Blog post

Melamar Pekerjaan Tapi Belum Berhasil? Yuk Perbaiki!

08/04/2022Kontributor Blog by Klob

Ditulis oleh: Anisa Suci Lestari
(Klik untuk melihat Profil Klob)

Sudah kesekian kalinya harus mengirimkan dokumen untuk kerja, namun, tidak mendapatkan kabar yang bagus. Apalagi dengan adanya pandemi COVID-19 membuat keadaan semakin sulit untuk para pencari kerja. Belum lagi standar yang ditentukan perekrut yang tidak bisa digapai. Hal ini membuat kita lelah untuk mencari pekerjaan dan bertanya – tanya apa yang menjadi masalahnya? Jika kita mengalami hal tersebut, berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya!

Pertama, jelaskan mengapa dan mengapa harus sekarang. Pahami mengapa kita menginginkan perkerjaan tersebut dan tentukan tujuan apa yang akan dicapai. Dengan ini kita bisa lebih bersemangat untuk mencari pekerjaan.

Kedua, viasualisasikan betapa bahagianya kita jika mendapat pekerjaan, membayangkan apa pekerjaan yang akan dilakukan, kemudian membayangkan jika pekerajaan tersebut merupakan pekerjaan impian.

Ketiga, membuat rencana dengan menargetkan berapa banyak waktu yang mendedikasikan untuk proses mencari pekerjaan dan berkomitmen setiap hari untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan. Selanjutnya buat jadwal kegiatan untuk menulis resume, memperbaharui profil LinkedIn atau mengembangkan cerita seputar pengalaman untuk diceritakan selama wawancara.

Keempat, bernapaslah dan percayalah bahwa pekerjaan yang tepat akan kita dapatkan. Persiapkan mental untuk wawancara dan menerima penolakan saat rekruitmen. Dengan adanya penolakan tersebut bisa kita jadikan sebagai latihan agar kedepannya lebih siap untuk mendapat tantangan yang lebih besar. Beri waktu untuk meratapi kegagalan, tentukan apa yang bisa kita pelajari dari pengalaman itu lalu nyatakan bahwa itu bukan peran yang tepat untuk anda. Hal ini mungkin bisa kita asumsikan seperti self-affirmation bahwa kita sudah melakukan yang terbaik.

Kemudian ada beberapa hal yang dapat meningkatkan peluang dalam mendapatkan pekerjaan dimulai dengan:

  1. Memperbaharui resume dan sesuaikan dengan posisi pekerjaan yang akan kita lamar serta pastikan resume terorganisir dan mudah di baca. Pastikan juga untuk membuat kata-kata dalam resume tetap ringkas dengan informasi yang relevan.

  2. Gunakan dan perluas koneksi yang bisa dilakukan dengan kehebatan media sosial. Dengan beberapa pertimbangan seperti bertanya kepada teman atau keluarga tentang peluang perekrutan untuk meningkatkan peluang mendapat pekerjaan, menghadiri jobs affairs yang akan membantu mendapat koneksi dan mengarah pada peluang baru serta berhubungan dengan orang yang mapan di industri tersebut dan membuat kesan bermakna dengan memperkenalkan diri dan mengajukan pertanyaan mengenai pekerjaan tersebut.

  3. Tindak lanjuti calon pemberi kerja untuk membuat kesan yang lebih baik dan meningkatkan peluang untuk sukses. Cara tersebut bisa dilakukan dengan menghubungi manajer atau Human Resource (HR) untuk memperkenalkan diri secara pribadi. Hal ini dapat mendorong untuk mencari resume kita di antara lainnya. Kemudian kirim email terima kasih setelah wawancara. Hal ini adalah sikap professional yang menunjukan penghargaan dan tunjukan minat yang berkelanjutan pada kesempatan kerja. Jangan lupa juga untuk perhatikan waktu pemberi kerja saat menindaklanjuti dengan menanyakan kabar tentang langkah selanjutnya dalam proses perekrutan.

Tentu mencari pekerjaan bukanlah yang mudah. Namun jika kita mengetahui hal apa yang harus kita lakukan dan mengevaluasi kesalahan sebelumnya hal tersebut akan membuka peluang mendapatkan pekerjaan. Kemudian hal lain yang bisa kita lakukan untuk memperbaikinya yaitu dengan mengetahui kemampuan diri kita sendiri. Pastikan juga kemampuan kita sesuai dengan apa yang dicantumkan dalam kualifikasi. Upaya lainnya bisa dilakukan dengan terus memperbaharui skill kita baik secara hard skill, keterampilan utama yang didapatkan melalui pengajaran maupun soft skill yang bisa kita explore sendiri melalui interaksi dengan orang lain.

Yuk, praktekan langsung ilmu yang kamu gunakan dengan mencari kerja di Klob.id dan dapatkan informasi menarik lainnya terkait dunia pekerjaan di Blog by Klob!

Referensi:

https://www.indeed.com/career-advice/finding-a-job/why-finding-a-job-is-so-hard

https://hbr.org/2021/10/how-to-job-hunt-when-youre-already-exhausted

Berikan Komentar

Your email address will not be published.