Blog post

Apa Sih Manfaat Tes Kepribadian untuk Bekerja?

29/03/2022Arifa Dwiratri

Halo Klobbers! Bagi kamu yang sedang menjalani proses seleksi pekerjaan, kamu akan menemukan beberapa tahapan sebelum akhirnya kamu diputuskan diterima atau tidak. Biasanya, pengerjaan psikotes merupakan salah satu tahapan yang perlu kamu lewati. Psikotes sendiri pun ada beberapa jenisnya, mulai dari mengukur kemampuan intelegensi, sampai dengan kepribadian.

Mungkin kamu bertanya-tanya, sebenarnya apa sih fungsi dari tes kepribadian? Kalau mengerjakan tes intelegensi mungkin masih mudah dimengerti karena hasil akhir yang biasanya berupa nilai IQ akan terlihat. Namun, apa output dari tes kepribadian? Apa kaitannya dengan dunia pekerjaan? Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas secara lebih detail mengenai manfaat tes kepribadian ketika melamar pekerjaan.

Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Tim

Dilansir dari Truity, satu hal yang ditemukan oleh personality research adalah bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan. Dengan memberikan assessment personality kepada para kandidat, maka ketua tim bisa mengidentifikasikan kelebihan dan kekurangan dari tiap calon anggota. Kelebihan dan kekurangan tersebut bisa digunakan untuk saling menutupi kekurangan satu sama lain dan mengetahui kelebihan tim. Tim kerja pun bisa terbentuk secara solid dan bisa berperfoma maksimal.

Mengetahui Kecocokan dengan Kultur Perusahaan

Saat melamar pekerjaan, mungkin kamu memiliki impian ingin diterima di perusahaan yang seperti apa. Namun, kamu perlu tahu bahwa setiap perusahaan memiliki kulturnya masing-masing. Ada perusahaan yang memiliki fast-paced environment, quiet setting office, dan lainnya. Dalam hal ini, tes kepribadian bisa dimanfaatkan untuk mengetahui kecocokan tipe kepribadian kamu dengan kultur perusahaan. Semakin kamu cocok dengan kultur perusahaan, maka kamu bisa lebih produktif dan bersemangat dalam bekerja.

Mengurangi Turnover Karyawan

Turnover karyawan merupakan sebuah aktivitas keluar-masuknya karyawan di sebuah perusahaan yang disebabkan oleh beberapa faktor penentu. Turnover karyawan sebenarnya tidak selalu buruk, namun bisa menyebabkan kerugian untuk perusahaan jika terjadi dalam kurun waktu yang tidak wajar. Salah satu manfaat dari adanya tes kepribadian adalah kita bisa mengetahui motivasi dari karyawan dalam bekerja. Motivasi tersebut bisa dikaitkan dengan kultur, visi misi perusahaan, dan perusahaan bisa memberi program untuk memfasilitasi motivasi yang dimiliki oleh karyawan. Dengan terpenuhinya motivasi dari tiap karyawan, maka turnover karyawan di suatu perusahaan bisa berkurang.

Dari beberapa penjelasan di atas, maka kamu bisa mengetahui manfaat dari tes kepribadian dalam dunia kerja. Untuk kamu para jobseeker, kamu bisa mengunjungi website Klob.id untuk mengikuti tes kepribadian secara gratis di fitur Klob Meter. Sehingga, kamu bisa mengetahui sebenarnya kamu tipe pribadi yang seperti apa sih? Kamu bisa mengikuti beberapa tes kepribadian di Klob seperti gaya interaksi, nilai kerja, kepribadian kerja, dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa menemukan perusahaan mana yang cocok untukmu sehingga kamu bisa bekerja secara maksimal!  

Yuk, baca artikel bermanfaat lainnya di Blog by Klob!

Berikan Komentar

Your email address will not be published.