Blog post

Pekerjaan Admin Banyak Diminati, Ini Penjelasannya!

01/04/2022Kontributor Blog by Klob

Ditulis oleh: Edi Sudrajat
(Klik untuk melihat Profil Klob)

Mendapat pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan terakhir, tentu menjadi keinginan semuanya. Bebagai posisi menjadi incaran para pencari kerja dari berbagai macam lulusan. Jika masih banyak yang tertarik mengikuti program ‘Manajemen Trainee’ sebagai awal memulai karir untuk para lulusan baru saat ini, apa jadinya ya jika banyak lulusan yang mengejar posisi pekerjaan Admin Kantor atau yang biasa sering ditemui di portal lowongan kerja sebagai ‘Staff Admin’ ? 

Menjadi pekerja Admin Kantor atau bagian administrasi, tentu memiliki berbagai macam posisi. Seperti ‘Admin Sales’, ‘Admin Finance’, ‘Admin HR’ dan Administrasi lainnya. Alasan mengapa banyak yang mengejar posisi admin adalah karena bekerja sebagai admin dianggap hanya mengurus berbagai pekerjaan yang bersifat administratif saja. Ada juga yang menganggap jika pekerjaan admin kantor tidak memerlukan skill khusus. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut terkait alasan banyaknya peminat posisi admin kantor, berikut ulasannya!

1. Posisi Admin Kantor menjadi posisi yang cukup bergengsi.

Sampai saat ini banyak yang beranggapan bahwa bekerja sebagai admin kantor adalah posisi yang prestise, khususnya untuk pelamar kerja yang memiliki tingkat pendidikan dan pengalaman yang standar. Ada pula yang mengatakan bahwa bekerja sebagai seorang admin memiliki waktu yang lebih fleksibel dibandingkan dengan posisi lainnya. Hal ini lah yang membuat pekerjaan admin kantor masih diminati hingga kini. Tentunya bukan menjadi persoalan besar mengenai stereotype terkait pekerjaan admin di masyarakat umum. Justru hal ini akan menjadi penyemangat bagi para pekerja admin agar senantiasa bekerja dengan penuh detail oriented terhadap job desc yang dimiliki. 

2. Bekerja sebagai Admin Kantor tak perlu punya keahlian khusus?

Walaupun terkesan hanya mengusui bagian administrasi saja, nyatanya seorang admin juga harus memiliki keahlian tertentu. Seorang pekerja admin membutuhkan keahlian dan kemahiran dalam mengoperasikan Microsoft office seperti Excel, Power point, Word, Outlook, dan Publisher selain mengoperasikan komputer. Pekerja Admin kantor perlu menginput data masuk serta memiliki kemampuan mengitung melalui Microsoft Excel dengan rumus didalamnya. Meski begitu, ada juga perusahaan menuntut admin kantor bisa bekerja secara multitasking yang artinya dapat mengerjakan beberapa tugas dalam satu waktu.

3. Tidak ada Batasan Pengalaman dan Tingkat pendidikan.

Untuk menduduki posisi admin kantor, umumnya persyaratan yang diberikan ini tidak selalu untuk yang berpengalaman saja, tetapi untuk mereka yang masih menyandang status sebagai fresh graduates pun juga bisa mandaftar, tergantung kualifikasi yang diberikan oleh perusahaan. Selain itu, persyaratan terkait tingkat pendidikan juga cukup bervariatif. Tidak hanya untuk D3 atau S1 saja, tetapi lulusan SMA atau SMK pun tidak menutup kemungkinan untuk diterima bekerja. Namun, perlu digarisbawahi bahwa biasanya para perusahaan menginginkan lulusan SMA atau SMK yang paling tidak sudah memiliki pengalaman bekerja. 

Tugas dan Tanggung Jawab Admin Kantor.

Pada umumnya, pekerjaan seorang admin kantor harus mampu mengurus segala urusan yang berkaitan dengan administrasi, seperti penyusunan arsip, penginputan data perusahaaan, serta mengatur keuangan. Untuk menjadi seorang admin kantor, dibutuhkan kemampuan untuk teliti dan cekatan. Meskipun ‘terkesan’ tidak memerlukan skill khusus, namun segala sesuatu yang berkaitan denga kantor harus benar-benar diperhatikan. Berikut ini akan dibahas mengenai apa saja tugas dan tanggung jawab dari seorang admin.

1. Merekap Data Perusahaan.

Perusahaan pastinya mempunyai data-data penting yang perlu diolah. Tentu ini menjadi bagian dari pekerjaan dari admin kantor. Mereka perlu menginput data-data yang ada melalui software yang digunakan oleh perusahaan. Setelah rekap data diinput, mereka pun perlu bertanggung jawab atas laporan mengenai data-data tersebut. 

2. Melakukan Penjadwalan.

Selain merekap data, seorang admin kantor juga bertanggung jawab dalam melakukan penjadwalan. Hal ini dilakukan agar kegiatan perusahaan berjalan sesuai dengan yang diinginkan. Inilah kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang admin kantor, yakni kemampuan manajemen yang baik.

3. Melakukan Pengarsipan Data.

Arsip data perusahaan harus tersimpan dengan baik dalam berbagai bentuk. Hal ini bertujuan agar data-data yang diarsipkan ini tersimpan dengan baik dan rapi disetiap susunannya. Selain itu juga dapat mempermudah untuk pencarian arsip perusahaan saat dibutuhkan. 

4. Memastikan Segala Kebutuhan Alat Kantor.

Pekerjaan seorang admin kantor berikutnya adalah memastikan segala persediaan alat kantor dapat dilakukan dengan lancar. Oleh karena itu, setap bulan atau setiap minggu admin kantor perlu melakukan pendataan untuk memastikan ketersediaan alat-alat kantornya.

5. Mampu Membuat Surat.

Pekerjaan seorang admin kantor berikutnya adalah membuat surat untuk memenuhi kebutuhan kantor. Surat yang dibuatkan admin kantor adalah yang bersifat resmi. Untuk menjadi seorang admin kantor, selain mampu mengoperasikan komputer, yang paling penting adalah memiliki attitude yang baik serta bisa bertanggungjawab akan pekerjaannya. Selain itu kemampuan komunikasi dengan baik juga diperlukan untuk menjalani pekerjaan admin kantor ini.

6. Kemampuan Komunikasi dengan Baik.

Dalam menjalankan pekerjaan selain yang berkaitan dengan data/dokumen kerja, seorang admin kantor juga pastinya berhubungan dengan rekan kerja yang lainnya. Terkadang pula sering bertemu dengan orang baru, klien misalnya. Saat berhubungan dengan klien, pastinya dibutuhkan kemampuan komunikasi yang baik. Tentunya, akan selalu ada hal baru yang bisa dijadikan pelajaran dan pengalaman selama menjalani pekerjaan sebagai seorang admin. 

Deskripsi: pekerjaan admin kantor adalah pekerjaan yang pada umumnya melakukan penginputan data, penyusunan arsip, membuat surat dan pekerjaan administrasi lainnya. Skill yang dibutuhkan dalam menjalani pekerjaan admin kantor ini adalah kemampuan komuterisasi seperti mampu mengoperasikan Microsoft office. Selain itu, kualifikasi pendidikan minimal dan tingkat pengalaman juga dibutuhkan dalam pekerjaan ini.

Referensi : Kenapa Pekerjaan Admin Kantor Banyak Diminati?

Berikan Komentar

Your email address will not be published.