Blog post

Tidak Percaya Diri dalam Bekerja? Berikut 3 Tipsnya!

12/04/2022Kontributor Blog by Klob

Ditulis oleh: Servasia Petra
(Klik untuk melihat Profil Klob)

Klobbers, pernahkah merasa minder atau tidak percaya diri di lingkungan kerja?

Misalnya saja, minder karena merasa belum sepenuhnya memiliki kemampuan yang diperlukan dalam bekerja, merasa masih “junior” di antara rekan kerja lainnya, atau merasa akan melakukan kesalahan dan tidak bisa memberikan yang terbaik? 

Sebenarnya, wajar saja, lho, memiliki perasaan-perasaan tersebut, apalagi jika kita adalah fresh graduate yang mungkin belum pernah memiliki pengalaman bekerja sebagai full-time employee sebelumnya. Namun, perasaan minder atau tidak percaya diri yang terus menerus pastinya akan memengaruhi performance kerja kita depannya. Lantas, apa yang sebaiknya dilakukan, ya? 

Sebelum membahas hal tersebut lebih lanjut, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa yang sebenarnya dimaksud dengan “rasa percaya diri”. 

Dalam artikel yang ditulis oleh Jeanna Smiley dalam laman verywellhealth.com, self-confidence merupakan keyakinan atau kepercayaan seseorang atas kemampuan dirinya sendiri dalam menjalankan peran atau menghadapi tantangan yang diberikan kepadanya . 

Ada beberapa hal yang dapat memengaruhi rasa percaya diri seseorang, misalnya saja pengalaman gagal di masa lalu atau perasaan kecewa karena tidak berhasil mencapai tujuannya. Pengalaman-pengalaman inilah yang dapat membuat seseorang menjadi ragu dan khawatir dalam mencoba hal baru atau tantangan lainnya di kemudian hari.

Nah, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri kita, misalnya saja:

Memahami Kelebihan dan Kekurangan dalam Diri Kita

Setiap manusia pastinya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dengan memahami apa yang menjadi kelebihan, entah itu karena kemampuan, skill khusus, atau bakat lainnya, seseorang dapat memahami apa yang benar-benar menjadi kekuatan dirinya. Selain itu, seseorang juga dapat mengetahui hal-hal yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan dengan memahami apa yang menjadi kelemahannya. Hal ini tentunya dapat membantu kita dalam menjalankan peran di lingkungan kerja.  

Yuk, Menerima dan Mengasihi Diri Sendiri!

Masih berhubungan dengan aspek sebelumnya, menerima diri sendiri adalah langkah awal yang baik untuk mengembangkan kemampuan yang kita miliki. Terkadang, membandingkan diri sendiri dengan orang lain adalah hal yang tidak dapat kita hindari. Nah, hal ini jugalah yang dapat mempengaruhi rasa percaya diri seseorang. Jangan lupa untuk memberikan afirmasi dan pesan positif kepada dirimu sendiri, ya!

Tetapkan Tujuan dan Apresiasi Setiap Pencapaian

Kita dapat mengembangkan rasa percaya diri dengan membuat target atau tujuan yang ingin kita capai. Hal ini dapat dimulai dari hal-hal yang paling sederhana sekalipun. Misalnya saja, mempelajari pengetahuan baru yang dibutuhkan di tempat kerja, berani terlibat dalam project yang akan mengasah skill-mu, atau berhasil menyelesaikan pekerjaan sebelum deadline yang telah ditentukan. Tidak sedikit diantara kita yang mungkin menganggap remeh pencapaian-pencapaian ini. Namun, setiap perubahan kecil adalah langkah awal yang baik untuk perubahan-perubahan lainnya. Jangan lupa untuk memberikan apresiasi kepada dirimu sendiri setelah berhasil mencapai target yang ingin kamu capai. 

Klobbers, itu tadi adalah beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri. Menjalin komunikasi dan bersikap terbuka terhadap saran dari rekan kerja juga menjadi hal yang dapat mengembangkan diri kita. Selain itu, jangan ragu untuk meminta bantuan dari atasan atau mentor di tempat kita bekerja jika mengalami kesulitan.

Dengan memiliki rasa percaya diri, kita akan lebih terlibat dalam menjalankan peran di tempat kerja dan memotivasi diri untuk melakukan hal yang lebih baik lagi kedepannya. 

Semoga artikel kali ini bermanfaat, ya! 

Sources:

Smiley, Jeanna. 2021. How to Build Self-Confidence. Diakses dari https://www.verywellhealth.com/how-to-build-self-confidence-5209231

Staff, Former. 2013. 10 Ways To Be More Confident At Work. Diakses dari https://www.forbes.com/sites/jacquelynsmith/2013/03/05/10-ways-to-be-more-confident-at-work/?sh=5a4a641fd417

Berikan Komentar

Your email address will not be published.