Blog post

Mengenal Lebih Jauh tentang Mind Mapping

16/04/2022Arifa Dwiratri

Halo Klobbers! Memasuki dunia kerja, rasanya sering dibutuhkan skill-skill tertentu demi menunjang pekerjaan. Problem solving, creative thinking, dan concepting menjadi beberapa contoh skill yang sangat dibutuhkan dalam memecahkan masalah.

Tak hanya itu, di dunia kerja, kamu juga akan dituntut untuk menyerap ilmu dan pengalaman baru yang bisa kamu implementasikan nantinya di pekerjaanmu.

Mempelajari ilmu baru dan melatih skill-skill tersebut rupanya bukan sebuah hal yang mudah. Untuk itu, kamu perlu memiliki metode belajar tersendiri yang bisa memudahkanmu untuk upgrade dirimu. Membuat mind map salah satunya.

Pengertian

Dilansir dari Business.com, Mind Mapping adalah sebuah teknik untuk mempelajari ilmu-ilmu baru yang menggunakan paduan dari otak kanan dan otak kiri. Kamu bisa mencatat informasi-informasi baru menggunakan bagan-bagan yang bisa kamu tambahkan dengan visual, seperti gambar dan warna.

Mind mapping umumnya digunakan oleh siswa untuk belajar. Namun, di dunia profesional, mind mapping bisa digunakan untuk membuat konsep, planning, dan brainstorming. Setelah menentukan tema besar, mind mapping dapat membantu menguraikan dan memetakan rincian dari tema besar yang sudah kamu tentukan. Dilansir dari Glints, tujuan utama dari mind mapping sendiri adalah agar siapapun yang menggunakan metode ini dapat memahami materi secara menyeluruh, bukan sebagai hafalan saja.

Manfaat Mind Mapping

Dengan melibatkan otak kanan dan otak kiri saat membuat mind map, hal ini bisa membantumu untuk lebih mudah memahami dan mengingat materi yang sudah kamu buat. Metode pembuatan mind map yang menyenangkan bisa membuat otakmu bekerja untuk menghubungkan pengetahuan yang baru kamu dapatkan dengan pengetahuan lama yang sudah tersimpan di dalam otak.

Dengan menghasilkan meaningful engagement ketika membuat mind map, maka kamu akan lebih memahami keseluruhan konsep karena kamu juga terlibat untuk brainstorming, menentukan tema, dan memetakan setiap sub-tema ke dalam mind map. Hal ini lah yang membuatmu lebih paham secara keseluruhan.

Penggunaan mind mapping bisa membantumu untuk mengatur ide-ide yang kompleks menjadi lebih sederhana. Di era digital ini pun sudah banyak software-software yang bisa kamu gunakan untuk membuat mind map.

Dengan begitu, kamu akan bisa lebih mudah menyampaikan materi-materi kepada klien, mempresentasikan konsep pekerjaanmu kepada atasanmu, atau pun membuat planning-planning pekerjaan untuk beberapa bulan kedepan. Metode ini bisa kamu gunakan nih Klobbers, untuk mempermudahmu dalam belajar dan bekerja!

Berikan Komentar

Your email address will not be published.