/2022Arifa Dwiratri

Halo Klobbers! Menjadi bagian dari sebuah event besar mungkin merupakan mimpi bagi sebagian orang. Terlebih, jika event tersebut sukses besar dan memiliki kerja sama yang bai kantar anggota tim.

Kesuksesan sebuah event tidak luput dari peran penting seorang event manager. Layaknya sebuah kapal, dibutuhkan nahkoda yang hebat untuk memandu perjalanan kapal dalam melewati lautan dengan segala tantangannya. Sama hal nya dengan seorang event manager yang menahkodai keseluruhan acara agak bisa berjalan dengan lancar.

Pentingnya peran seorang event manager pastinya didukung oleh skill-skill yang mumpuni karena event manager perlu mengendalikan ‘semua tangan-tangannya’.

Nah, kira-kira skill penting apa saja sih yang dibutuhkan untuk menjadi seorang event planner? Yuk, simak penjelasan berikut!

Leadership Skill

Salah satu skill utama yang perlu dimiliki oleh seorang event manager adalah leadership. Seorang event manager harus bisa memimpin dan memandu kinerja setiap tim. Walaupun setiap tim memiliki tanggung jawab yang berbeda, namun area kerja tim saling berkesinambungan.

Itulah peran penting dari seorang event manager, mereka harus bisa mengkoordinasikan setiap area kerja tim agar acara bisa berjalan dengan lancar. Tanpa adanya panduan yang jelas dari event manager, maka kerja setiap tim akan berantakan, selayaknya kapal yang tersesat di lautan.

Management Skill

Tak kalah penting, management skill juga sangat dibutuhkan untuk menjadi seorang event manager. Management skill adalah kemampuan untuk mengorganisir dan mengelola pekerjaan serta tim. Untuk dapat mengorganisir dan mengelola, seorang event manager harus memiliki kemampuan konseptual.

Kemampuan ini digunakan untuk membuat strategi tim dan memecahkan permasalahan yang ada. Untuk mencapai kesuksesan sebuah acara besar, perlu adanya strategi yang baik antar tim dan kemampuan memecahkan masalah yang dihadapi saat membuat event.

Attention to Detail

Dilansir dari Ceraproduction, dalam perencanaan sebuah event, seorang event manager harus ahli dalam banyak hal, misalnya seperti memantau jalannya berbagai proses di dalamnya, vendor, dan menjaga hubungan dengan klien. Banyaknya aspek yang perlu diperhatikan membuat seorang event manager diharuskan memiliki skill attention to detail yang baik agar dapat memantau segala hal yang berhubungan dengan acara sehingga acara bisa berjalan dengan lancar.

Klobbers, itulah beberapa skill yang diperlukan untuk menjadi seorang event manager. Untuk kamu yang belum memiliki kemampuan tersebut, tetap semangat untuk berlatih ya dan jangan lupa selalu konsisten!  

Berikan Komentar

Your email address will not be published.