Blog post

Level-up Kariermu: Tips Perkembangan Karier!

27/08/2020Karel Adiwardoyo

Hi Klobbers!

Apakah kamu merasa bosan saat bekerja atau merasa karirmu tidak berjalan sesuai dengan keinginanmu? Orang biasanya menghabiskan waktu 40 jam untuk bekerja setiap minggunya. Bagi kamu yang sudah bekerja, sebaiknya kamu melakukan manajemen karier  dengan efektif sehingga kamu lebih sukses dan bahagia dalam menghabiskan waktu tersebut saat bekerja. Dengan begitu, kairer kamu juga akan semakin berkembang.

Nah, bagi kamu yang ingin level-up dalam karier, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk perkembangan kariermu!

1. Merefleksikan Diri

Merefleksikan diri adalah langkah penting dalam pengembangan karier. Terkadang orang sibuk dengan pekerjaannya sehingga mengabaikan langkah ini. Kamu perlu merefleksikan kembali kemana karirmu perlu bekembang. Pertimbangkan keterampilan, nilai kerja serta passion-mu.

2. Buat Rencana Karier

Setelah merefleksikan diri, buatlah rencana kariermu dalam jangka panjang atau jangka pendek. Pastikan rencana ini mempunyai tujuan atau goals. Nah, kamu disarankan membuat SMART goals yang adalah singkatan dari specific, measurable, attainable, relevant. Pastikan goals kamu spesifik, dapat diukur, bisa dicapai(realistis), dan relevan dengan dirimu.

3. Tentukan Role Model

Dalam sebuah bidang pasti ada seseorang yang bisa dijadikan panutan atau role model. Ini bukan berarti kamu harus sama seperti orang tersebut. Kamu bisa belajar dari cara orang tersebut mengembangkan karier, menyelesaikan masalah, serta cara mereka bekerja. Orang ini bisa saja seorang pakar yang terkenal, atasan kamu, atau orang terdekatmu. Yang penting mereka memang sukses dalam bidangnya.

4. Kembangkan Keterampilan

Kembangkanlah keterampilan yang tepat atau relevan dengan rencana kariermu. Pakai waktumu sebanyak banyaknya untuk melatih keterampilan tersebut. Dengan memfokuskan diri pada keterampilan yang relevan, kamu akan mendapatkan hasil yang terbaik dalam pekerjaan.

Dengan melakukan beberapa hal ini, kamu bisa level-up karirmu secara bertahap. Jika kamu mampu melakukan semuanya, kariermu pastinya akan berkembang! Bagi kamu yang ingin tahu lebih dalam mengenai perkembangan karier atau career development, kamu bisa menyimak webinar dari Klob bersama PT Pegadaian berikut ini. Good luck, Klobbers!

 

 

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published.