Blog post

5 Rekomendasi Virtual Team Building Activities

21/05/2022Karel Adiwardoyo

Hi Klobbers!
Untuk menciptakan lingkungan yang hangat dan juga kompak, aktivitas membangun tim virtual atau team building activities memang diperlukan. Dahulu kegiatan ini dilakukan secara offline. Namun sejak adanya pandemi, alternatif kerja secara jarak jauh telah menjadi hal yang umum di setiap perusahaan. Kegiatan virtual ini dilakukan dalam skala pertemuan besar sampai pertemuan antar individu. Dengan begitu kegiatan membangun relasi dan sinergi secara virtual sangat dibutuhkan.

Virtual team building activities bukan hanya dapat meningkatkan hubungan baik dalam pekerjaan, namun juga meningkatkan relasi personal setiap anggota. Mengenali setiap anggota tim secara utuh dapat meningkatkan kepedulian dan juga memudahkan penyelesaian masalah dalam tim. Berikut adalah 5 rekomendasi aktivitas tim virtual yang dapat memebangun kekompakan dan sinergi dalam sebuah tim virtual. 

1. Never Have I Ever

Never have I ever adalah permainan yang biasanya dilakukan dalam suasana yang santai. Dalam kegiatan ini, setiap anggota menunjukan lima jari untuk menandai kesempatan yang dimiliki selama mengikuti permainan ini. Setelah itu, setiap anggota akan bergiliran menceritakan sesuatu hal menarik yang tidak pernah dilakukan. Jika ada anggota lain yang pernah melakukan hal tersebut, ia harus menurunkan satu jari untuk menandakan bahwa kesempatannya semakin berkurang untuk tetap bermain. Setiap anggota akan terus bergantian bercerita hingga kesempatan temannya habis. Anggota yang kesempatannya berkurang dapat menceritakan pengalaman mereka. Agar permainannya tetap berada dalam lingkup yang positif, anggota boleh membagikan pengalaman berdasarkan tema yang diberikan seperti hobi, atau kegiatan kantor. Contohnya: “Saya tidak pernah menggunakan adobe photoshop untuk mengedit gambar.”

2. Show & Tell

Sebuah aktivitas yang sederhana dan juga populer, kegiatan ini dapat membantu anggota tim mengenal satu sama lain dengan lebih baik lagi. Dalam kegiatan ini, setiap anggota diminta untuk menunjukan suatu barang di rumah mereka yang paling disukai. Setelah itu, mereka perlu menceritakan latar belakang barang tersebut serta mengapa ia menyukai barang tersebut.

3. Virtual Chit-chat Mingguan

Kegiatan ini juga cukup sederhana. Tim virtual dipersilahkan untuk bertemu di ruangan virtual seminggu sekali atau dua minggu sekali untuk bertemu sapa. Pertemuan virtual ini dikhususkan untuk tidak membicarakan tentang pekerjaan. Setiap anggota bisa berbicara mengenai kehidupan mereka sehari-hari, rencana akhir pekan atau mengenai film yang mereka tonton. Dengan mengetahui dinamika kehidupan anggota tim, hubungan personal akan menjadi semakin lebih erat.

4. Virtual Tea or Coffee Meeting

Untuk melakukan bimbingan secara pribadi, setiap anggota juga perlu bertemu dengan leadernya. Nah, pertemuan virtual pribadi ini bisa dilakukan sambil minum teh, kopi, atau makan malam bersama. Kesempatan ini biasanya dapat digunakan member dan leader untuk mendiskusikan kesulitan dalam pekerjaan serta mengatur strategi ke depan. Berdasarkan Linkedin, kegiatan ini sebaiknya dilakukan di awal minggu. Namun ini tidak menutup kemungkinan untuk mengadakan meeting di waktu yang paling nyaman untuk kedua belah pihak.

5. Mengikuti Assessment Bersama

Dengan mengikuti assessment bersama, setiap anggota dapat mengenal satu sama lain. Bukan hanya itu, para anggota juga dapat membagikan hasil mereka kepada tim sehingga setiap orang mempunyai gambaran cara kerja setiap orang tersebut. Upaya ini bukan hanya dapat mengenal orang lebih dalam lagi, melainkan juga dapat meningkatkan efisiensi kerja tim karena setiap anggota mengerti satu sama lain. Di internet tersedia beberapa self assessment gratis. Salah satunya adalah Klob Meter. Dengan mengikuti Klob Meter setiap anggota tim virtual dapat mengenal minat kerja, kepribadian kerja, nilai kerja, serta gaya interaksi. Dengan demikian mereka bisa mengenal diri sendiri serta membagikan hasil dengan rekan-rekannya

Semoga kegiatan-kegiatan yang dipaparkan di atas dapat membantu tim virtualmu untuk menjadi semakin mengenal satu sama lain dan efisien sehingga dapat meningkatkan produktivitas pekerjaan. Ketahui juga cara membangun tim virtual yang solid pada artikel berikut ini. Semangat selalu Klobbers!

Berikan Komentar

Your email address will not be published.