Blog post

Today’s Must Have!

08/09/2020Karel Adiwardoyo

Hi Klobbers!

Menjadi seorang pemimpin bukan berarti hanya menjadi seorang bos di tempat kerja. Kamu dituntut untuk menjadi seorang yang mampu bertanggung jawab akan akan berbagai tugas. Kemampuan ini juga perlu kamu latih sejak dini karena kemampuan ini sangat dibutuhkan di dunia kerja. Ketika melamar kerja, para rekruter akan melihat kemampuanmu.

Karena kemampuan memimpin tidak datang begitu saja, kamu perlu melatih dirimu sehingga bisa menjadi pemimpin yang efektif. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa membantu mempertajam leadership skills kamu:

Mampu Bekerja Sama

Sebagai pemimpin, kamu perlu mempunyai kemampuan kerja sama yang baik. Kamu fokus pada kesuksesan setiap orang dan memberikan penghargaan kepada setiap orang yang melakukan tugasnya dengan baik.

Pahami dan Kembangkan Kelebihanmu

Mulailah dari melihat kemampuan dalam diri. Lihat kelebihanmu dan kembangkan kemampuan tersebut. Dengan memahami bakat dan kemampuanmu, kamu juga dapat mengetahui kekurangan yang bisa kamu perbaiki.

Berani Mengakui Kesalahan

Setiap orang pasti melakukan kesalahan. Begitu juga dengan pemimpin. Namun, dengan mengakui kesalahan, kamu akan menjadi lebih  terbuka untuk belajar dari kesalahan tersebut serta mencari solusi sehingga kesalahan tersebut tidak terulang lagi. Dengan begitu, orang lain akan mempercayakan kamu sebagai pemimpin.

Mendelegasikan Tugas

Sebagai pemimpin, kamu perlu kemampuan untuk melihat kelebihan seseorang dan memberikan tanggung jawab pada orang yang tepat. Namun tugasmu tidak disitu saja, kamu juga perlu memfasilitasi orang yang diberikan tugas sehingga kamu bisa memastikan orang tersebut dapat melaksanakan tugas dengan baik.

Belajar Dari Berbagai Narasumber

Kamu perlu aktif mengembangkan leadership skills dengan belajar dari berbagai macam sumber. Saat ini, banyak buku, video, podcast, serta webinar yang membahas topik kepemimpinan. Selain itu, akan berguna juga jika kamu mempunyai mentor yang bisa membantu mengembangkan kemampuanmu dalam memimpin sehingga kamu bisa mendapatkan masukan secara langsung.

Pemimpin yang efektif akan selalu mencari cara untuk mengembangkan kemampuannya dalam memimpin. Nah, bagi kamu yang ingin belajar menjadi seorang pemimpin yang efektif, Kamu bisa menyimak sesi webinar berikut yang diseleggarakan oleh Klob bersama PT Pegadaian. Selamat belajar Klobbers!

 

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published.