Blog post

Ingin Switch Career? Berikut Langkah-langkahnya!

24/04/2022Kontributor Blog by Klob

Ditulis oleh: Kiki Nurma Fitriani
(Klik untuk melihat Profil Klob)

Belakangan ini marak sekali para pekerja yang berniat untuk pindah jalur karir. Mereka yang memiliki keinginan pindah jalur karir atau biasa disebut switch career adalah orang-orang yang sudah merasa jenuh dengan pekerjaan yang dijalani saat ini.

Bukan tanpa alasan mereka ingin pindah jalur, biasanya alasan utama adalah tidak adanya perkembangan dalam karir mereka saat ini, work life balance dan ingin mendapatkan pengalaman, suasana serta tantangan baru dalam pekerjaan.

Perpindahan jalur karir memanglah lumrah terjadi di dunia kerja. Karena kita sebagai manusia tidak pernah berhenti berproses dalam mengenal diri sendiri dan menemukan apa yang benar-benar kita sukai. Jika kamu adalah salah satu orang yang ingin melakukan perpindahan jalur karir. Tenang kamu bisa melakukan beberapa Langkah berikut untuk pindah jalur karir.

Tambah Skill Section Mu

Jika kamu ingin bekerja di posisi yang berbeda dengan posisimu saat ini, kamu harus menambah skill section mu seperti hard skill maupun soft skill. Hard skill dan soft skill yang kamu miliki sangatlah penting, karena untuk memulai pekerjaan di posisi yang baru, kamu harus tahu dulu skill apa saja yang dibutuhkan di posisi tersebut.

Keinginan Untuk Belajar

Sangatlah penting untuk mempelajari tentang posisi baru yang kamu inginkan. Mempelajari tentang posis yang kamu inginkan sangatlah menyenangkan. Selain mendapat ilmu yang sudah lama kamu inginkan, kamu juga bisa memperluas network kamu. Kamu tidak perlu khawatir mencari kelas-kelas pelatihan offline, karena di era digital saat ini dan di masa pandemi seperti ini, sudah banyak platform pelatihan kerja online. Kamu bisa mengikuti kelas-kelas pelatihan online yang ada di platform tersebut sesuai dengan posisi yang kamu inginkan.

Kenali Dirimu Terlebih Dahulu

Sebelum kamu memutuskan untuk mempelajari satu posisi tertentu, alangkah baiknya untuk mengenali dirimu terlebih dahulu. Apa yang kamu sukai, pekerjaan seperti apa yang kamu sukai, dan di bidang apa kamu ingin memulainya. Dengan mengetahui hal tersebut kamu jadi lebih kenal dengan dirimu sendiri serta kamu dapat memulai untuk mempelajari tentang pekerjaan yang benar-benar kamu inginkan.

Bersabar

Proses mencari kerja yang sesuai dengan keinginan kita sangatlah tidak mudah. Karena biasanya penawaran kerja yang kita terima tergantung dari lama kita bekerja di posisi tersebut, serta membutuhkan proses seleksi yang lama. Tidak banyak orang yang melamar pekerjaan mendapatkan proses seleksi yang singkat. Kamu harus bersabar untuk melewati proses tersebut, apalagi di bidang yang sesuai dengan yang kamu inginkan. Karena kamu bersaing dengan orang-orang yang sudah profesional dalam bidang tersebut.

Nah itu tadi beberapa Langkah-langkah yang bisa kamu persiapkan untuk switch career. Jika kamu belum memiliki pengalaman di bidang yang kamu sukai dan inginkan. Kamu bisa memulainya dengan bekerja menjadi freelance terlebih dahulu. Dengan menjadi freelance kamu bisa langsung tahu, apa saja yang harus kamu lakukan dan bagaimana cara kerja yang baik serta kamu bisa mencoba skill yang kamu miliki.

Jika kamu sudah yakin dengan posisi tersebut dan memiliki pengalaman, kamu bisa mulai dengan mengupdate CV kamu untuk melamar pekerjaan di posisi tersebut. Kamu bisa menggunakan format kombinasi yang memiliki dua poin penting, yaitu meliputi keterampilan atau skill yang relevan untuk membedakan kamu dengan kandidat lain serta menampilkan Riwayat pekerjaanmu dari yang terakhir. Dengan mengkombinasikan format ini kamu bisa menjawab tantangan dalam pergantian karir.

Jangan lupa buat portofolio mu untuk menjadi pelengkap CV, karena beberapa posisi memerlukan portofolio hasil kerja untuk menjadi bahan pertimbangan para recruiter. Jangan lupa juga untuk melampirkan sertifikat dari pelatihan atau kursus yang pernah kamu jalani di dalam CV pergantian karir. Sertifikat tersebut secara tidak langsung menunjukan kepada recruiter jika kamu memiliki skill yang dibutuhkan untuk di posisi tersebut walaupun kamu belum memiliki pengalaman yang lama.

Berikan Komentar

Your email address will not be published.