Blog post

Apa Saja Pro dan Kontra Program Management Trainee?

12/05/2022Nadine K

Bagi para pencari kerja, terutama fresh graduates dan first jobbers, istilah Management Trainee atau MT sudah tidak asing. Management trainee adalah salah satu program rekrutmen oleh para perusahaan yang sangat diminati kaum anak muda. Yang membedakan program ini dari program rekrutmen biasa adalah pelatihan dan pendidikan yang tersedia khusus untuk menyiapkan para trainee supaya dapat menempatkan posisi-posisi manajerial. 

Durasi program MT tergantung kebijakan masing-masing perusahaan, tapi rata-rata pelatihannya berlangsung sekitar 1-2 tahun. Para lulusan management trainee biasanya dibekali pengalaman kerja dari keseluruhan unit bisnis di perusahaan serta pengetahuan soal proses bisnis, perencanaan, dan manajemen. Gampang dimengerti kenapa minat para fresh graduates untuk masuk program MT sangat besar. Tapi apakah program MT cocok untuk semua orang? Mari kita lihat pro dan kontranya!

PRO

Membuka banyak peluang belajar

Trainee yang berhasil lulus proses rekrutmen MT akan diberikan tugas-tugas yang membuka banyak peluang belajar bagi mereka. Belajar langsung dari praktik mengakibatkan cepatnya bangun pengalaman dalam para trainee, ditambah lagi mentorship dari para atasannya langsung. Pelatihan dan pendidikan yang disiapkan untuk para MT cukup luas dan mencakup semua aspek manajerial dan perbisnisan. Tapi bukan hanya sebatas observasi saja, para MT juga diberi kesempatan untuk kerja praktek di berbagai bidang bisnis perusahaan untuk membangun pengalaman. 

Jenjang Karier yang Jelas

Dari hari pertama program MT, para trainee sudah bisa dengan gampang membayangi perjalanan karier mereka serta jangka waktu masing-masing tahap. Selain gambaran yang sudah diuraikan di program, mereka juga dapat melihat contoh nyatanya dari para atasan mereka yang juga lulusan program MT. Ketersediaan jenjang karier yang cukup jelas juga akan mengurangi rasa kecemasan soal karier dan masa depan yang dialami banyak pekerja muda. 

Pengalaman Kerja Komprehensif 

Tugas-tugas dan pelatihan yang disiapkan untuk para MT memberi mereka kesempatan untuk mencoba bekerja praktik di masing masing bidang operasional bisnis, hingga dapat menemukan posisi yang paling cocok untuk mereka.

Pelatihan yang didapatkan dari program ini dapat, antara lain, melatih skill kepimpinan, memperluas networking, dan melatih jiwa kompetitif. Selain itu, program MT membekalimu dengan semua soft-skill dan hard-skill yang kamu perlu untuk sukses dalam karier. 

KONTRA

Proses Rekrutmen yang Kompetitif dan Lama

Melamar kerja dengan proses biasa pun sudah diketahui dapat menghabiskan banyak waktu dan energi, demikian juga dengan proses rekrutmen MT. Proses seleksi MT cukup panjang dan bertahap-tahap, bahkan bisa memakan waktu selama 2-7 bulan. 

Jangan lupa, proses ini juga cukup kompetitif karena besarnya minat para pencari kerja muda dengan posisi-posisi MT. Oleh karena itu, perusahaan akan lebih selektif dan memiliki ekspektasi sangat tinggi pada para kandidat yang melamar. 

Kontrak yang Mengikat

Kontrak kerja bagi para kandidat yang telah diterima sebagai MT cukup mengikat. Biasanya kontrak ini berlaku untuk 6 bulan hingga 2 tahun atau lebih tergantung perusahaanya. Di jangka waktu ini para trainee harus menunjukan komitmen mereka kepada program dan susah sekali proses untuk para trainee yang berubah pikiran. Seringkali ijazah trainee ditahan oleh perusahaan selama masa aktif kontrak, dan juga bisa ada biaya penalti cukup tinggi bagi mereka yang keluar di tengah program. Jadi pastikan, sebelum mengirim lamaran dan menghabiskan waktu dalam proses rekrutmen, bahwa program MT adalah benar-benar yang kamu inginkan

Beban Kerja yang Cukup Berat

Ekspektasi perusahaan bagi para MT cukup besar, oleh karena itu, tugas yang diberikan juga cenderung berat. Beda dengan intern yang kebanyakan observasi dan mengikuti instruksi saja, para MT diharapkan bisa inisiatif dan menangani projek-projek lebih kompleks baik dengan tim atau sendiri. 

Seringkali, MT di perusahaan-perusahaan besar seperti FMCG dapat penempatan tugas di salah satu cabang kantor daerah untuk membangun pengalaman. Penempatan ini bisa terhitung berat tergantung daerah penempatannya dan juga kepribadian trainee yang ditugaskan. Program Management Trainee biasanya diharapkan menghasilkan para pemimpin perusahaan masa depan, jadi pastinya tugas yang diberikan akan merefleksikan ekspektasi itu.

Pastinya semua pekerjaan memilik pro dan kontra masing-masing. Program MT adalah kesempatan bagus bagi para pencari kerja muda untuk membangun pengalaman dan mulai membangun karier. Setiap tahunnya, peminat program-program MT bertambah dan makin banyak juga peluang yang terbuka. Namun, tidak semua orang cocok untuk program MT. Sebelum melamar, pastikan kamu sudah melakukan riset terhadap program yang kamu minati dan siap menghadapi semua tugas yang akan datang jika lulus seleksi. Good luck, Klobbers! 

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published.