Blog post

Ingin Hobimu Menjadi Karier? Ini Beberapa Tipsnya!

10/04/2022Gregorius Yudhistira

Hi Klobbers!

Setiap orang pastinya memiliki hobi dan kesenangan, termasuk kamu. Tapi ingin gak sih, bisa membangun karier yang didasari dari hobimu? Tidak menutup kemungkinan hobi yang kamu miliki bisa dikembangkan menjadi karier. Baik kamu bekerja dalam pekerjaan yang sesuai hobi atau passionmu, atau membangun kariermu sendiri dan menjadi self-employed. Menarik ya kedengarannya? Yuk, kita intip tips membangun hobimu sebagai karier!

Kenali Potensimu

Sebelum memulai karier yang sesuai dengan hobi, selain kamu harus mengenali hobimu, kamu juga harus mengenali potensi yang kamu miliki. Agar kamu bisa sukses dalam kariermu nanti, kamu harus tahu apa yang kamu kuasai dan apa yang tidak. Terkadang, apa yang kamu sukai dan apa yang dkamu kuasai bisa merupakan dua hal yang berbeda. Jika kamu tidak menguasai hal yang kamu senangi, ada baiknya kamu mempertimbangkan lebih lanjut atau mencoba belajar lebih dalam. Lalu bagaimana cara kamu mengenali potensimu? Kamu bisa lho mengakses Klobmeter di situs Klob untuk membantu kamu mengenali potensi yang kamu miliki!

Selain potensi diri, tidak ada salahnya kamu mempelajari potensi pasar. Dengan demikian, kariermu yang berawal dari hobi tersebut bisa memenuhi kebutuhan orang. Setelah itu kamu bisa mempertimbangkan lagi, apakah karier tersebut memenuhi kebutuhan yang lebih publik atau kebutuhan niche market.

Berani Memulai

Terkadang saat kamu sudah mengenali hobi dan potensimu, dan memiliki ide untuk menjalankannya, kamu tidak berani untuk memulainya. Banyaknya hal yang perlu dipertimbangkan kadang memunculkan berbagai macam pikiran dan keraguan yang mendominasi.

Namun, jika kamu sudah mempertimbangkan dan menimbang semua hal dan menurutmu hal tersebut masuk akal, tidak salahnya untuk memulai. Tapi jangan lupa untuk melakukan research sebanyak-banyaknya terlebih dahulu. Saat kamu memulai juga kamu harus berani untuk berkomitmen. Jangan lupa juga untuk memikirkan langkah jangka panjang yang akan kita bahas di bagian berikutnya.

Pikirkan Langkah Ke Depan

Saat kamu sudah bertekad dan membuat hobimu sebagai karier, jangan lupa untuk memikirkan langkah ke depannya juga. Kamu harus memastikan bahwa karier yang berasal dari hobimu harus berjangka panjang. Kamu bisa memulai dengan mempelajari apa yang kamu butuhkan untuk mengembangkan karier dari hobi yang kamu pilih. Kamu juga harus memikirkan beberapa hal seperti ciri khas atau personal branding dari kariermu, karena bisa saja kariermu bukanlah satu-satunya yang berasal dari hobi yang sama. Kamu bisa mulai ini semua dengan membuat to-do-list dalam untuk megembangkan kariermu.

Selain itu, dalam membangun karier berdasarkan hobi, kamu juga harus memikirkan segi keuangannya. Apakah modal yang kamu miliki cukup untuk jangka panjang? Apabila kamu mendapatkan pemasukkan dari karier tersebut, apa langkah ke depannya? Aan lebih aman juga bagimu untuk memiliki dana cadangan. Dengan ini kamu bisa memastikan paling tidak kariermu yang dimulai dari hobi ini bisa survive sebelum akhirnya berkembang. Kamu juga bisa mempertimbangkan untuk melakukan investasi sampingan sebagai backup plan dari kariermu, atau melakukan pinjaman untuk menunjang modalmu.

 

Buka Koneksi dan Jalin Relasi

Setelah kamu sudah mempertimbangkan hal-hal di atas dan merasa sudah siap untuk membangun hobi yang kamu miliki sebagai karier, jangan lupa untuk membangun relasi dan koneksi dengan orang baru. Akan ada banyak orang-orang dengan berbagai profesi, pola pikir, sudut pandang, gaya interaksi dan kepribadian yang bisa membantumu dalam menjalani karier-hobimu. Kamu juga bisa memanfaat koneksi yang sudah kamu miliki untuk membantumu. Jangan ragu untuk memanfaatkan sosial media untuk menjalin relasi dan membuka koneksimu. Kamu juga bisa memberitahukan ke publik mengenai karier yang akan kamu bangun. Dengan demikian, tidak menutup kemungkinan kamu akan menemukan orang yang satu hobi dan memiliki ketertarikan yang sama dengamu.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu gunakan saat kamu ingin menjadikan hobimu sebagai karier. Semoga dengan tips ini kamu bisa lebih yakin dalam memulai karier berdasar hobi dan potensimu ya, Klobbers! Kamu juga lho, mencari pekerjaan yang bisa saja cocok dengan hobi ataupun passionmu. Yuk, cari karier yang klob, dengan Klob!

Berikan Komentar

Your email address will not be published.