Blog post

Tips Memilih Karier yang Tepat

22/07/2020Karel Adiwardoyo

Hi Klobbers!

Mencari karier yang tepat memang bukanlah hal yang mudah dan perlu proses, termasuk. mencoba berbagai macam hal sebelum menemukan yang jalur karier yang cocok. Nikmatilah, prosesnya karena jika kamu berada di jalur karier yang tidak sesuai denganmu, maka pekerjaanmu akan menjadi beban.

Untuk mempersingkat proses pencarian karier yang tepat, Klob mau bagi-bagi tips nih yang bisa kamu terapkan:

1. Pertimbangkan Kemampuan serta Keinginanmu

Saat kamu perlu memilih karir, pikirkan dengan baik hal-hal yang kamu sukai serta kemampuan atau prestasi yang kamu miliki. Ingat kembali hobimu serta pencapaian yang kamu punya seperti; keahlian berbicara di depan umum, pandai dalam pelajaran matematika, senang menggambar, pintar bermain musik dan lain-lain.

2. Telusuri Berbagai Macam Pilihan Karier

Berdasarkan minat kerja dan kemampuanmu, cari tahu berbagai macam pekerjaan yang sesuai dengan minatmu. Buatlah daftar pekerjaan sebanyak-banyaknya agar kamu punya gambaran besar mengenai jalur karier yang kamu inginkan.

3. Ikuti Tes Asesmen Kerja

Jika kamu memiliki minat yang luas, tes asesmen kerja juga dapat membantumu dengan memberikan rekomendasi pekerjaan yang lebih akurat. Ada berbagai macam tes asesmen kerja yang bisa kamu kerjakan secara gratis di internet, salah satunya adalah alat tes Klob Meter dari Klob.

4. Buat Rencana Karier

Buatlah rencana karier untuk masa depan agar kamu mempunyai gambaran bagaimana cara mencapai posisi tertentu dalam jangka panjang atau pendek. Dimulai dari mana kamu mau  memulai karier serta langkah-langkah apa yang bisa diambil untuk mencapai posisi yang kamu tuju. Pertimbangkanlah beberapa hal yang bisa menjadi hambatan mencapai tujuan dalam kariermu dan buat penyesuaian sehingga kamu bisa melewati hambatan tersebut.

5. Bangun Koneksi

Jika kamu ingin informasi mengenai kondisi kerja atau cara kerja pada industri tertentu, kamu bisa mendapatkannya dari orang yang bekerja di industri tersebut. Mulailah diskusi dan bertanya sebanyak-banyaknya  untuk menggali informasi sebelum masuk ke dalam bidang kerja tersebut.

Semoga ini bisa membantu kamu dalam perjalanan mencari karier yang tepat! Bagi kamu yang ingin menelusuri karier yang cocok denganmu, kamu bisa memulainya dengan Klob! Di Klob.id kamu dapat belajar mengenai berbagai macam karier melalui konten pembelajaran di Ensiklobedia. Selain itu, kamu bisa mengerjakan tes asesmen kerja di Klob Meter yang dapat membantu mengetahui kepribadian kerjamu serta mendapatkan rekomendasi area karier yang cocok denganmu. Yuk temukan karier yang tepat di Klob!

Berikan Komentar

Your email address will not be published.