Blog post

Kamu Freelancer? Pahami Cara Mengatur Keuangannya!

17/03/2022Arifa Dwiratri

Bekerja paruh waktu dan bisa dimana saja memang menarik untuk dilakukan, terutama bagi para Gen Z dan Millennials yang banyak menyukai jam kerja yang fleksibel. Terlebih setelah masa pandemi yang sudah berlangsung kurang lebih dua tahun lamanya membiasakan kita untuk bekerja secara remote. Freelance, atau pekerja paruh waktu dan bisa dimana saja mungkin memberikan banyak kenyamanan, Tapi tahu kah Klobbers, bekerja sebagai freelancer memiliki plus dan minus nya sendiri lho yang tentunya berbeda dengan pekerja on-site. Untuk itu, perlu diperhatikan informasi berikut mengenai pekerja freelance dan bagaimana cara mengatur keuangannya. Yuk, simak penjelasan berikut!

Plus dan Minus Freelancer

Dilansir dari Moneygreek, selain memiliki kelebihan dalam waktu kerja dan kenyamanan, pekerja freelance juga memiliki kekurangannya tersendiri yang bisa dipergunakan sebelum mengambil keputusan untuk bekerja sebagai freelancer. Kita mulai dari kelebihan terlebih dahulu, seorang freelancer bisa memiliki kebebasan dalam memilih klien, atau untuk siapa mereka bekerja. Kemudian freelancer yang bekerja secara mandiri bisa memiliki jam kerja dan lokasi kerja yang fleksibel. Tidak hanya itu, freelancer juga kerap memiliki kebebasan dalam menentukan tarif kinerjanya dan bisa mendapatkan exposure yang lebih besar terkait hasil pekerjaannya.

Bagaimana pun juga, freelancer memiliki kekurangannya tersendiri. Seperti misalnya, freelancer tidak mendapatkan benefits seperti karyawan yang bekerja di bawah instansi resmi. Mereka tidak mendapatkan fasilitas seperti asuransi kesehatan, pembayaran pajak yang lebih rumit karena tidak dipotong langsung dari gaji bulanan, dan benefits lainnya. Selain itu, freelancer bisa mengalami cash flow yang tidak stabil mengingat mereka bekerja lepas dan pendapatan yang tidak tentu setiap bulannya.

Tips Mengatur Keuangan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa seorang freelancer mungkin mengalami cash flow yang tidak stabil, maka diperlukan money management yang baik agar semua kebutuhan terpenuhi. Berikut tips yang bisa dilakukan untuk kamu yang bekerja freelance:

  1. Menetapkan Rate Pendapatan

Sebagai seorang freelancer kamu harus bisa menetapkan tarif untuk setiap pekerjaanmu yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan hidup. Jika merasa pendapatanmu sebagai freelancer masih kurang, maka mungkin kamu perlu upgrade skill dan exposure lebih agar bisa mendapatkan pendapatan yang sesuai dengan biaya hidup. Perlu digaris bawahi kalau kamu perlu menyiapkan tabungan ekstra untuk menutup hal-hal di luar kendali seperti pembayaran yang terlambat mengingat kamu bekerja secara lepas.

  1. Mencatat Cashflow

Pemasukan yang tidak pasti mengharuskanmu untuk mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan yang terjadi. Hal ini diperlukan untuk mengetahui jumlah aset bersih (di luar pengeluaran), uang yang bisa di tabung, dan pengeluaran primer sampai dengan tersier. Kamu bisa mencatat pengeluaran dan pemasukan dengan membaginya menjadi beberapa kolom sesuai dengan kebutuhan. Mencatat cashflow secara terperinci bisa membantumu dalam memetakan penggunaan uang dan kamu tidak akan pusing nantinya.

  1. Pahami Tujuan Keuangan

Dilansir dari Suara.com, kamu harus bisa menentukan dengan tepat tujuan dari pengelolaan uang ini. Baik yang bersifat wajib maupun bersifat tambahan. Dalam membuat tujuan pengelolaan keuangan, kamu harus memuat berbagai hal yang ingin dicapai dan target waktu untuk mencapai tujuan tersebut. Sehingga, bucket list yang sudah kamu buat bisa tercapai satu persatu.

Demikianlah tips-tips yang bisa dilakukan para freelancer dalam mengatur keuangannya agar cashflow tetap stabil dan tidak membuatmu pusing, terutama pekerja freelance generasi Gen Z dan Millennials yang baru memasuki dunia kerja. Semua jenis pekerjaan memang memiliki plus dan minusnya tersendiri. Jadi, perhatikan baik-baik pro dan kontra untuk setiap pekerjaan sebelum kamu mulai berkarier ya! Kamu juga bisa memperoleh informasi terkait finansial lmelalui blog by Klob lainnya loh!

Berikan Komentar

Your email address will not be published.