Blog post

Personal branding: Hal yang Perlu Dihindari dalam Media Sosial Kamu

28/07/2020user

Hi Klobbers!

Apakah kamu suka posting di media sosial? Apakah kamu sering mencermati apa yang kamu post? Saat ini media sosial sangat terbuka untuk semua orang. Siapapun bisa posting konten yang bisa dilihat banyak orang. Nah, diantara orang-orang tersebut, perusahaan bisa menjadi salah satunya. Biasanya perusahaan menggunakan media sosial untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai pribadi dalam perusahaan maupun diluar perusahaan.

Agar kamu tidak terlihat buruk di mata perusahaan yang melihat media sosialmu, kamu sebaiknya menghindari beberapa postingan berikut ini:

1. Posting Informasi Sensitif Milik Perusahaan

Ada beberapa informasi yang adalah hak milik perusahaan seperti rencana perkembangan ke depan, atau karya dengan hak milik intelektual perusahaan. Hal-hal seperti ini tidak bisa dikeluarkan ke publik karena akan sangat berpengaruh pada reputasi perusahaan. Jika kamu ketahuan melakukan hal ini, kepercayaan perusahaan kepadamu akan menjadi berkurang.

2. Memberi Komentar yang Tidak Baik Tentang Perusahaan

Rasa marah atau tidak puas adalah hal yang wajar. Namun, kamu harus berhati-hati dalam mengekspresikannya. Jangan sampai kamu membuat komentar yang tidak mengenakkan mengenai perusahaan di media sosial. Jika kamu bekerja di perusahaan tersebut, hal ini bisa saja menyebabkan kamu dipecat.

3. Memberikan Komentar yang Tidak Baik Tentang Klien atau Pelanggan

Saat berinteraksi dengan klien, akan ada hal-hal yang menurutmu lucu atau bahkan membuatmu marah. Namun, jangan sampai kamu memberikan komentar yang tidak baik di media sosial mengenai kejadian yang kamu alami. Apalagi jika klien menemukan postingan tersebut, perusahaan kamu bisa dianggap suka bergosip.

4. Menjelekkan Perusahaan Lain atau Kompetitor

Kompetisi adalah hal yang wajar. Perusahaan perlu berkompetisi secara sehat untuk selalu berkembang. Namun, saat situasi menjadi tidak ramah, jangan sampai kamu merendahkan atau meledek perusahaan lain di media sosial. Ini akan berdampak buruk pada kredibilitas atau rasa percaya orang lain pada dirimu serta perusahaan dimana kamu bekerja. Bahkan ketika perusahaanmu dihina, kamu sebaiknya kamu mengontrol diri untuk tidak membalas komentar itu dengan hinaan.

Yuk cek konten di media sosialmu dan berhati-hatilah dalam membuat postingan. Jangan sampai kamu terlihat buruk di mata perusahaan. Ini akan memiliki dampak pada perusahaan dimana kamu bekerja serta saat ingin melamar pekerjaan di perusahaan lain. 

Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut mengenai peran media sosial dalam perkembangan kariermu, yuk ikuti webinar yang akan diadakan oleh Klob dengan PT Pegadaian pada tanggal 29 Juli 2020.  Webinar ini berjudul “Sosial Media: Jadi Peluang atau Hambatan Berkarier” bersama Randi Erika. Yuk daftarkan dirimu melalui link berikut ini: bit.ly/WebPegadaian02. Semangat selalu Klobbers!

Gambar Webinar Randi Erika

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published.