Blog post

Raih Karir Cemerlang, Tips Beretika Baik di Kantor

29/03/2022Arifa Dwiratri

(Bagian 2)

Halo Klobbers! Di minggu sebelumnya kita sudah membahas mengenai beberapa etika yang perlu kamu perhatikan saat bekerja di kantor. Pada artikel kali ini, kita akan melanjutkan pembahasan sebelumnya mengingat banyak hal yang perlu kamu perhatikan terkait etika bekerja di kantor agar kariermu bisa semakin cemerlang! Yuk, simak penjelasan berikut!

Perkenalkan Dirimu sebelum Memulai Pembicaraan

Saat bekerja, tentunya kita banyak berinteraksi dengan orang lain, baik itu secara virtual maupun secara langsung. Ketika memulai pembicaraan, ada baiknya kamu memperkenalkan dirimu terlebih dahulu agar lawan bicaramu bisa mengenalmu. Kamu bisa menyebutkan nama lengkap, asal divisi, dan diakhiri dengan salam penutup. Begitupun ketika kamu berinteraksi secara virtual atau melalui text message. Kamu perlu mengucapkan salam, menyebutkan nama dan asal divisi, serta menyampaikan tujuanmu. Jangan lupa untuk memperhatikan waktu saat mengirim pesan ke rekam kerjamu ya!

Menghargai Waktu Rekan Kerja

Mungkin sebagai seorang pekerja, kamu memiliki tanggung jawab sendiri atas semua pekerjaan yang jadi bagianmu. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa kamu akan membutuhkan dan bekerja sama dengan rekan kerja lainnya, baik dari divisi yang sama mupun divisi lain. Ketika kamu berhubungan dengan orang lain, tentunya kamu perlu menghargai waktu yang mereka punya. Perlu diingat bahwa semua pekerja memiliki kesibukannya masing-masing. Jika kamu ingin meminta pertolongan, mengajak meeting, atau lainnya, kamu perlu menanyakan waktu luang mereka dan memperhatikan waktu agar tidak mengganggu di luar jam kerja. Dengan saling menghargai, maka akan tercipta lingkungan kerja yang sehat.

Perhatikan Hal-hal Kecil

Dalam berkehidupan dan bekerja, terdapat hal-hal kecil yang ternyata penting untuk dilakukan. Kamu bisa memulai hal-hal kecil untuk membuat lingkungan kerja menjadi lebih kondusif dan membantu kariermu untuk terus meningkat. Perlakukan rekan kerja dengan hormat, bersikap baik dengan sesama, membantu rekan kerja yang butuh pertolongan, mengisi stock kertas printer saat habis, serta hal-hal kecil lainnya. Tak bisa dipungkiri bahwa lingkungan kerja bisa menjadi lingkungan yang sangat stressful untukmu. Oleh sebab itu, hal-hal kecil seperti ini perlu dilakukan agar hubunganmu dengan rekan kerjamu bisa terjalin dengan baik sehingga kamu semangat dalam bekerja. Pastinya, kamu jadi termotivasi untuk meningkatkan jenjang kariermu!

Demikianlah hal-hal yang perlu kamu perhatikan agar beretika baik di kantor. Dengan memiliki etika yang baik, rekan kerja akan menghormatimu, atasan akan menyukaimu, dan tercipta lingkungan kerja yang sehat. Kamu juga pastinya memiliki nilai tambah jika memiliki etika yang baik di kantor sehingga kariermu bisa semakin cemerlang. Untuk Gen Z dan Millennials yang baru memasuki dunia kerja, jangan lupa menerapkan etika yang baik seperti penjelasan di atas agar kamu memiliki impresi yang baik ya!

Sumber:

6 workplace etiquette rules that can boost your career

10 Key Tips for Proper Etiquette at Work

Berikan Komentar

Your email address will not be published.