Blog post

4 Soft Skills Penting yang Tidak Diajarkan di Sekolah

29/04/2022Karel Adiwardoyo

Hi Klobbers!

Secara umum sekolah dipandang baik jika dapat memadai kesuksesan akademik murid-muridnya. Kompetensi secara akademik memang dapat mempengaruhi kesuksesan, namun hal ini tidaklah cukup dalam membekali kehidupan sepenuhnya.

Sekolah mempunyai batasan dalam mengajarkan keterampilan-ketrampilan yang dapat membantu proses pendewasaan serta mempersiapkan murid untuk masuk dunia kerja di masa depan.

Saat ini, sekolah juga mulai menerapkan sistem digital dimana kelas dialihkan secara online. Dengan berkembangya teknologi, computer science menjadi sorotan dunia edukasi internasional. Namun, menurut Forbes, ada hal lain yang lebih penting untuk diajarkan di sekolah.

Berdasarkan sebuah laporan, keterampilan penting dalam hidup seperti rasa percaya diri, motivasi, ketahanan dan komunikasi sangat berkaitan dengan kesuksesan akademis serta kecocokan di tempat kerja. Ini menunjukkan bahwa ada faktor penting lain yang bisa mempengaruhi kesuksesan secara keseluruhan. Hal-hal tersebut mencakup beberapa soft skills yang bisa membantumu menjadi pribadi yang sukses.

Berikut adalah empat soft skills penting yang tidak diajarkan di sekolah:

1. Karakter

Pembelajaran sekolah biasanya lebih mementingkan perkembangan kognitif. Oleh karena itu, perkembangan karakter menjadi terlalaikan. Padahal kemampuan seperti growth mindset, grit, serta kesadaran diri sangat menentukan bagaimana sikapmu saat masuk dunia kerja. Saat bekerja kamu akan menghadapi permasalahan dan juga tekanan. Jika kamu tidak mengenal karaktermu, maka kana lebih sulit bagimu untuk berkembang atau menentukan tempat kerja yang cocok.

2. Hubungan Intrapersonal

Rasa kepercayaan pada orang lain dapat meningkatkan kesuksesan saat bekerja sama. Kepercayaan dapat dibangun melalui hubungan intrapersonal. Sekolah tidak mengajarkan membangun hubungan antara mitra bisnis, keluarga, atau teman. Ini akan berguna bukan hanya untuk pekerjaan tapi kehidupan saat dewasa. Suatu saat, kamu akan bekerja sama dengan orang dengan berbagai macam sifat dan latar belakang. Jika kamu tidak dapat berkomunikasi atau menjalin hubungan dengan baik, kamu akan lebih sulit menyelesaikan masalah bersama. Mengenali pribadi diri serta orang lain dapat membuat komunikasi menjadi lebih efektif.

3. Keterampilan Sehari-hari

Kemampuan yang terlihat sederhana seperti menggunakan transportasi umum, memasak, mengendarai kendaraan, mengganti ban motor atau mobil adalah hal biasa terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Walaupun hal-hal ini tidak dipelajari di sekolah, jika tidak diperhatikan, kegiatanmu sehari-hari dapat menjadi terhambat. Bayangkan jika kamu tidak dapat memasak saat kamu perlu hidup mandiri, atau ketika kamu tidak bisa mengganti ban ketika bocor. Proses penyelesaian hal-hal sepele bisa berlangsung lebih lama. Hal-hal yang tampaknya kecil seperti ini bisa menentukan keseharianmu. Bukan berarti kamu harus menguasai seluruh keterampilan sederhana, namun paling tidak kamu punya pengetahuan untuk melakukan keterampilan-ketrampilan tersebut.

4. Literasi Keuangan

Kemampuanmu mengatur keuangan, sangat dibutuhkan untuk menopang diri sendiri serta keluarga. Jika tanggung jawab keuangan terlalaikan, maka kesejahteraan finansial tidak akan bertahan lama. Hal sederhana seperti mengetahui tarif pajak serta bagaimana cara membayarnya bukanlah sesuatu yang umum diajarkan di sekolah. Selain persiapan keuangan jangka panjang seperti menabung. Selain itu, investasi juga dapat menjadi pertimbangan agar keuanganmu optimal di masa depan. Kebanyakan orang tidak peduli terhadap apa yang mereka investasikan. Menabung memang bukan menjadi hal mendesak, namun pengaruhnya sangat besar untuk keuanganmu di masa depan. 

Konklusi

Walaupun kompetensi akademik adalah hal yang baik, hal bukan penentu utama kesuksesan. Faktor-faktor seperti pembentukan karakter serta pengetahuan umum juga perlu diseimbangkan. Agar kamu bisa berkembang untuk menjadi pribadi yang sukses serta bisa beradaptasi dalam kehidupan sehari-hari, jangan lalaikan soft skills di atas. Jika kamu belum mengenali karakter diri, Klob juga menyediakan alat tes psikometri di Klob Meter! Lakukan self assessment yang telah disediakan seperti kepribadian kerja, gaya interaksi, serta growth mindset untuk mengetahui kapasitasmu. Yuk kenali pribadimu dan kembangkan diri agar menjadi semakin sukses. Semangat selalu Klobbers!

Berikan Komentar

Your email address will not be published.