Blog post

Perbedaan Antara Tabungan, Reksa Dana, dan Saham

28/04/2022Nadine K

Banyak diantara kita sudah mencapai umur dimana harus bertanggung jawab atas keuangan kita sendiri. Dari budgeting, asuransi, dan tabung menabung, sebenarnya banyak sekali yang perlu dipelajari sekitar finansial pribadi. Dengan banyaknya yang perlu dipertimbangkan dan tagihan yang perlu dibayar, terkadang gaji saja tidak menutupi semua keperluan. Oleh karena itu, banyak anak muda sudah mulai berinvestasi. Yuk kenali berbagai cara kamu bisa mengelola keuangan.

 

TABUNGAN

Tabungan adalah simpanan uang yang berasal dari pendapatan. Tabunganmu adalah jumlah pendapatan yang tidak digunakan untuk membayar tagihan atau keperluan sehari-hari lainnya. Uang ini dapat diambil dan digunakan kapan saja berdasarkan keperluanmu dan mempunyai resiko sangat minim. Ada banyak bentuk tabungan dari tabungan biasa sampai dengan tabungan dengan tujuan spesifik (seperti tabungan Haji, tabungan anak, dll.). Masing-masing bentuk tabungan ini mempunyai persentase bunga berbeda. Namun, secara besar, tabungan konvensional berbunga kurang lebih 0%-2% per tahun.

 

REKSADANA

Reksadana adalah jenis investasi yang dirancang sebagai sarana untuk menghimpun dana dari masyarakat yang memiliki modal, mempunyai keinginan untuk melakukan investasi, namun hanya memiliki waktu dan pengetahuan terbatas. Dalam reksadana, investor menitipkan uangnya kepada manajer investasi yang kemudian akan mengelola dana agar mendatangkan keuntungan (return). Investasi reksadana dihitung terjangkau karena bisa dibeli dengan harga minimal dan resikonya juga minimal karena adanya Manajer Investasi. Bunga yang dapat dicapai dari investasi reksadana bisa melebihi 7% per tahun. 

 

INVESTASI 

Investasi saham adalah kegiatan penanaman modal ke dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas. Saat kamu membeli saham atau menanamkan modal di suatu perusahaan, maka kamu menjadi pemilik sebagian dari perusahaan tersebut. Dengan memiliki sebagian dari suatu perusahaan, maka kamu juga memiliki klaim atas pendapatan perusahaan, aset perusahaan, dan berhak hadir dalam kegiatan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Jenis investasi ini menawarkan return paling tinggi namun, juga memiliki tingkat risiko kerugian yang paling tinggi. Untuk kamu yang tertarik investasi saham, ada juga keperluan untuk benar-benar mengamati dan memiliki pengetahuan lebih besar soal pasar saham. 

 

Untuk teman-teman yang ingin mulai berinvestasi tetapi masih was-was soal resiko investasi saham, yuk pelajari lebih dalam soal reksadana. Dengan bunga yang lebih tinggi daripada tabungan dan resiko yang lebih rendah daripada investasi saham, reksadana adalah pilihan perantara yang bagus untukmu. 

Sumber:

https://www.akseleran.co.id/blog/pengertian-tabungan/

https://pintek.id/blog/investasi-saham/

https://xdana.com/artikel/investasi-reksadana-dan-tabungan-di-bank-mana-yang-lebih-untung/

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published.