Blog post

Langkah-Langkah Resign Dengan Baik dan Benar

28/03/2022Nadine K

Ada sejumlah alasan mengapa seseorang mungkin merasa perlu meninggali posisi mereka saat ini. Mungkin mereka menemukan peluang yang lebih baik di tempat lain atau mungkin juga perusahaan saat ini sudah tidak cocok dengan mereka. Apapun alasannya, mengundurkan diri dari sebuah pekerjaan bukanlah keputusan yang mudah. Jika kamu merasa bahwa resign adalah pilihan yang tepat untukmu, pastikan bahwa kamu telah mempersiapkan diri sepenuhnya sebelum resign, dan juga pastikan kamu meluangkan waktu untuk mengikuti langkah-langkah ini agar proses resign dapat berjalan dengan mulus.

 

One-month Notice

Hal utama yang dapat kamu lakukan adalah memberikan pemberitahuan satu bulan terlebih dahulu kepada tempat kerjamu saat ini jika memilih untuk resign. Ada beberapa alasan kamu perlu untuk melakukan ini, terutama agar mereka punya waktu yang cukup untuk menemukan pengganti yang tepat untukmu. Dalam beberapa kasus, one-month notice ini bahkan wajib untuk dilakukan secara kontrak dan hukum di perusahaan. Tentu saja ada beberapa situasi di mana one-month notice mungkin tidak dapat kamu siapkan. Namun, ingatlah bahwa ini lebih dari sekadar kesopanan, tetapi juga dapat mempengaruhi proses resign dan bahkan jaringan profesionalmu.

 

Bicaralah dengan Atasan & Rekan Kerja 

Sebelum mengundurkan diri, penting untuk berbicara dengan atasanmu tentang pilihan ini. Sekali lagi, ini akan memberi mereka waktu untuk menemukan pengganti yang sesuai atau menyusun rencana di untuk mendelegasikan tugas yang kamu akan tinggalkan. Kamu juga mungkin ingin memberitahu rekan kerja dan anggota tim tentang rencana resignmu. Mereka adalah orang-orang yang mengandalkanmu dan akan merasakan secara langsung efek ketiadaanmu di hari-hari kedepan. Akan ada banyak tanggapan yang mungkin kamu perlu hadapi ketika kamu resign, baik itu positif atau negatif, tetapi tanggapan apa pun yang akan kamu dapat, akan jauh lebih baik dibandingkan efek samping lain yang mungkin kamu timbulkan dengan kepergianmu yang tiba-tiba. 

 

Tulis Resignation Letter

Tulislah surat pengunduran diri, atau yang dikenal sebagai resignation letter, kepada orang-orang di tempat kerjamu. Ini akan berfungsi sebagai pemberitahuan kepada semua orang yang sebelumnya tidak sempat kamu ajak bicara secara langsung tentang rencana resignmu. Dalam surat ini kamu bisa menyertakan pernyataan pengunduran diri yang jelas, ucapan terima kasih kepada semua orang yang pernah bekerja denganmu, tanggal dan hari terakhirmu, serta informasi kontak pribadi kamu jika ingin tetap berhubungan dengan para mantan rekan kerja. Apa pun pengalaman dan kesan yang mungkin kamu miliki tentang tempat kerja yang akan kamu tinggali, resignation letter yang ramah adalah metode yang ampuh untuk berpisah dengan baik dan untuk tetap menjaga jaringan profesionalmu.

 

Bantuan dalam Mencari Pengganti

Sebuah langkah yang tidak sepenting tiga langkah sebelumnya tetapi sangat dihargai adalah mengambil inisiatif untuk membantu menemukan penggantimu. Ini bisa sesederhana memposting tentang lowongan pekerjaan di media sosialmu. Tindakan kecil ini meninggalkan kesan yang baik pada mantan bosmu dan mungkin bermanfaat di masa depan jika kamu bertemu lagi dengan mereka secara profesional. Selain itu, jika seorang pengganti ditemukan sebelum kamu pergi, kamu diharapkan dapat bertanggung jawab untuk melatih mereka, karena mereka akan mengambil semua peran dan tanggung jawab yang sebelumnya milikmu. 

 

Terkadang memang sulit untuk melakukan semua langkah-langkah ini sebelum hari terakhirmu. Pengunduran dirimu bisa jatuh di luar kendalimu dengan garis waktu yang tidak fleksibel. Namun, tetap penting untuk memastikan bahwa proses pengunduran diri kamu dilakukan dengan benar untuk kebaikan perusahaan dan juga kebaikan dirimu sendiri. Ingatlah bahwa apapun yang kamu lakukan dalam pekerjaanmu sebelumnya dapat mempengaruhi prospek kariermu di masa depan dan memelihara jaringan profesionalmu, termasuk dengan atasan dan mantan kolega, merupakan faktor penting bagi kesuksesan di masa depan.

Berikan Komentar

Your email address will not be published.