Intip Tips Persiapan Sebelum Interview Kerja
Hai Klobbers! Proses seleksi masuk kerja memang merupakan tahap yang cukup bikin kita “deg-deg an”, terlebih saat proses interview dimana kita akan diberikan beberapa pertanyaan oleh tim rekruter atau user terkait kemampuan dan pengalaman kerja kita. Banyaknya informasi yang diperlukan oleh rekruter terkait diri kita, membuat kita harus tampil maksimal saat melakukan interview. Untuk kamu para Gen Z dan Millennials yang sedang mempersiapkan diri memasuki dunia kerja, artikel ini dapat membantumu untuk tampil maksimal saat interview kerja. Yuk, simak tips nya berikut ini!
Melakukan Riset terhadap Perusahaan
Sebelum melakukan interview, ada baiknya kamu membaca sedikit-banyak tentang perusahaan yang kamu lamar. Apa visi misinya, bergerak di bidang apa, dan informasi umum lainnya yang bisa kamu peroleh dari mana pun. Dengan mengetahui informasi tentang perusahaan yang kamu lamar, kamu bisa lebih percaya diri saat melakukan interview karena kamu bisa menyesuaikan profil mu dengan profil perusahaan apakah fit atau tidak. Kamu pun bisa menjawab pertanyaan dengan lancar apabila interviewer mu bertanya terkait perusahaan.
Latihan Menjawab Pertanyaan Umum
Saat interview berlangsung, biasanya kamu akan ditanyakan pertanyaan-pertanyaan umum seperti ceritakan tentang dirimu, kelebihan dan kekurangan dirimu, mengapa kamu tertarik atau cocok bekerja di perusahaan ini, dan beberapa pertanyaan umum lainnya. Kamu bisa mempersiapkan jawaban yang baik dan berlatih menjawab pertanyaan umum yang sekiranya akan ditanyakan. Siapkan jawaban yang mengandung STAR dan latih intonasi serta body language mu di depan cermin saat menjawab pertanyaan.
Pahami Job Description
Sebelum melamar kerja, pastinya kamu sudah mengetahui tentang job description dari posisi yang kamu lamar. Kamu perlu mengetahui lebih detail terkait job desc posisi yang kamu lamar agar kamu bisa mengajukan pertanyaan yang smart kepada interviewer saat proses wawancara berlangsung. Kamu juga bisa mengaitkan job desc mu di perusahaan sebelumnya dengan job desc perusahaan yang kamu lamar saat ini.
Gunakan Metode STAR
Saat menjawab pertanyaan, sebaiknya kamu menggunakan metode STAR. Metode STAR merupakan cara menjawab pertanyaan yang mengandung unsur S (Situation), T (Task), A (Action), dan R (Result). Metode ini perlu digunakan agar jawabanmu mengandung banyak informasi dan terstruktur dengan baik. Sehingga, interviewer bisa mendapatkan informasi yang dalam terkait pengalaman dan kemampuan dirimu. Dengan menjawab pertanyaan menggunakan metode STAR, maka kamu bisa terlihat lebih percaya diri dalam menceritakan pengalamanmu.
Siapkan Pertanyaan
Setelah memahami perusahaan dan job description dari perusahaan yang kamu lamar, maka kamu bisa mempersiapkan pertanyaan yang bisa kamu ajukan ke interviewer. Proses interview biasanya berlangsung secara dua arah, bukan hanya kamu saja yang ditanya tetapi kamu juga bisa bertanya kepada orang-orang yang mewawancaraimu. Oleh sebab itu, persiapkan pertanyaan yang baik agar kamu bisa memperoleh informasi lebih detail tentang posisi dan perusahaan yang kamu lamar. Selain itu dengan kamu bertanya, itu bisa menandakan bahwa kamu memberikan atensi terhadap perusahaan ataupun posisinya.
Demikianlah lima tips yang bisa membantumu dalam mempersiapkan proses interview kerja. Dengan mengikuti tips-tips di atas, maka kamu bisa tampil lebih maksimal saat interview berlangsung dan menghindari kegugupan yang bisa menyebabkan kamu jadi tidak all out. Kamu juga bisa memperoleh informasi lainnya terkait persiapan memasuki dunia kerja melalui Ensiklobedia di website Klob.id dan artikel informatif lainnya di Blog by Klob. Tetap terus berlatih agar dirimu semakin PD saat interview ya!
Sumber: 21 Job Interview Tips: How To Make a Great Impression