Blog post

Baru Bekerja? Ini Dia Skill yang Perlu Kamu Asah!

23/03/2022Arifa Dwiratri

Halo Klobbers! Mungkin bagi sebagian orang, terutama Gen Z dan Millennials, fase saat pertama kali memasuki dunia kerja memiliki tantangannya tersendiri. Perubahan lingkungan, perbedaan watak rekan kerja, perbadaan tanggung jawab yang diemban dari semasa kuliah, dan faktor lainnya bisa menjadi penyebab mengapa fase tersebut menantang. Pastinya, kamu ingin memiliki impresi yang baik sebagai first jobber dalam menjalani dunia kerja. Nah, kamu perlu nih mengetahui apa saja skill atau kemampuan yang perlu diasah sebelum memasuki dunia kerja agar kamu memiliki kesan pertama yang baik. Yuk, simak penjelasan berikut!

Kemampuan Beradaptasi

Lingkungan pekerjaan tentunya memiliki perbedaan dengan lingkungan semasa sekolah atau kuliah. Kamu akan mendapati rekan kerja dengan berbagai latar belakang yang berbeda, mulai dari usia sampai dengan daerah. Selain itu, di dunia kerja kamu juga akan dihadapkan dengan hierarki yang berisi berbagai macam posisi dan jabatan. Nah, perbedaan ini lah yang membuatmu perlu mengasah kemampuan beradaptasi. Ketika sedang berinteraksi dengan rekan sebaya pasti rasanya berbeda dengan ketika kamu berbicara kepada manager atau head department. Maka dari itu, kamu perlu bersikap adaptif sebagai bentuk penyesuaian terhadap siapa dan dimana kamu bekerja. Kamu juga bisa mengetahui gaya interaksimu dengan mengerjakan Klobmeter serta mendapatkan tips tambahan mengenai berinterkasi di dunia kerja.

Belajar secara Aktif dan Mandiri

Berbeda dengan masa sekolah yang selalu dibimbing oleh guru, di dunia kerja kamu perlu memiliki kemampuan belajar mandiri secara aktif. Bukan berarti atasanmu tidak pernah membimbingmu, hanya saja setiap orang memiliki pekerjaannya masing-masing yang membuat mereka tidak selalu stand by dalam membantumu. Oleh sebab itu, kamu perlu memiliki inisiatif dan keinginan belajar hal baru yang tinggi agar pekerjaan bisa selesai dengan baik. Namun, jangan sungkan untuk bertanya kepada rekan atau senior kerjamu ya!

Kemampuan Berbahasa Asing

Di zaman yang semakin ter-globalisasi dan memiliki akses mudah berinteraksi dengan lintas negara, kamu perlu mengasah kemampuan berbahasa asing, terutama Bahasa Inggris yang menjadi salah satu bahasa resmi internasional. Banyak perusahaan pun yang mencantumkan persyaratan bisa berbahasa Inggris dalam merekrut karyawan baru. Maka dari itu, kamu perlu mengasah kemampuan bahasa Inggrismu agar semakin percaya diri dalam memulai berkarier, terutama di perusahaan mulitanasional ataupun internasional.

Complex Problem Solving

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa kamu harus berkemampuan belajar secara mandiri, maka kamu juga perlu mengasah kemampuan problem solving sebelum memasuki dunia kerja. Kadang kala, kamu akan dihadapkan dengan situasi dimana kamu perlu menyelesaikan permasalahan di pekerjaanmu secara mandiri, mengingat itu adalah tanggung jawabmu. Permasalahan yang ada juga bisa bersifat kompleks dimana kamu akan terlibat dengan pihak lain seperti divisi lain atau bahkan klien. Kamu bisa banyak berdiskusi dengan rekan atau senior kerja sehingga kamu bisa belajar bagaimana cara menyelesaikan permasalahan di kantor berdasarkan pengalaman banyak pihak.

Sebenarnya, masih banyak kemampuan yang perlu dipersiapkan sebelum memasuki dunia kerja. Kamu bisa mulai melatihnya satu persatu agar dapat tampil maksimal di karier pertamamu. Perbanyak membaca informasi terkait dunia kerja melalui Ensiklobedia di Klob atau berdiskusi dengan rekanmu yang lebih berpengalaman. Semoga kamu bisa memulai kariermu dengan baik ya!

Berikan Komentar

Your email address will not be published.