Blog post

5 Pekerjaan yang Bisa Kamu Lakukan sambil Rebahan!

21/05/2022Kontributor Blog by Klob

Ditulis oleh: Azkia Himayatu Dini
(Klik untuk melihat Profil Klob)

Pada era digital ini media informasi berubah, begitu juga dengan jenis pekerjaan. Zaman dahulu pekerjaan yang biasa kita tahu seputar dengan pekerjaan kantoran, tenaga kesehatan, insinyur, pokoknya tidak jauh-jauh dari itu ya, klobbers. Namun, saat ini klobbers tahu nggak jenis pekerjaan semakin meluas seiring berkembangnya zaman dan teknologi. Terlebih lagi dengan tumbuhnya generasi-generasi baru di zaman sekarang. 

Di Indonesia, saat ini generasi Z menjadi populasi dengan jumlah terbesar. Sebagai generasi yang katanya punya hobi rebahan, rasanya ingin ya bisa punya pendapatan walau hanya rebahan aja. Nah, pas banget nih, kalau gitu klob.id mau beritahu jenis pekerjaan yang bisa dilakukan dirumah dan tentunya sambil rebahan. Yuk langsung aja kita intip!

Podcaster (Penyiar Podcast)

Menjadi penyiar podcast bisa dilakukan di rumah saja dengan bermodalkan perekam handphone untuk pemula. Bahkan kalian bisa hanya mengenakan piyama saja lohklobbers karena pekerjaan ini hanya mengandalkan audio saja sebagai mediumnya. Kalian bisa memiliki pendapatan dengan membuat rekaman audio berupa cerita sehari-hari atau konten ngobrol santai. 

Untuk menjadi podcaster kalian juga perlu memiliki keahlian membuat script dan membawakan dengan cara yang asik agar pendengar bisa mendapat perasaan yang sama. Bukan hanya dengan membuat konten melalui audio saja, kalian bahkan bisa mengembangkan podcast yang ada sehingga mendapatkan sponsor untuk setiap konten audio yang dibuat. Menarik bukan?

Copywriter (Penulis Copy)

Pekerjaan copywriter berkaitan dengan digital marketing. Copywriter adalah penulis yang menulis konten untuk mempromosikan suatu jasa atau produk tertentu. Untuk menjadi seorang penulis copy kalian hanya memerlukan laptop atau notes di handphone sebagai alat yang kalian gunakan untuk menulis. 

Selain modal rebahan, sebagai copywriter kalian juga harus memiliki keahlian dalam menulis persuasif agar pembaca dapat tergerak untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang kalian tawarkan. Selain itu, untuk menjadi copywriter juga kalian harus update tren terkini yang nantinya bisa membantu kalian untuk membuat draft copy jadi semakin menarik. Gimana? Berani buat mencobanya?

Content Writer (Penulis Konten)

Walaupun dekat dengan digital marketing, pekerjaan content writer berbeda dengan copywriter. Jika kalian ingin mencoba mendapatkan pendapatan sebagai content writer kalian perlu memiliki kemampuan menulis dan riset yang mumpuni. Kemampuan riset diperlukan untuk mencari tahu siapa pembaca kalian dan seperti apa konten yang mereka inginkan. Selain itu, juga harus memiliki kemampuan adaptasi yang baik, karena seorang content writer dibutuhkan untuk membuat konten tertentu yang biasanya memiliki tema berbeda-beda disesuaikan dengan platformnya, Klobbers

Untuk menjadi seorang content writer, skill lainnya seperti pengetahuan basic digital marketing juga penting, loh sobat Klobbers. Karena, biasanya perusahaan atau user yang menggunakan jasa content writer tujuannya adalah untuk meningkatkan performa platform yang mereka punya. Jadi, kemampuan di bidang digital marketing seperti SEO, Email ads dan lainnya juga jangan lupa diasah ya dari sekarang. Nah, untuk memiliki pendapatan sebagai content writer bisa dilakukan melalui pekerjaan tetap di perusahaan tertentu atau menjadi freelance content writer untuk website tertentu, Klobbers. Cocok banget kan buat generasi Z yang punya hobi rebahan?

Influencer

Selain rebahan, kalian punya hobi pakai produk dan posting di scocial media? Jangan hanya untuk pamer saja. Kalian bisa dapat pendapatan dengan mulai review produk-produk itu loh sobat Klobbers. Dengan memanfaatkan followers yang kalian punya asalkan tidak beli followers yaa, kalian bisa banget buat konten tertentu dengan tujuan mempengaruhi followers kalian untuk ikut memakai produk ataupun mencoba jasa tertentu. Pendapatan yang kalian dapatkan nantinya melalui endorse, affiliate marketing dan masih banyak lagi. Bahkan jika kalian sudah mencapai tingkat popularitas yang tinggi bisa dijadikan sebagai Brand Ambassador ataupun Guest Speaker, loh sobat Klobbers. Gimana, kalian tertarik?

Freelance Design Graphic (Desain Grafis Lepas)

Design Graphics  berkaitan dengan sebuah karya kreativitas, nih sobat Klobbers. Untuk kalian generasi Z yang hobinya rebahan tapi punya passion di bidang mengambar, melukis atau penciptaan karya berupa desain lainnya bisa banget mencoba jadi freelance design graphics . Selain passion tadi, tools basic seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Corel Draw, Vectr dan Canva perlu kalian kuasi jika ingin menjadi freelance design graphis, sobat Klobbers

Untuk bisa dapetin pendapatan dari pekerjaan ini, kalian bisa jual hasil karya melalui platform seperti KaryaKarsa, Design by Humans dan Redubble atau akses website freelance Sribulancer.com, Freelancer Indonesia, Fiverr, dan Projects.co.id untuk mendapatkan job online pembuatan design tertentu. Untuk satu desain kalian bisa menjual mulai dari harga Rp. 250.000, loh sobat Klobbers. Gimana, lumayan kan keuntungannya?

Nah, itu dia 5 pekerjaan yang bisa sobat Klobbers khususnya Generasi Z coba jika punya hobi rebahan tapi mau ada pendapatan. Di era digital saat ini, apapun bisa kalian coba dan sebenarnya tidak ada salahnya mencoba hal baru. Pastinya semua akan bisa menghasilkan asalkan kita tekun dan konsisten ya. Jangan patah semangat dan selamat mencoba sobat Klobbers!

Berikan Komentar

Your email address will not be published.